jump to navigation

Kiat Sukses Modif Tiger Januari 5, 2007

Posted by ilham in Modifikasi.
trackback

echo2.jpg

Sering kali seorang biker menyesal melakukan modifikasi hanya karena alasan sepele. “Udah keluar banyak duit kok masih ga sreg juga”. Ga sreg ya, karena model yang dinginkan masih kurang gahar, kurang dinamis, atau kurang kompak. Di sana sini terlihat masih jorok. Bisa juga perasaan seperti itu muncul karena motor masih belum enak dikendarai alias geyal-geyol ga karuan, kurang airodinamis sesuai postur, atau berat ga kuat ngacir. Atau, yang paling penting, modif yang dijalankan belum memenuhi unsur keamanan. Makin lama upaya perbaikan di sana-sini malah membuat kantong semakin cekak. Overbudjet dan paling parah, bosan sebelum proyek modif itu sendiri sempurna.

Ironis memang, modif yang tadinya diharapkan mendatangkan kepuasan dan kebanggaan kini justru mendatangkan rasa frustrasi dan malu. Belum lagi pengorbanan biaya, usaha, dan waktu yang tidak sedikit. Lantas apa kiat kita menghindari masalah-masalah seperti di atas?

Edwin Tutkey, seorang tiger biker yang berpandangan cukup moderat, pernah mengibaratkan bahwa modif itu seperti proyek bangun rumah. “Justru dapurnya yang sering makan banyak biaya”. Maksudnya, pada detil-detil modif itulah kita harus lebih hati-hati karena jika tata letak dan modelnya ga pas, akan menimbulkan kesan kurang sreg dan akhirnya membutuhkan biaya tambahan terus-menerus.

Seseorang bisa saja membuat garis besar modif yang diinginkan layaknya seorang arsitek merancang blue print sebuah rumah. Namun di luar perhitungan di atas kertas, realisasinya kadang-kadang harus meminta tambahan anggaran dan waktu yang tidak sedikit. Bagi seorang hobi modif dan modifikator handal, menganggurkan motor berminggu hingga berbulan-bulan adalah hal lazim. Dana dikeluarkan pun menjadi tak seberapa jika memang dibutuhkan. Namun bagi mereka yang menjadikan tunggangan sebagai aset kerja dan aset sosial, tentu akan sangat menyulitkan kehilangan tunggangan meski hanya untuk beberapa hari atau 2-3 minggu.

echo.jpg

Lantas jika demikian, apa solusinya? Cobalah memperhatikan kiat berikut:

1. Siapkan motor yang anda inginkan untuk dimodif. Sebaiknya pikir matang-matang bahwa motor tersebut sudah saatnya untuk dirombak. Layaknya gaya berpakaian anda, merombak motor pun akan mengeluarkan cukup banyak biaya. Motor yang benar-benar udah payah body sebaiknya memang diremajakan & salah satunya yang paling revolusioner adalah dengan mengubah kaki-kaki dan tampilan body secara keseluruhan. Namun apabila mesinnya yang payah, sebaiknya jangan. Nanti akan lebih merepotkan dan memalukan. “Masak motor cakep mogok euuuuiiiiiyyy”, goda sekelompok cew keren suatu saat pada bang Yogi yang lagi ndorong motor modifnya.

2. Tentukan ke arah mana konsep modif yang anda inginkan. Perjelas lebih dahulu fungsinya bagi anda. Konsep modif ini sebaiknya memang untuk tujuan tertentu. Jika untuk penggunaan harian, anda cukup memilih konsep modif minimalis. Salah satu yang paling jelas dari gaya ini adalah memperbaiki hal-hal yang anda rasakan tidak sempurna. Pada kasus motor tiger, anda bisa memilih antara mengubah kaki-kaki atau mengubah bodi. Banyak yang menganggap bahwa tiger adalah motor sempurna, namun minus beberapa detail. Dan yang mereka maksud adalah kaki-kaki. Jika memang tidak puas dengan ini, silahkan mengaplikasi limbah mengingat kepuasan tertinggi terletak pada modif kaki menggunakan limbah moge (baca artikel Modifikasi Motor untuk Pemula). Harganya relatif terjangkau dibanding membeli kaki-kaki baru dari jenis moge yang sama.

