jump to navigation

Ganti Mesin MX dengan V-Ixion 150cc Agustus 5, 2007

Posted by ilham in Motor Baru, Sharing.
trackback

By Ari Khusniawan (Safety MX B6145SFG)

ixion-jcc2.jpgBeberapa bulan sebelum V-Ixion keluar santer gosip yang menyebutkan kalau banyak komponen mesin V-Ixion sama dengan yang ada pada mesin Jupiter MX. Istilahnya common part. Nah, di sini saya akan membahas komponen yang tidak sama tetapi desainnya sama. Yang membedakan adalah ukuran masing-masing untuk MX dan V-Ixion.

Ternyata dari obrolan di beberapa milis menyebutkan kalau blok mesin keduanya mirip banget, cuman beda lebar diameter silindernya. Entah mana yang bore up atau bore down dari rancangan aslinya, komponen ini bisa saling substitusi, dan hebatnya lagi bisa “plug n play”.

Upgrade Sendiri

Berikut potongan obrolan di milis MX-rider:

Rider A:

Aku udah dapat piston dll V-Ixion ori dari YMKI. Skarang lagi mau usaha pasang agar MX-ku jadi 150cc. Maksudku termasuk ganti silinder bloknya. Aku udah dapet silinder blok, piston, ama ring V-Ixion. Tunggu waktu senggangku untuk ngoprek. Teorinya, dudukan dll sama, jadi tinggal pasang.

(Beberapa hari kemudian)

Walah, ternyata gampang untuk masang blok mesin V-Ixion ke MX. Tadi siang cuma butuh waktu sampe sore, udah hasil menaikkan blok, piston, ring V-Ixion ke MX. Tidak ada kesulitan berarti, kecuali sedikit modif di blok V-Ixion. Semuanya pas dan tinggal pasang. Tanpa setel ini-itu, langsung jalan.

Tadi malam aku udah tes, nyata benar perbaikan perfomancenya.

Hanya 3 item aja yang aku pake:

  • 3C1-E1311-00 Cylinder 1 350,000
  • 3C1-E1631-00 Piston 1 146,000
  • 3C1-11603-00 Piston Ring 1 140,000

Harga bolehlah telp xxx (ada diskon).

Akhir story dari Rider A

Paket Bengkel

Kini ternyata juga sudah ada yang menawarkan pemasangannya dalam paket. Obrolannya berikut :

Rider B (bengkel):

Salam bro-n sis semua serta moderator yang terhormat, gw mau menawarkan blok assy V-Ixion yang terdiri atas:

  • Blok silinder
  • Seher
  • Ring seher
  • Pin piston
  • Paking head

Semua item tesebut itu dijual satu paket dengan harga Rp.610rb

Rider C:

Apa ada yang perlu dirubah, kaya dudukannya de el el dah…

Rider B (bengkel):

Gak ada yang dirubah bro…tinggal pasang plek…beres dah

Rider D:

Bro, yg sepaket ama pasangnye ada ga?

Rider B (bengkel):

Ada dong tapi khusus untuk temen-temen Jakarta ya…bengkel gw soalnya di Jakarta bro.hehehehe. Kalo harganya tinggal nambah aja biaya pemasangan 50rb

End of obrolan MX-riders

Nah, dari story dan obrolan diatas sudah terbukti komponen tersebut bisa disubstitusi dengan mudah. Tetapi hasil dari perubahan tersebut belum dibuktikan secara terukur. Hanya dibilang “nyata benar perbaikan performancenya”. Mungkin ada bro-sis lain yang juga sudah mencoba dan mengukur performance serta realibility-nya?

About these ads

Komentar»

1. le_bogs - Agustus 6, 2007

nomer siji bro…!

2. er_g1 - Agustus 6, 2007

nomer loro….

3. Penggemar kawasaki - Agustus 6, 2007

horreee. podium brooo…

belum baca…

4. asikbae - Agustus 6, 2007

silinder head, klep, camshaft, dll sama juga ya..??jalur oli, jalur air sama juga ya..??
mx-ixion=kembar beda kelamin dong yah..??hehehe

5. asikbae - Agustus 6, 2007

btw kok judulnya mesin mx ke v-ixion??
gak terbolak..??

6. Penggemar kawasaki - Agustus 6, 2007

weahhhh….jadi nggak perlu beli Vixy donk….

yg lama aja di bore up…cuman beda injeksi nya aja kan..:)

7. asikbae - Agustus 6, 2007

hehehehe..dah diganti toh judule..
btw klo semua sama, pasang sekaligus ama injeksinya sekalian bisa kali ya..???

8. Keken - Agustus 6, 2007

brarti mX selama ini cuma buat tes mesin dowang dong yah …
cobain bebek 135 dulu trus lanjut deh ke sport 150
hayoo semuanya yg punya mX ganti mesin dong biar tambah ngacir si komeng n ganti nama jadi jupiter-ixion …
Jangan2 nanti ada paket bodi ixion untuk mx juga nih :-?

9. klitz - Agustus 6, 2007

alamat bengkelnya dimana bro??

10. marhan - Agustus 6, 2007

Kan judulnya “Upgrade Mesin MX ke V-Ixion 150cc”. Bukan “Pasang mesin MX ke V-Ixion”

11. girifumi - Agustus 6, 2007

@all
kalo gak salah dulu gosipnya malah MX itu 150 cc bukan 135 cc!
bisa jadi untuk menyaingi Raider 150 saat itu…
enaknya ini gak usah inden,mesin tambah kenceng,dan gak serepot injeksi.apalagi kalo setang diganti mirip X1R,keren!!!
gw sih sebelum ada X1R sudah punya konsep gitu,soalnya dulu sempat ada Infineon Z.

12. Nah Lo - Agustus 6, 2007

dari pada beli vixion mending beli MX aja, trus upgrade mesin. biaya jg lebih murah…

13. girifumi - Agustus 6, 2007

@12
mungkin enak gitu,cuman rasa naik motor sport sama motor bebek beda bgt!

14. vixionerz - Agustus 6, 2007

mari semua upgrade mariii

15. BJUBAH HITAM - Agustus 6, 2007

weleh….jadi pengen gua rubah nih..MX ..gua…wahduh ..sayang juga ya..malah udah terlanjur gua buat beli side box buat my.pulsy….anjrit….cuma beda kelamin and …system pembakaran..doank..INJECTION and KARBU

16. Kelana - Agustus 6, 2007

@ 15 – bjubah hitam
brur pasang side box buat pulsar dimana trus modelnya yang gimana? lampu sein nya dirubah nggak? pengen pasang juga tapi takut lebih lebar dari stang trus mentok sana sini deh kalo lagi macet :(

17. BJUBAH HITAM - Agustus 6, 2007

Broh..gua pasang di berkat motor di ciledug..soalnya rumah gua disono..tp gitu dech masih kurang rapih menurut gua…habis total 2.100.000 termasuk ongkos kerja dan box kappa tau dech mahal apa kaga ya..?? trus emang setelah gua pasang jadi kelihatan lebih lebar di bagian belakang jadi kudu extra hati-hati pas mau selap-selip ..feeling harus bener-bener mantap..dan kudu siap diklakson ama orang-orang yg dibelakang kita ..terutama yg bebek….makanya sekarang aku lepas..dipakenya nanti kalo pas jalan ke-luar kota

18. andromeda - Agustus 6, 2007

wuih… apa jadinya tuh motor yah….
tambah kenceng aja tuh MX-V ixion larinya xixixixi….