Namun jika anda lebih doyan mengubah style body, bisa segera mencari body fiber maupun plat yang biasanya tersedia di toko-toko asesori maupun bengkel-bengkel modifikasi. Jika menebusnya di toko-toko umum, hasilnya pun akan sering massal alias banyak yang make. Tentu jika ingin lebih puas dan unik, silahkan ke bengkel modif untuk dibuatkan sesuai konsep yang dinginkan.

Lazimnya, modif kaki-kaki akan melahirkan tampilan streetfighter, karena model asli tiger adalah naked bike. Dengan memperbesar kaki-kaki dari limbah moge akan mengensankan motor jenis ini siap untuk melibas segala macam trayek dalam kota. Namun jika anda melakukan modif body apalagi yang disertai perubahan model fairing, maka hasilnya sering kita sebut gaya “sport bike”.

3. Diskusikan dengan modifikator atau teman-teman anda mengenai konsep tersebut. Sesuaikan dengan budjet. Terutama sekali anda harus cerewet mengenai sejumlah detail. Mintalah dari modifikator itu konsep yang ia siapkan berdasarkan keinginan anda, kalo perlu minta contoh (foto) motor yang telah jadi. Tanyakan hingga detil-detil, biaya total dan berapa biaya paling rendah seandainya anda tidak perlu mengubah beberapa detil dari konsep/contoh yang disodorkan.

4. Setelah memperoleh konsep awal, bawalah ke rumah untuk ditimbang-timbang. Jangan memutuskan di bengkel saat itu juga karena psikologi anda tentu tertekan dan bisa jadi anda overexcited (terlalu senang). Pertimbangan manfaat hingga gaya yang anda inginkan dan jangan ragu meminta saran dari keluarga dan rekan-rekan lain yang mungkin akan membantu.

5. Reviu lagi baik-baik. Hitung biaya total dan hitung lagi biaya baru seandainya sejumlah detil tadi dihilangkan.

6. Jika anda telah memutuskan antara modif total sesuai konsep awal dari modifikator ataukah hanya sebagian saja, saatnya anda menghubungi modifikator lain untuk opini harga lain (second opinion) untuk memperoleh pilihan lain (second option). Jika sudah puas membanding-bandingkan, sekarang anda bisa kembali ke bengkel atau toko yang anda inginkan.

7. Buatlah kontrak yang jelas dengan modifikator menyangkut biaya dan termin pembayaran, kualitas dan waktu pengerjaan. Biasakan untuk selalu menjenguk secara rutin untuk memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana. Jagalah agar tidak terjadi tawaran-tawaran konsep/detil baru yang bisa berakibat anggaran melebihi budjet.

8. Jangan lupa memeriksa secara rinci detil dan keseluruhan hasil modif setelah motor kelar. Jika perlu buatlah berita acara mengenai kondisinya sebelum diterima. Pastikan semuanya beres sebelum serah terima dan pembayaran lunas.

9. Usahakan semua berjalan lancar dan persuasif. Setiap komunikasi kita dengan modifikator akan berdampak pada pelayanan aftermodif nantinya. Setiap kendaraan modif pastilah memiliki tingkat “resiko” dan “krisis” yang berbeda dengan motor standar. Karena itu tidak semua mekanik umum bisa menanganinya. Yang terbaik menangani apabila terjadi trouble adalah modifikatornya sendiri. Karena itu komunikasi anda yang baik (dan juga pembayaran yang baik) akan memberi kepuasan kepada masing-masing pihak, dan semoga demikian juga pada kerjasama lain aftermodif.

Selamat mencoba motor modifnya mas bro.

Data Motor Modif Minggu Ini:
Pemilik: Eko Munartyo (Eco)
Modifikator: Yustinus Erwan Santoso (Iyus)
Bengkel : INSAN Motor
Upside down: Aprillia RS -125
Swing Arm : Aprillia RS -125
Velg : Aprillia RS -125
Ban depan : Dunlop GT 401F
Ban belakang : Dunlop SportMax II
Cakram depan/belakang : Aprillia RS -125
Kaliper depan : Grimeca
Knalpot : Custom
FootStep Depan : Racing One
Footstep Belakang : Jupiter Z
Mudguard : Cagiva Canyon

About these ads

Komentar»

1. Fandy - Januari 10, 2007

yg ini gw jg kenal…..

2. tommi - Januari 14, 2007

kalo mo ganti sok depan ama swing arm pake aprilaia rs berapa yah biayayanya

3. ilham - Januari 14, 2007

arm: 2jt, upsidedown: 3jt, pemasangan: 1jt …ya sekitar 6jt lah. mending ama velg skalian jadi tinggal nambah 2-3jt dan untuk ongkos pasang udah termasuk…hemat 500-1 juta

4. bisot dgn Tigi Newrevo - Februari 2, 2007

wow tar mau coba2 lg belajar dulu euyyy

thx banget nih tips2nya

5. edy - Februari 26, 2007

kl mao modif swing arm gsx masuk ke tiger, pemasangan uni trak nya yg bagus gimana ya?
ada yg punya contoh ga? thanks

6. ilham - Februari 26, 2007

kyknya gw udah gw jelasin di sebelah ya?

7. balde - Maret 7, 2007

cari velg second buat tiger donk

8. aep dadank - April 30, 2007

bos RX-KING pengen lebih garang di gimanain ya????

9. girifumi - April 30, 2007

ganti mesin RS 125..

10. zeps - April 30, 2007

aku punya motor RX-King Standar gimana supaya tampangnya kelihatan garang N bisa ngibrittttt. Gmn Yaw????
maksih…..

11. yanti - April 30, 2007

girifumi,,, aku pengen penampilan mtr RX-king lbh garang GMN?

12. girifumi - April 30, 2007

@yanti
duh..entar dimarahin sama mas anang,repot..
gimana launching album terbaru?semoga sukses deh mbak..
jangan lupa,safety riding..peace sist..

13. anang - Juli 20, 2007

tolong kasih info cari ban motor untuk tiger di jogja

14. bardhi - Agustus 2, 2007

brother tolong infonya dong mau cari upsidedown doble disc dimana ya…
gw domisili di jkt.
trims
b/a/r/d/h/i

15. bardhi - Agustus 2, 2007

brother tolong infonya dong mau cari upsidedown doble disc dimana ya…
gw domisili di jkt.
trims

b/a/r/d/h/i

16. Ucing_garong - Agustus 2, 2007

bos…. gue punya tiger 2005…
pengen di modif kaya motornya si rossi gitu…
tapi gue kaga mau di buatin total gitu……..
maunya sih setengah aja ……….maksudnya jangan banyak nyang
dirubah gitu ….. kaya mesin ame spare part yang ori-nya…
kan sayang kalo gue pengen balik ke mode ori-nya ……

biaya-nya sih gue pengen minim aja ….. yang penting gaya
ame tarikan mesin yahud…

bisa tolong gue ………???

makasih n see ya…

17. husaen - Agustus 23, 2007

aq punya tiger th 2001 udah lama kenalpotnya keluar asap hitam apanya yah

18. maling_dealer - Agustus 23, 2007

@17. husaen
Kalo knalpot keluar asap hitam, busi na kotor om, perlu dibersihin, kalo perlu sama karburatornya juga dibersihin.
Klo knalpot keluar asap putih, piston nya ada masalah tuh om.
Klo kanlpot keluar warna merah, itu lagi ‘dapet’ macannya om hihihihihi.

19. ucluk_ucluk - Agustus 23, 2007

@17. husaen
kalo orangnya yg hitam, ya udah nasib nya hehehe.
tinggal montornya di bagusin biar nutup.

20. yedi - Agustus 24, 2007

tiger 2005, pengen diganti monosock&rem cakram……, bengkel mana yg murah …..biayanya berapa?