19. girifumi - Agustus 6, 2007

@14
aku up grade rem depan aja lah…

20. bL@CK H0Le - Agustus 6, 2007

upgrade mx mo dunk

21. wonkbatam - Agustus 6, 2007

walah ,,,, ntar tambah kenceng aja tuh jupy,, udah bodynya ringan,, cc nya besar lagi,,, :(

22. begundal dan pecundang - Agustus 6, 2007

mending pasangin turbocharger sekalian di jamin kenceng deh, sweeerrrr…

23. Kebak Angkoro - Agustus 6, 2007

meski biaya upgrade murah, namun sensasi …tetap Vixy gak terganti.

24. kadal putih - Agustus 6, 2007

welah bisa toh, tinggal tambah injeksi + delta box jadi deh mx bermesin vixion. tapi boleh gabung d yvc gak ya tuh…. hihihi

25. kadal putih - Agustus 6, 2007

@23
s7 bro, beda sensasi beda rasa hehehe
kok murah sih??? bukannya 1 set injeksi gt jutaan bro.

26. wyren - Agustus 6, 2007

Hmmm… Yah.. Untuk harian masih oke deh.. Konfigurasi mesinnya menunjang untuk hemat/irit… + radiator lagi.. Tapi kalo untuk race lebih baik SatriaF sekalian.. Soalnya SatriaF sepaket beli komplit.. Handling pun bagusan SatriaF..

Sori.. Gw kagak promosi lo…. :-D

27. hendra_ku - Agustus 6, 2007

lumayan :)
bisa dicoba tuh

28. kadal putih - Agustus 6, 2007

@27
loh bukannya motor lu pulsar ya bro

29. ksatriasmarapura - Agustus 7, 2007

ntar….coba ahhh

30. bhell - Agustus 7, 2007

ga masup pudium T_T

31. didin coy - Agustus 7, 2007

itulah yamaha bro its very exciting for engine performance? jadi bagi yang pingin tenaga V ixion tapi ga punya modal buat itu tukar aja enginenya?Yamaha Top nya engine yang lain wek eee mbah darmo darmo

aLaN - Februari 17, 2011

its amizing…
blh jg tuh ngadopsi blok vixion tuk nge ” drag ” mlm mingguan ma tmn2..!!!!

32. koko - Agustus 7, 2007

bengkelnya dimana ya?(tangerang)

33. Kebak Angkoro - Agustus 7, 2007

ada sedikit yang mengganjal di MX, suara mesinnya kasar!!. Suara kasar mungkin bersumber dari persinggungan big end, kopling unit, dll. Juga dengan desain knalpot yang menahan free flownya gas buang menjadi tambah kentara suara kasarnya. Apalagi bila di upgrade ke 150 cc tentu akan nambah kasar suaranya..CMIIW!!

juky - Juni 6, 2012

suara tetap sama,,,,,,,,,,

34. girifumi - Agustus 7, 2007

@33
durung dijajal kok mas?jajal shik!!!

35. Kebak Angkoro - Agustus 7, 2007

@34
iyo je, aku nunggu liyane dadi kelinci percobaan…

36. cun - Agustus 7, 2007

ah kagak jadi masalah asal dudukan nya paz. nyami. coba aja hiks hiks

37. re-wondo - Agustus 7, 2007

@35, trus diadi performance ma vixy yang asli

38. Kebak Angkoro - Agustus 7, 2007

@37
Kalo itungan diatas kertas sih dengan perbandingan Power To Weight Rationya lebih gede, yakin upgrade 150cc bakal “nggilani tenan” speednya. Lebih asyik kalo diadu dengan FU…

39. re-wondo - Agustus 7, 2007

@37
tentu lha bobotnya juga lebih ringan, bener juga diadu ma Fu, tapi tu motor memang blom ada rivalnya.
Betewe, komponen lain pada MX PASTI dah support ya after bore up ……

40. Gesper - Agustus 7, 2007

Mo diadu ama FU ya? Neh mtr emang banyak dimusuhin soalnya die bebek 4 tak tercepat di muka bumi, jadi wajar kalo dijadiin acuan. Apalagi kl dah main bore up plus direcokin parts racing, uedaaann. Secara tuner, gw tetap gak yakin mx yg dipasangin mesin ixion bisa di depan FU. Ribet nyeting mesin ntuh motor

@ didin coy
Ente penggemar berat Yamaha toh. Kl gw penggemar semua merek seh. Tapi kalo ditodong pestol mo pilih mana ya Ducati hehehehehe.

41. Kebak Angkoro - Agustus 7, 2007

sama2 jenis 4 tak 150 cc DOHC, label Suzuki, mana lebih kenceng FU opo FXR?

42. ari - Agustus 7, 2007

Eh, tulisanku masuk juga, tengkyu bro Ilham.
Dari perkembangan di milis, yang udah upgrade ga ada masalah sejauh ini, dengan hanya ganti blok mesin dan jeroan satu set, tanpa ganti part lain misalnya CDI, koil, busi, pengabutan bahan bakar, dll.
Cuman yang aku masih bingung, apa kompresinya ga naik banyak banget ya, secara cylinder headnya tetep dengan volume silinder yang lebih besar. Padahal kompresi standarnya aja udah tinggi diatas 10:1.
Kalo diadu sama FU sepertinya masih belom bisa menang deh, terutama putaran atasnya ya, paling buat awalnya aja yang menang. Soalnya CDI aja masih pake limiter, trus masih pake SOHC, gigi juga baru tumbuh 4, tapi ya tergantung selera deh.
BTW dulu pernah denger isu juga kalo Scorpio Z stop produksi dan mau diganti sama Fazer, yang basis mesinnya juga mirip, so.. ada kemungkinan ntar pada upgrade jadi Scorpio Z 250 cc.

hendro - September 3, 2009

kalo mau ukur kompresi, pake komprsi tester aja, ukur dulu mx standar…misal terukur 120 psi, trus ganti blok vixion lalu ukur berpa kompresinya, jika naiknya banyak bisa jadi mesin ndk awet krena ketinggian kompresi….”, kecuali pake pertamax plus dan majuin pengapian…, tambah biaya kan”

43. vixionerz - Agustus 7, 2007

jadi nanti vixion upgrade jadi 180 cc

44. hendra_ku - Agustus 7, 2007

@28. kadal putih
gwe gk jd beli pulsar, mongtor gwe astrea prima 89, MX ma Scorpio Z

@ari
kekny basis mesinnya emang sama, klo pas, bisa di upgrade deh scopie gwe,,,

45. girifumi - Agustus 8, 2007

Suzuki Jelajah Negeri part 3 ini diakhiri dengan gelaran acara Fun Bike yang diselenggarakan di PRJ Kemayoran,ini diikuti pula program servis ringan gratis plus ganti oli oleh Enduro 4T. Program servis ini mengorbankan konsumen sepedamotor Suzuki karena pada hari Minggu mayoritas mekanik ditarik ke PRJ,pilihannya bengkel buka setengah hari atau tutup sama sekali!
Indomobil meng-klaim produknya ini tidak sekadar ganti casing,casing pada umumnya dikenal pada ponsel. Mungkin ini ditujukan pada produsen merek tertentu yang konsisten mengeluarkan produk dengan basis mesin yang sama. Dengan dirilisnya bebek 4 tak 125 cc kembali gendering perang dengan Honda kembali ditabuh,itu dari segi penjualan.Sejak kelas 100-110 cc keduanya head to head,nyaris saja New Shogun menjadi market leader.Naik kelas 125cc,keduanya bertemu lagi.
Sedangkan dari segi racing,tentunya cukup lama juga Suzuki menahan malu dihajar satu jenis motor New Jupiter Z di kelas aslinya 110 cc,dan kelas yang mengharuskannya di bore up. Bagaimana dengan Kawasaki Zone 125? Tanpa mengurangi rasa hormat, bebek ini tak terlalu bergerak di pasar. Selain image buncit di big four kelas dunia juga tidak intens membina balap yang mempertandingkan dengan merek lain. Keukeuh dengan OMR di seputaran Jawa Barat tak akan mempengaruhi penjualan secara signifikan. Padahal sejatinya di kelas MP5 yang mempertahankan banyaknya komponen yang harus standard,secara logika Blitz mampu berbicara. Mungkin jawaban calon penggunanya tak berbeda dengan calon pengguna Honda,”tanpa dukungan ATPM ngapain harus ngoyo?”

Btw,mbalik maning ning laptop.aka topik semula.
Apa saja yang berbeda, yang ditawarkan oleh Suzuki kali ini,kita buka satu persatu:

Body, alias casing! Nomer satu yang harus dicermati. Tren lampu sein di sayap semakin kuat. Ini adalah motor bebek Suzuki kedua setelah Smash. Fitur yang umum dipakai,yakni lampu senja kini hadir pula di FL 125. Mengenai body,mungkin bisa dibilang hanya perampingan versi terdahulu. Perubahannya tidak sebanyak yang dilakukan AHM pada Karisma kemudian beralih wujud ke Supra X125.
Kemudian, pihak Suzuki begitu memperhatikan akan kebutuhan balap. Setidaknya perubahan pada dua sector,tabung sokbreker depan dan sudut valve pada mesin.
Tabung sokbreker depan yang mengingatkan kita akan suspensi upside down. Optimis,para pengguna Shogun 125 yang bermain di road race tidak akan lagi memakai produk Suzuki Satria 120R namun tetap mempertahankan aslinya,New Shogun 125R.Fork slider dengan volume yang lebih besar membuatnya lebih mumpuni dibandingkan generasi pendahulunya.
Lalu, sudut valve dibuat lebih sempit ini memungkinkan penggunaan valve yang lebih besar. Kemudian dipasangnya engine balancer yang mereduksi getaran.
Mengenai ergonomic,tren setang kemudi lebih pendek juga diterapkan pada New Shogun 125R memungkinkan maneuver yang lebih tajam.
New Shogun 125 sendiri dirilis dalam tiga varian yaitu: New Shogun 125R,kemudian RR (double R),dan terakhir SP. Varian pertamalah yang dijajaki kemampuannya menerobos belantara nusantara.
Versi double RR,merupakan versi velg racing versi R.Tidak itu saja, rem depan diameter besar dan rem belakang sudah cakram hidrolik single piston dari Nissin,produsen brake terkemuka asal Jepang. Persis yang ada pada FU 150. Nissin sendiri secara dunia,kelasnya di bawah Brembo,Brembo yang asli lho…
Versi ini jawaban atas dua tantangan yang disodorkan oleh AHM, yaitu Supra X125R (velg CW dari Enkei) dan Supra X125DD, Double Disc, rem belakang cakram. Kopling manual tidak semua orang suka,terlebih ABG yang gelagapan bila tarik-lepas tuas kopling tidak senada-seirama dengan putaran gas. Belakangan,AHM bakal merilis velg racing dengan cakram belakang. Ah..tampilan masih sporty,Shogun karena dimensi cakram depan lebih besar.
Sedangkan SP,seperti pendahulunya ditujukan bagi penikmat akselerasi spontan,velg dan brake seperti yang dianut RR hanya saja sudah dilengkapi kopling manual,perpindahan gigi 1-N-2-3-4,dan sok breker belakang versi heavy duty,yang mampu menahan redaman lebih baik dari standar. Dengan memberlakukan secara benar,maka dijamin konsumsi bensin akan lebih irit terlebih ada teknologi terobosan dari Suzuki.Satu nilai lebih dari SP (Sport Production) dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah dilengkapi dengan tombol electric starter. Soal ini kelihatan sepele bukan? Apalagi yang terbiasa dengan motor sport. Namun,sewaktu touring ke Bogor hari Sabtu,4 Agustus 2007 salah seroang rekan yang terhenti di palang pintu KA mesin Shogun 125SP-nya mati, waktu yang dibutuhkan untuk menendang kick starter lebih lama ketimbang menekan tombol,belum lagi kewajiban gigi harus netral. Masalah indicator gigi perseneling, ada yang pernah bilang banci bukan? Disinilah kelebihannya tidak perlu mengira-kira gigi berapa sekarang?asal tahu saja,standar moge sudah dilengkapi hal yang sejenis. Malah yang bisanya hanya indicator N dan Top Gear-lah yang kuno.
Sejak awal dirilis tahun 2003 akhir,Shogun 125 dihajar habis-habisan oleh competitor terutama soal konsumsi bahan bakar. Supra X125 merupakan revisi dari Karisma X yang juga pembaruan dari Karisma yang berbodi bohay. Ketiganya sudah dilengkapi teknologi pengirit bahan bakar, jadi angka yang biasa ditembus bebek 100 cc bisa dilampauinya. Hebat bukan kecanggihan akan teknologi?
Kemudian ada lagi Kawasaki ZX 130,motor yang berbagasi paling lapang ini juga telah dilengkapi kelengkapan Supra X125 yaitu Throttle Positioning Sensor.Begitu pula BBB dari Yamaha,yang ini Bukan Bebek Biasa Jupiter MX135 pun menganut teknologi yang sama.
Alhasil,pengguna Shogun selain dirasa berat (umumnya orang membandingkan dengan New Shogun) juga konsumsi bahan bakar yang amat-sangat boros.
Kemudahan lainnya adalah estetika panel body sebelah kanan yang biasanya diganggu dengan lubang kunci jok ditiadakan. Lalu? Kunci jok cukup diakses lewat kunci kontak. Mengingatkan akan skuter matik.

Nilai minusnya?
Tidak lagi dilengkapi dengan speedometer digital. Meski sekarang panel instrument lebih informative (indicator sein kiri dan kanan kini terpisah) dengan desain menawan Mungkin tak banyak yang menyangka bila selama ini Shogun 125 mempergunakan speedo digital,jarumnya saja yang berbentuk analog sedangkan sejatinya mempergunakan sensor yang dikonversi menjadi analog lagi. Fungsi digital lainnya yaitu tripmeter (pengukur jarak) dan indicator bahan bakar yang berupa logo bar (batang).
Bagi sebagian orang,penghilangan pemanis LED pada rear grip menjadi nilai minus,namun bagiku malah bagus. Tidak ada manfaatnya. Malah sekarang dilengkapi dengan lampu untuk menerangi pelat nomer yang terlindung dalam kotak hitam.Tadinya heran,apa fungsinya?
Satu lagi,Suzuki Siam yang selama ini konsisten menamai produknya dengan nama Best.Kini mengikuti jejak Indonesia dengan memberi nama Jenderal aka Shogun!
Mengenai perbedaan nama sedari dulu Negara kita selalu berbeda dengan negeri tetangga, sebut saja Yamaha Jupiter di Thai Yamaha Spark baik itu versi Z mau MX.. Honda Wave disini berganti dengan Supra. Smash cukup konsisten meski untuk versi yang terbaru,Indonesia memberi nama New Smash sedangkan Suzuki Thailand melabeli Smash Revolution.
Ada indikasi apa ini? Any opinion?
Soal test ride,I really sorry. Gw telat bro,sesi test ride resmi ada pagi hari,sedangkan gw baru tiba di lokasi jam setengah empat karena satu dan lain hal yang teramat penting dalam hidupku. Benarnya ada kesempatan itu,cuman pelit aja orang Indomobil,he3x…
just kidding,tapi kalo dikasih kesempatan nge-test gak nolak kok gw..

46. wap - Agustus 8, 2007

ane juga denger soghy baru tangguh and recomended to buy.. ane pernah test ride.. emang getarannya alus bro. cuma berhubung cuma di kasih jalan di area samping dealer.. ga bisa ngerasain maksimal.

47. h4san - Agustus 8, 2007

oh ya q mo nanya neeeee…………… ktnya bedany cuma di bore up. truss klo water jaket…………… di head ilinder mx pas apa ga antara blok ixion.

48. wyren - Agustus 8, 2007

Kalo katanya plak-plek-plak-plek gitu berarti pas sambungannya sama kali… En kayaknya V-ixion emang MX bore-up only.. Kayaknya cylinder headnya aja gak ganti tu V-ixion.. Paling cuma main durasi kem (ini sih gw nebak2 doang) ama nambah gigi…. (oh yee… kapasitas oli en cairan radiator nambah kalo gak salah).

Yang lain tuh… Bagian depan mesin gak ada penyangganya, alias gantung.. Kayaknya Yamaha males menambah lubang baut untuk penyangganya.. Mungkin ada sambungan diatas gw gak taw…

49. bhejodh - Agustus 8, 2007

@girifumi
lampu sein di sayap bukan trend tetapi memang standar europa
kalo ga salah ini pernah dibahas di motor plus…

katanya biar yg didepan gak bingung tuh sein nyala pa gak….(kalo lampu sein di deket lampu utama)

kalo salah yeee maaf2 aje yeee
namenye juge manusie

50. bhejodh - Agustus 8, 2007

o iya…jd selama ini ada yg dah coba blom…
mesinnya vixion masuk ke mx?
masih blom ada yg jd kambing percobaan (kelinci mulu…kasian)? hehehehehe

soalnya gw suka sebel kalo balap ma FU150…kalah mulu…..

51. girifumi - Agustus 8, 2007

@49
trend safety bro…memang ada bias yang mengaburkan sein bila letaknya berdekatan dengan lampu utama.
ada juga trend fungsional macam bagasi luas di bawah jok,kunci jok pada sepatbor belakang,dst..dst…

52. dsdsd - Agustus 9, 2007

ayo bro coba dibalapin dgn FU sapa yg menang

53. girifumi - Agustus 9, 2007

gw rasa FU yang menang…

54. re-wondo - Agustus 10, 2007

bisa jadi MX ga kalah

55. ion ymci - Agustus 10, 2007

bro ada yg tau no.contact or alamat
bengkel yg pasang paket mx to vixion sementara rumah gw di daerah bekasi.thx

56. ari - Agustus 10, 2007

@55
Ini bro, ada no. telp sama imelnya, dapet dari milis.

Nick : Ricky Akira
bengkel resmi yamaha nama bengkelnya SOPO INDAH MOTOR
daerah lubang Buaya, jakarta timur
021-99512985
racingstar2003@yahoo.com

57. The Stone Roses - Agustus 11, 2007

Waduh, MX jd 150cc? Di 135cc aja tenaganya ga kepake semuanya tuh, paling2 sampe gigi 3 udah ngerem. Mungkin kerasanya kalo pas dipake jalan jarak jauh kali ya?

Tapi balik lagi ke soal ketahanan/durability komponen mesin lain yg msh bawaan MX tuh gimana? Trus rangka/chassis yg aslinya didesain utk 135cc gimana? Apa mampu menghandle entakan mesin 150cc?? Jgn bilang aslinya MX itu kan mesinnya 150cc, itu kan baru gosip yg blm bs diklarifikasi kebenarannya.

58. girifumi - Agustus 11, 2007

@57
halah…ketimbang penasaran sok atuh dijajal heula…

59. wyren - Agustus 11, 2007

Yang bener?? Gw aja Tiger kalo nyantai gigi kepakek semua… Tiger lo…. Kecuali tanjakan terus ya……….. Gigi 4-5-6 gak kuat… Kecuali udah start kenceng dikit…

60. mazdody - Agustus 12, 2007

ada yang kurang tuh.harusnya karbunya jg diganti gede tuh.PWK28 ato PE28.atau kalo kelebihan duit pake FCR28.Trus CDI juga diganti,segede apapun tenaganya,kalo RPM mentok di 9000-10000RPM.sama aja boong.
kalo dijakarta motor kenceng kayanya sia2.gas dikit rem lagi.tigher gw paling kenceng 80kpj di jakarte.ngeri bro.takut setang YT gw nyangkut

61. The Stone Roses - Agustus 14, 2007

@58
dijajal dulu? ngapain bos? buang2 duit aja ah. mending beli satria fu aja kaleeee… :)

62. bryan - Agustus 15, 2007

intinya nih abang seniorrr…mesin ixion masuk mx bagus ga tuh????
soalnya gw mo modif total ntar november..kalo bagus gw ganti dah tuh mesin…kalo jelek gw mo bli ixion baru modif….tapi kan kalo 135 aja bensin cepet abis…gimana 150???ganti tangki bensin apa yang lebi gede???btw kalo deltabox ganti body jadi lebi lebar ya???
makasihh balesannya….

63. daud - Agustus 16, 2007

kok mesin sih..blok ama sehernya aja kali..masuk kok tinggal plek aja.trus karbu ganti pake pe 28 di jamin kenceng n gak terlalu boros..soalnya waktu gue pake karbu std mx ama pake pe 28 ( rute harian sama ) borosan pake karbu std mx hehee..coba aja kalo kagak percaya..

64. YOS BALIKPAPAN - Agustus 17, 2007

GUE MAU NANYA NEH KENAPA MX KLO DI PAKE NIKUNG PANJANG KECEPATAN 100 SELALU GOYANG DI BELAKANG PA GA ADA NEH MONOSHOK ORSI YG ENAK DI PAKE SGALA MEDAN

65. dark_grey mx - Agustus 18, 2007

bos boleh tuh paket bengkelnya,mohon beritahu bengkel & nomor telpnya ke email saya yah!!!!!!!soalnya saya berminat nih!!!!!

66. dark_grey mx - Agustus 18, 2007
67. sidik - Agustus 20, 2007

Mesin Yamaha emang OYE bisa saling tukar sesama brothernya, jadi gak salah kalo gw pilih YMH, dah gitu gampang settingannya,

68. GIZMO - Agustus 21, 2007

Kalo koment sementara nih, tenaga bisa aja setara, mo MX, FU, Scorps, Vixy, sama2 kekar punya deh… tp rasa sportnya Vixy emang lain. tampang, tenaga, bahan bakar (cukup irit), dan feeling berkendara OK tenan. ga promosi, gw punya Vixy & MX, feeling-nya beda, FU tetangga jg ga bs dibandingin. Yg penting enjoy the ride aja, supra97 aja asik

69. Temmy Hartadi - Agustus 21, 2007

@64

Wah MX diajak nikung dengan kecepatan 100kpj goyang-goyang = normal. Jup MX dasarnya bukan dibuat untuk kebutuhan racing jadi ya agak kurang untuk performa menikungnya, kecuali profil ban sedikit dibesarkan dari standardnya. Ngomong2 naikin cc mx pake sekher vixi kan jadi naikin kompresi juga, musti ganti dunk bensinnya dengan oktan yang lebih tinggi dari premium, udah gitu kalo ga salah pick up koilnya juga harus dimundurin derajatnya supaya enak dipake harian, kalo kaga pasti agak kasar mesinnya.

70. say - Agustus 22, 2007

70

71. wyren - Agustus 23, 2007

Wow.. Berani naik bebek 100kpj aja gw udah tepuk tangan bro… Apalagi nikung… Hebat deh… :-D

72. adriano - Agustus 27, 2007

100kpj ama bebek jaman sekarang sih udah biasa kalee….. soalnya bebek jaman sekarang pada maen racing kit semua sih..

73. Idhar - Agustus 28, 2007

??? Ngomong apa ya¿ soále motorq scpie

74. Idhar - Agustus 28, 2007

kudu ngomong apa ya¿ soale motorq scopie

75. Budi - September 8, 2007

sob..gw mau dong..bengkelnya dimana….alamat dan nomer telpon..kirim ke gw dong budi1912@yahoo.com…thank’s ya bro…

76. chris - September 8, 2007

mohon info no kontak / nama bengkel/tuner di Surabaya yang bisa pasang head v-ixion di mesin mx.

pls email : chris_mailbox_2007-otomotif@yahoo.co.id

Thx.

77. hendrik - September 10, 2007

bener tuh harga spare part nya cuma Rp.610 ribu doank

78. DiQ - September 19, 2007

kan mesin dah bisa di upgrade jd 150 cc… kalo gearbox MX diganti V-ix + ga pake limiter pasti FU bisa lewat
kira kira para sesepuh dah ada yang eksperimen di gearbox ga?
gw biasa pake ninja cape pake 4 gigi, ga puas….

79. Anto - Oktober 17, 2007

aduh masih ngarep banget sih MX bisa ngelewatin FU..he2x….

80. wyren - Oktober 17, 2007

Kalo gitu… Kenapa gak mesin V-ixion+kelistrikan aja masukin ke MX??

Mesin MX-nya disimpen…

81. thomz - Oktober 30, 2007

gpp kali klo empat gigi asal panjang2 semua…. mlh lbh mantep, ga ada jeda alias lebih sedikit jeda pas tuker giginya, jadi buat tarik2an bakal lebih galak….
MX ngalahin FU mah uda bukan hal langka….
cerita soal pengalaman, pernah ane pas plg malem2 ber-3 pake MX masing2, 2 diantaranya uda upgrade ke MX-ion (sebutan gw buat MX pasang blok Vixion) & 1 MX msh tetep 135cc…
pas lagi jalan santai ber-3, tiba2 ada FU dgn suara galak (ane tebak knalpot merk mahal nih, kayanya DBS)… main nyalib n ngegunting aja dgn gaya mancing n ngajak test…
lgsg ber3 kita geber, n hasilnya, itu FU kalah jauh lawan MX-ion..
tapi si FU menang jauh juga lawan MX 135… (ya wajar lah)..
klo kata temen ane yg pake MX 135, ….
“Gile lo bro, itu FU dibikin uda kaya jadi Vega-R lawan MX standar”

TanyakEN APA…????

cahyo - Juni 6, 2013

wahhhh, mantap tu gann…
. Klw mslah bensin lbih boros brp persen kira kira ya gan ?????

82. Garvy - November 2, 2007

jd mending beli v-ixion yg udah 150 cc atw beli Mx trus diupgrade ke 150 cc, trus terang gw bingung… ?

ada yg bs kasih saran???

83. girifumi - November 2, 2007

@82
mungkin MX-ion aja kali ye?masih karbu,gak ribet soal ini itu yang terkait dengan sensor.pake knalpot racing harus ngubah ECU.alatnya agak susah.itu kalo mau kenceng..
emang suka nongkrong dimana bro yang pake MX-ion?

84. Juntiwa - November 6, 2007

bro.., bisa bantu gak…? gw mau jg ganti MX jadi MX-Ion, BTW bengkelnya,alamat dan nomer telpon..kirim ke gw juntiwa@telkom.net… thank’s ya bro…..

85. agoeng79 - November 7, 2007

alooo udah ada yang sukses lagi lum ganti jadi MX-ion nya??
sharing dunk…..
perlu ganti packing g?
karena setahu saya kompresi v-ixion lebih rendah dari MX jadi kalo pake blok V-ixion kira2 dah diukur kompresinya jadi berapa?
biar yang lain juga tahu kehebatannya, bisa ngasepin FU g neeh??
kalo dengan cc yg sama2 150 dan kompresi tetep(kompresi mx loh bukan v-ixion) saya rasa tenaga yg dihasilkan akan lebih bila dibandingkan FU standar.

karena dengan cc yang sama kalo kompresi beda maka tenaga juga akan beda, dan waktu yang diperlukan menuju 100km/jam lebih cepat (ini yg lebih penting buat modal tarik2an)…
setahu saya kompresi mx lebih tinggi dibanding FU, tapi FU yg sekarang tenaganya lebih kecil dibanding yang built up selain itu juga mgkn karena pengaruh electric stater yang membebani kerja mesin karena ada part yg ikutan muter (walau mungkin sedikit tapi pengaruh, kayak dulu waktu tiger saya lepas electric starternya wah jadi enteng cuma ya kalo lagi macet jadi cape’ deeh)

best regards
agung

86. maulana - Desember 4, 2007

Gua ykin tuh klo mx diunggred jd 150cc,knalpot diganti knalpot balap,cdi diganti cdi digital,n mesin hsil unggredtan tadi di korek pasti tuh mx ngga ada yg ngalain.FU Pasti keok abis n ampun2an ngejar mx

87. aviss - Desember 5, 2007

masa sih bro?

88. aviss - Desember 5, 2007

Gw mo nanya nih sama senior2x kalo di upgrade jadi 150cc pake punya vixion, trus gimana dengan volume olinya dan volume radiatornya. apakah gak masalah kalo tetap standarnya mx?. Thx atas pencerahannya

89. desperate - Desember 5, 2007

mx 150 cc knalpot racing, cdi digital, korekan vs fu 150cc knalpot racing, cdi digital, korekan juga? hmmmm gw pegang fu aja ahhhh. MX susah ngoreknya mas, pake radiator kalo dipaksain gampang jebol. Gak percaya? tanya para suhu aja.

90. anto - Desember 10, 2007

@ 86
Ok…skr kita samaain aja, membandingkan ya kudu sama levelnya….FUnya di upgrade juga donk, ganti knalpot balap, CDI (sdh digital siy) tapi ganti yg racing juga donk, upgrade ke 170 cc???? Hmmm…kalo cuma buat lawan MX kayaknya sich belum perlu..tapi berhubung diatas di upgrade, yach cukup ke 160 cc aja dech…Gw juga jamin FU pasti ampun2xan….ninggalin MX maksudnya..malah kalo treknya panjang, bisa ngupi2x dulu kali rider FU…di poor dulu lah…

(wooii…asal tau aja MX di bore-up ga ada yg sukses….selalu banyak masalah padahal baru sampe 155 cc dan sudah banyak terbukti, banyak yang jebol..sementara FU baru bermasalah kalo sudah di bore-up sampe 180 cc…even sdh pernah ada yg bikin sampe 250 cc)

gotex - Agustus 31, 2012

kalo ngomong pake otak.mas ya jelas kalah to..sama aja botek kalo FU nya di naikin cc nya. kan aduanya kan sama2 150cc bocah pekok… salah bangga,,,

91. memphis - Desember 18, 2007

masih nikmat naik scorpio, deh, g perlu banyak bicara.
g usah bore up juga dah kenceng, jadi jarang ada yg bore up hehehehe.
kalo mau kenceng ganti karbu pake yg g vakum.

92. rei2x - Desember 21, 2007

Kayaknya yang sudah upgrade blm ada yg masuk kafemotor nih.
Mana neh pngn denger kesaksian nya.

93. SiBanditJadul - Desember 21, 2007

Enakan naik bandit lagi. Biar udah jadul disegani kawan dan lawan. Bandit standar gw nangkep ninja gampang bngt. Padahal ninja-nya bisa ngilang lo hehehehe. Lawan scorpio belum nyoba, soalnya nyali ridernya ciut duluan denger raungan knalpot 400 cc. Peace yoooo.

@92
Berita upgrade baca di otomotif ato m-plus aja bro, lengkap tuh.

94. ari - Desember 29, 2007

selamat

95. ari - Desember 29, 2007

KOLO GUE SIH PENGEN MOTOR KENCANG TAPI IRIT, KALO MOTOR KENCANG TAPI BOROS YA PERCUMA, MENDINGAN GUE BELI RX KING AJA DIJAMIN LAJU KAN SAMA BOROSNYA HE3X

96. ari - Desember 29, 2007

LAGIAN RX KING HARGA BEKASNYA AJHA MURAH, BIAYA KOREKNYA JG NDAK SEMAHAL MOTOR 4 TAK.

97. ari - Desember 29, 2007

FU DI BORE UP SAMPAI 180 CC MEMENG LAJU TAPI BOROSNYA MINTA AMPUN…BENSINYA NGUCUR KAYA KRAN AIR,..NGALAH-NGALAHIN MOTOR 2 TAK..,MENDINGAN BELI MOTOR 2 TAK SEKALIAN KAN SAMA BOROSNYA.

98. iwan - Januari 5, 2008

bagi yg sudah sukses rubah ke mx-ion kasih cerita dong tips dan triksnya….soalnya pasti banyak mx-er yg pada kepengen tuch…termasuk gw….

99. iwan - Januari 5, 2008

pengen sich ikutan tapi takut resikonya kalau gagal…….he he he…ditunggu kesaksian yg uda pada sukses jd mx-ion

100. iasan - Januari 9, 2008

tolong dong jelaskan tentang kopling motor apa aja buat tugas kuliah,beserta gambarnya

101. dmz - Januari 17, 2008

mana nih alamat bengkel yang bisa up grade mx-xi

102. genesis - Januari 17, 2008

tolong donk kalau ada yang tahu alamat bengkel di SURABAYA yang bisa upgrade MX ke 150 cc. thanks ya

103. dian - Januari 31, 2008

bro ad yang tw dmn gw bisa dapat ECU RACING buat vixion
harganya brapa ya

104. ZOEL 80 - Februari 1, 2008

bRO MX KAN AH NAIK TU CC NYA? TRUS GIMANA AMA SPEEDNYA? BISA GA YA ADI 5 SPEED JUGA,SOALNYA GW PIKIR JANGAR KALO CC GEDE SPEED MENTOK,KABRI GW DONG CARANYA KE 081366308008,ZULFIKAR.FITRI@GMAIL.COM,
THAKS U

105. dedot - Februari 4, 2008

klo gue dah ganti part MX gue tp hanya CDI RACING , KNALPOT RACING, NOK AS N hasil nya dah mumpuni lho bro. Rencana sih mo upgrade juga.

106. yudi. - Februari 8, 2008

gue mau beli satria F150,tapi boros ngk ya?satandarnya 1lter buat berapa km? kalo BBMnya pake premium ntr dmpaknya gmana?

107. yuli - Maret 11, 2008

jokinya begoo kalo kalah ama FU
gue aja udah ngalahin FU bolak-balik
apa hebatnya FU…
apalg ama mio… ninja drag aja kalah ama mio

108. yuli - Maret 11, 2008

mio di korek sampai 300 cc
pakek turbo..
mx bisa ngalahin FU..
coba aja.. gue dah coba

109. zul - April 7, 2008

bisa ga mx jadi 5 speed,soalny gw pengen jadi 5 speed,trus apa aja yang kudu diganti?

110. zul - April 7, 2008

o iya ini email gw zulfikar.fitri@gmail.com thaks berat
soalnya susah dapat info ditempat gw

111. hendri - April 10, 2008

hallo gua mau tanya ?

112. mas gan - Mei 14, 2008

mas yang nawarin bore up kit vixion 610 rb Ontak Person nYA
berapa ya

113. mas gan - Mei 14, 2008

info nya email ke bandoro_2007@yahoo.co.id

114. Adiarta - Mei 26, 2008

halo-halo salam kenal bro sorry baru gabung dah ngerepotin. butuh info yang jual jeroan V-ixion buat di JuMX gw dong. Adakah ? berapakah ? Maturnuwun mas

115. Agung - Juli 25, 2008

Skalian aja mas mesin mobil taroh di mx,biar gak ada yg ngalahin

116. Drummer - Agustus 6, 2008

Gw dah coba korek mesin MX gw ternyata berhasil brooo.. FU, Ninja, King, sampe CBR kalah adu balap drag race sama gw…
Soalnya mesin MX gw bener2 gw korek abis trus gw bakar jadi abu.. lanjut gw pasang mesin F1 di MX gw..!! ada yang mau upgrade ke mesin F1??
email/ym gw: drummer.best@yahoo.com

117. iejhal - Agustus 15, 2008

Nie bos.. Rumusnya…. dah di uji hasilnya…. ma gw ndere…..

up to 150 km/jam = “MX+(blok,piston,pin piston alias 150cc)+cdi dualband brt+as klep bee racing Versi4+ perklep ,per kopling bee racing+ koil rm125+ knalpot ahrs”

dijamin dapetnya diatas 150km/jam……
alnya gw gak ngeh betot gas lebih dalem lage….”maklum lom kawin”

kalo ninggalin F150 ma…..eces…….
vixion ama megapro ndere….. makan asap…….

suara lembut full basss acem pake sub wofer 12 inch…..

silahkan ja coba…..
tu setingan motor gw….
terbukti dan teruji………..

118. Andika - Agustus 16, 2008

Gue punya mx aja bs kalahin mobil ferrari tapi gue ganti mesinnya pake pny f1

119. Prambors - Agustus 24, 2008

Minta tolong dunkz alamat bengkel yg bisa upgrade mx ke vixion prambors@bluefame.net

120. Prambors - Agustus 24, 2008

Oiya, saya di blok m, jaksel..

121. Wong netral - September 2, 2008

Eleh………
Lagi2 ngributin masalah mx vs fu

klo maw ribut djalan tuh buktiin langsung jangan cm ngomong doang dah basi lhoe!!

122. Andeee - September 5, 2008

haii…
gw mau nanya donk , bengkel pada “Raideer B” dimana sih alamatnya…?
yang menawarkan blok silinder 1 set vixion bwt MX…
Coz, ane juga berminat neh…
tolong kirim alamatnya ke E-mail ane ya di (andi_joints@yahoo.com)
Ditunggu ya informasinya…
Terima kasih atas informasinya…

123. Andeee - September 5, 2008

hai…guys…buat yang tau alamat bengkel yg di daerah jakarta, yang bisa upggrade mesin MX pake Vixion yg harganya 650rbuan diatas…kasih tau ane ya alamat bengkelnya…ke email andi_joints@yahoo.com
Terima kasih buat yang kasih infonya…
I tunggu ya kabarnya…

124. Smd bike - September 6, 2008

Klo mx jago udh trun k sntul…. Jgn asl klaim… Oia gue pngen tuh racikan mx mesin f1
kwkwkwk

125. Galih - September 6, 2008

apa tinggal plek tuh masangin blok silinder ama seher v-ixion ke mx??ga ad yang di rubahkan.??

126. Ikang - Oktober 15, 2008

bro,, tolong alamatnya dunx yang jual paket, gw da di daerah Tangerang,, yang daerah jakarta jg boleh,, cz gw dah niat bgd neh
krimin ke e-mail gw dunx mazter_love@yahoo.com
thanx bgd be4&dtunggu beudz

127. vino - Oktober 15, 2008

walaupun mx 150 emg oke
mx 135 juga keren lho..
masih menang tarikan ma fu
waktu itu w menang di tarikan
gigi 2 ma fu
biz gigi 3
w ke susul dech…

128. Mif26 - Oktober 22, 2008

Btw harga bore up mx brP N AP AJ YG D GAnti? Dan hrga karbu pe 28 brp?jwb y!hehe

129. dimas - Oktober 30, 2008

hkeren bro……..
gue dari jatim….
juga mau nanya dengan modal 610 rb itu kan belom dengan modif injection nya kalo’ dengan itu kira2 habis berapa ya..???
terus acselerasi dan torsinya gimana..???
kira2 nyampek top speed berapa???
ada yang udah nyoba’ ndak

130. vino - November 2, 2008

YEEEE
Mx menang….
coba klo Yamaha ngeluarin
motor bebek yg ccna
sama 150 kyk fu
w yakin tetep motor Yamaha y menang..

131. RIDER MX - Desember 18, 2008

JANGN LUPA PAKE KLEP FU
22-19

MX STANDAR 19,5-17

MURAH DAN MUDAH

FU………..GK BISA NGIKUTIN………..

MAAF…………..

JANGAN MW DIASAPIN MA FU………………..

132. Teambill - Desember 27, 2008

Gua cuma ganti piston, ring, blok mesin v-ixion, sm ganti cdi jupiter tipe 5LL, CBR 150 AJA LEWAT. tarikanx galak banget bro…

133. AIRA - Desember 30, 2008

gw udah coba,
paket mx-ion
– CDI BRT dualBand
– Coil Made In Kaka Gw
– knalpot freeflow custom made in ade gw
– busy NGK iridium
– ban 90/80 – 100/80
– WRAIN
bisa lari 140-145 km/jam
FU lewat, king kalah star doank, vixion jauh, CBR gmn joki nya…
nah al hasil mx gw sekarang jadi MU alias mx fu.. depannya di jadiin ayam jago… plus ada rencana ganti noken as KAWARA ama nyoba karbu PE-28 atau KOSSO 30…
makin gila g yah??
ada yg udah nyoba pake PE-28 atau Kosso 30?
bagi pengalaman dunk??

viktor - Maret 14, 2012

gw dah nyoba bray.
pke karbu pe-28 mtr jd kenceng cmn ngelimit.
byr mtr u kaga ngelimit u hrs ganti per kuplink racing dulu and ganti cdi mio 2006 segitu ja.gw jamin mtr u lari kenceng awaln no limit and ama satria f yg udh d papras noken as.a ugg lewat.
dn jgn lupa u besarin lg pembakaran kompresi.a(secukup.a).
bsa d coba

wisnu - Januari 22, 2013

saya rasa sudah cukup kalo mengejar top speed segitu ,,kalo perbandingan menggunakan kosso atau 28 mm anda perlu bore up kembali mesin anda dan merubah size ,,sebab suplay bensin yang masuk kedalam mesin harus seimbang dengan pembakaran lagian buat apa motor kencang kalo cuman habis biaya ,,mending ikut balap resmi seperti saya toh hadiahnya kan lumayan kalo menang ,lagian uangnya buat ,menambah performa mesin juga kan ?
selamat mencoba.

134. angtoni - Februari 5, 2009

diman da jual blok vixion ya n yang murah tp terjamin ya
gua maon beli dong
lengkap dgn blok,piston n ring nya fuul et lo
k4 tau ya

klo da email k4 gua ya
tong_long_1988@yahoo.com

tq

135. idunk - Februari 23, 2009

bengkel yang bisa bikin mx-ion di daerah ciputat jaksel dan sekitarnya dimana ya?ada yang tau alamat+no telponnya?email gw ya di ivnkurnia@yahoo.com makasih infonya

136. muscle - Maret 24, 2009

bro….g uda coba pake mx-ion,
trs CDI brt tipe rk dual band,
coil YZ,
karbu keihin PE 28
knalpot racing bikinan(suruh tukang knalpot yg buat).
gear standart depan 15, belakang 39.
koq punya ane Top speed lari cuma 120kpj?cuma beda di akselerasi aja(lebih galak).
ada yang bisa bantu?
motor taon 2006.

Oh yah, blok head juga mst digedein ga?
bagi yah dah coba mohon infonya yah!!!.thx

g juga rencananya mo ganti noken as disuruh mekanik ganti klep biar lebih nendang lagi (klep ada 4 , 2 kecil n 2 gede, katanya seh yg kecil diganti pake yg gede, trs yang gede ganti punya ** 100, tapi mesti rubah dudukan klep lagi) katanya kl uda pake spek kek gt lari dah kek motor 2 tak n king aja ga dapet ngejer..kata mekanik lho!!!bukan kata g, soalnya blm coba n yang jelasnya yah ga bisa buat harian, sayang bgt!!!Seandainya kl bisa ,ane pengen neh!!!

daniel46 - Januari 13, 2010

MX q udah silinder blok 150 set, PE28, CDI BRT,Noken vixion,knalpot racing, per kopling+per klep aftermarket, deelel
top speed jga cma 130an..
aneh bgt y…tp pake 14-39 seh…
hahahahahah

137. aay cell - Maret 24, 2009

Bro g mau ?

g punya mtr mx tpi gua egg ouas lari ya

138. aay cell - Maret 24, 2009

bro apan aja ni yg harus g ganti

tpi mau ya keliatan setandar ama org

139. aay cell - Maret 24, 2009

we bro apa kabar ni blh tuker pikiran end infirmasi ni

g punya masalah ni ama motor mx g ni soal lari ya yg kurang

g pengen punya notor mx g setandar toi lari ya enak buat d jln

klo lo pda tu hub emel g di Aay_cell@yahoo.com

140. un - April 7, 2009

gue ‘un’ dri gorontalo….
mau nanya ama loe2 pde,
ada gak bore up jup. mx smpe 150 yg imitasi ?
cz pgen yg mrah nich….
blaz yah…

141. un - April 7, 2009

eh…
klu ad yg tau contact gue yah…
di ; Un_tOeS@yahoo.co.id

142. MT - April 10, 2009

Jupie MX walau dah boreup & korekan full tetep gak mungkin bisa ngalahin FU boreup full korekan, DOHC dilawan, rata2 top speed mereka bisa tembus 170km/j dalam 700meter. hidup FU!

tude bakar - Mei 30, 2009

coba aje ma Mx punya gw.yah…bru 300cc kq…?? hasil korekan dari MIKI MOTOR YAMAHA Buaran Jak-Tim…!!gw pake piston Scorpio( top Speed bisa tembus 200km/jam ) ….yah …blh di coba…!!tinggal atur kpn..di coba.!!!..hi..hi..hi..!!

zubeir - Mei 14, 2010

fu 170kpj?kl standart g mgkn bro…,mx ja msh bs bersaing ko ma fu dengn kcptan 130kpj,,,,.
oke buat mas mahdy,,ak mo pesan blok mx 160 cc gmn caranya ya…

143. rg - April 16, 2009

anjing lo FU

144. tony krg - April 22, 2009

kalau mx mau menang ama yg laen mah gampang.. Gak perlu nyetting macam2. Suruh aja yg ngejar tetep dibelakang…gampang kan?. He..he..hekg(keselek..!!)

145. riChO - Juni 8, 2009

cuY …
KLO MX pasaNg gas spOntAN ..Bisa GX…???
TrUs Pnel lampunya gmana…???????

And Pasang rpm Gmna CaranYA?????

146. jeko - September 17, 2009

mx gw cma gnti
-blok n piston {v-ixion}
-koil {kawahara}
-cdi {brt}
-carbu {PE 28}
-noken as {bubutan sndri}
-per kopling {TDR}
-kampas kpling {BRT}

udah bisa ngraja d bali bandung…
info aj ni, FU2 pada lewat smua

147. xxxx - Oktober 20, 2009

^ iya aja deh FU lewat smua ya FUnya pada gak disetting bener… hari gini bali……. cuman modal sendal jepit ma celana kolor aja belagu…. klo jatuh langsung mampus ditempat deh……

semua motor mah bisa kenceng…. tergantung setingannya… dan riding skill… & power to weight rationya…

148. ari putra kaltim - Desember 3, 2009

bro d mna belix…
q mau naikan cc motor mx gua….
d mna q bisa cari alatx….
krim al matx

149. Cjr cool - Desember 5, 2009

Klo ada yg tau Tolong di infoin dunk broo alamat bengkel yg bisa upgrade MX jd v-ixion sekalinan no. Tlp Nya sekalian. ke email gw.
rdwan_dwg@yahoo.co.id

150. Cjr cool - Desember 5, 2009

Klo ada yg tau Tolong di infoin dunk broo alamat bengkel daerah jakarta yg bisa upgrade MX jd v-ixion sekalinan no. Tlp Nya sekalian. ke email gw.
rdwan_dwg@yahoo.co.id or sms gw 081387824820
Thank y brooo…

151. Tommy - Desember 21, 2009

Mo nanya, untuk bengkel yang bisa ganti mesin MX dengan blok Vixion untuk Bali / Denpasar dimana ya? apa bengkel redmi mau gak?
Thank bro

152. Tommy - Desember 21, 2009

Mo nanya, untuk bengkel yang bisa ganti mesin MX dengan blok Vixion untuk Bali / Denpasar dimana ya? apa bengkel resmi mau gak?
Thank bro
ke email. tdayoh@yahoo.com

153. iqbal - Desember 26, 2009

kalo udah pake blok vixon,bisa gak asapin tiger r?????????????

154. afay - Desember 30, 2009

klo udh ngrasapd jago.udh bikin mtr sndiri aja,jgn mtr yg udh jd dibikin profesor eh diutak atik kepinteran da ah….

155. rear wheell - Januari 19, 2010

boleh di coba tuh….

156. Jacko - Februari 6, 2010

Kayaknya biar adil mx VS fu.
1.Mx jd 150 cc,CDI limiter 11.000rpm,kalpot racing

2.FU 150cc,cdi udah 11.000rpm. Giginya diompongin 2 biar jadi 4

FU Berani????
hehehehe..

157. odhy si pelanggan setia yamaha - Februari 25, 2010

rajin2 aja servis dbengkel resmi yamaha bro, setiap 3000km (menurut buku panduan).
udah lebih 5 tahun mx gue masih bisa lari 120km/jam, mesin msih mlus, konsumsi bensin msih irit.

158. dika - Februari 28, 2010

kalo ganti seher vixion harus ganti karburatrnya sama cdi nya ga?

159. corrrr - Maret 5, 2010

FU VS MX

MX gw cuma ganti
CDI BRT DUAL BAND
NOKEN AS
KARBU 28
PER KOPLING RACING
SEHER d buat jenong..
knalpot racing
MX gw gigi 1=60km/j 2=100km/jam (bisa lebih sih takut jebol hihihi)
3=130 4 blm prnh gw cobaa..wkwkwk

FU di jalan2 lewatt cuuy, pusing tuh fu ngejer mx gw..
^^v

160. Mr.M-ixion - April 5, 2010

Alah bro…
Gua uda pkek tu M-ixion,fu mudah bgt gua abisin.
Gua pkek blok pnya vixion sepaket(ma tmen2ny) tp gua pkek CDI Brt ma knalpot uda gua gnti ma AHRS f4+busi denso n setingan dikit.
Wuis,bleh dcoba deh bro gua jamin!
V-ixion asli aja klah bro,mnang body aja tuh mah!
Klo gua sbagai anak drag mah lbih milih t m-ixion.
Dah ringan kenceng lgi?
Wes…Sewes…Sewes
Mx mmang smakin d dpan,,
fu nggak bisa ngikutin!
Wkwkwkwk

d t4 gua bro dah bnyak mx pkek blok vixion mlah da yg uda d bore up lgi?Jdi 180?
Mren road race 150 tune up terbuka aja yg megang mx?
S.A.D.I.S. . .

161. CuMBU(Community Mx Bore Up) - April 5, 2010

Alah bro…
Gua uda pkek tu M-ixion,fu mudah bgt gua abisin.
Gua pkek blok pnya vixion sepaket(ma tmen2ny) tp gua pkek CDI Brt ma knalpot uda gua gnti ma AHRS f4+seher jenong n setingan dikit.
Wuis,bleh dcoba deh bro gua jamin!
V-ixion asli aja klah bro,mnang body aja tuh mah!
Klo gua sbagai anak drag mah lbih milih t m-ixion.
Dah ringan kenceng lgi?
Wes…Sewes…Sewes
Mx mmang smakin d dpan,,
fu nggak bisa ngikutin!
Wkwkwkwk

d t4 gua bro dah bnyak mx pkek blok vixion mlah da yg uda d bore up lgi?Jdi 180?
Mren road race 150 tune up terbuka aja yg megang mx?
S.A.D.I.S. . .

162. Luqman - April 15, 2010

di makassar ada yg jual bore up kit nya gak ?

163. zubeir medan - April 18, 2010

mx ak msh stndard bs 140km/jam,kl bore up kira2 dapt brapa tu?
mo lwn fu?duch ak da cb jg tuh dari kota medan pulang kampung ke padang sidempuan jarak 400 km,fu ny malah ngos2n tu bntar2 minum,ah buat ak fu g da pa2 nya la,gmn kl da bore up jd 150 y khan?tp kl fu mo bore up jg jd cc 180 ngelawan mx berarti fu banci beneren donk…he…he,payah fu ni. slm knal dari medan

wongelek - Juni 28, 2011

hahahaha iya bro FU motor sampah… ane jempol kl anda ngmg jujur…

164. mahdy - Mei 12, 2010

Salam bro-n sis semua serta moderator yang terhormat, gw mau menawarkan blok assy V-Ixion yang terdiri atas:

* Blok silinder
* Seher
* Ring seher
* Pin piston
* Paking head

Semua item tesebut itu dijual satu paket dengan harga Rp.610rb

letak bengkelnya dimana gan?

MoX - Juni 26, 2010

Bung Mahdy, bis dikasih no telp ma posisinya dimana ??kalo ada sekalian bengkelnya mungkin..(hmm, estimasi biaya total nyampe 1.5 jt ga ya??)

soalnya gw tertarik dengan tawaran bung mahdy yang mau jual blok assy vixion 1 set..

btw, kalo udah ganti blok satu set, trus settingan nya apa aja yang mesti diotak-atik ya..kalo ada yang bisa release full settingan mx-ion nya, tulung diuplot dunk..

trus kalo CDI yang limiternya diatas 150000 buat mx da ga ya ??

gw baru aja ganti ke mx (fresh from dealeer) tapi mo ganti settingan standar ke mx-ion racing..mohon bantuan para suhu..

165. david - Mei 30, 2010

zubeir medan….mantapbffff stuju bgt qwe..dari jman jpang jga gwe ogah d kasih FU…

jarak jauh ngdrop xixixixiii….

166. WAHYU - Juli 29, 2010

wahh gw pengen mx gw makin kenceng lg nie…gmna ya?
pdhal uda gnti cdi (brt) n knalpot racing…tpi mnrut gw msh kurang…ap prlu ganti nie ya:
* Blok silinder(v-ixion)
* Seher(v-ixion)
* Ring seher(v-ixion)
* Pin piston(v-ixion)
* Paking hea(v-ixion)

(BANJAR BARU)

167. mesta - November 13, 2010

gk bisa at ya ?

168. aLaN - Februari 17, 2011

its amazing..
blh jg tuh ngadopsi blok vixion bwt nge ” drag ” mlm mingguan ma ank2..

169. aLaN - Februari 17, 2011

nax donk, d’mna sih bengkel bwt masang blok vixion chapter makassar…????

170. chiil ashter1922 - Maret 20, 2011

mx vs fu…menang fu lah……dari tehnologi aja..udah ketauan…standar aja…udah terbukti..apalagi kalo fu nya pake cdi rextor,kampas kopling rgr,porting polis,knalpot ahau drag,noken bikinan ahon..gak usah naik cc lah…bakalan keok mx…tapi kalo buat pemakain sehari2 gue pileh mx..perawatan mudah…irit…tapi..kadang