21. Cmj - September 18, 2007

Bos..jptr mx,modif murah meriah gmn?y

22. Anom Muhajirin - Desember 18, 2007

Alamat & telp Insan Motor dong…?
ato no telp nya Mas Iyus juga boleh… ?
tengkyu.

anom

23. andi - Januari 29, 2008

Gue punya Tiger Revo nich 2007, gue mau cr accesories yang bisa buat di motor gue, tolong dong di website apa/alamat dan emailnya

24. Sibrom - Maret 10, 2008

Berapa biaya modif itu sendiri????Sedangkan motor yang saya inginkan itu minimalis karena untuk kegiatan sehari-hari.Dan motor yang saya gunakan adalah Honda Tiger2000.
Mohon sarannya .Terima kasih.

25. Antony - April 29, 2008

bro.. motor ane megapro…kira2 worthed ga klo di modif?maksud saya mesinnya sama kaki2nya oke ga klo dipake limbah moge?
mohon saran yah… sama kira2 biayanya brp ya?thx

26. Didanz_04 - Mei 29, 2008

q punya tiger new standar….pengen dimodif ganti ban ring 17 ma monoshock plus cakram belakang abis berapa ya….
tp gue pingin yg minim biaya n bagus…
thnks coy….ditunggu balasan…

27. blacx - Juni 2, 2008

ada tips g bwat modif minimalis kl blh tw gmn caranya masang oil cooler ma nos d tiger nos yg dua tabung 1 besar 1 kecil bgs g tu barang

28. abenk - Agustus 13, 2008

gua mau modif mi nih

29. abenk - Agustus 13, 2008

gua mau modif mio nih

30. abenk - Agustus 13, 2008

ada cwek modif ga

31. abenk - Agustus 13, 2008

gua mau cari honda NSR… ada yang jual ga …. gua serius nih……

32. abenk - Agustus 13, 2008

balas ya … gua tunggu .. thank’s
……

33. haru - Agustus 19, 2008

gw punya tigy revo 2008,mw gw modif tipe street figter…
ada yang tau ga dimna gw bisa dapet upsidedown eks moge yang murah meriah tapi masih bermutu.n semua part buat ngegedein kaki2 motor gw!!!
thanks!!!!

34. andi - September 3, 2008

bg, mo ngemodif tiger revo. tp minimalis aj.monoshock belakang, upside down depan, swing arm yg agak besar spy bisa ganti ban besar.

35. adhitya - September 8, 2008

saya pernah ganti velg takazawa 17″ pada tigi saya, kendala yg muncul adalah bosch gigi tarik belakang hancur, abis tu diganti, masih juga mangalami hal yang sama. mohon petunjuk buat pencerahan, gimana idealnya velg tersebut bisa terpasang? apakah gear depan harus digeser dikit biar rantainya semetris.

36. zuL - Januari 25, 2009

hellooo para pembaca yang setia.
aku punya honda tiger cw 2008
ada ga yang punya tips modif standar.

37. badung - Februari 15, 2009

tiger lu kasih aja kaki monyet, dan lampunya ganti lampu minyak.

38. made - Mei 7, 2009

gue punya tiger revo 2008..gue pengen info tentang gmana mogif tger yang punya kualitas bagus

39. dhimas - September 11, 2009

Tolong kirim donk alamat bengkel modifikator2 yang ada disekitar Jkt-bksi. aku pingin modif kaki2 tiger cwku, jg kira2 budget yg dibutuhkan. Thang buangeeeeeeeet.

40. iqbal - Januari 2, 2010

tolong kirimin alamat bengkel m,odifikator tiger boss???/domisili sya d jakarta boss tnx

41. adhie - Maret 19, 2011

bro gwe punyo mega pro 2005…bingung mau modif apa mau modif ala sport/garang cz masalah biaya yg minim….maklum mahasiswa….mohon pencerahannya……

42. Iip - Maret 30, 2011

Ganti ke ban besar gak mesti ganti arm.. Buat tiger tinggal pake velg bembie aja..pas gak ada gezrek2an..

43. tito - Oktober 13, 2011

ijin nyimak gan, thanks

44. Kiat Sukses Modif Tiger « rezkacokliyee - Februari 3, 2012

[...] trackback [...]

45. hilmi - Agustus 4, 2014

kalo mau ganti monoshock tiger ane 1997 yg bagus pake


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 173 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: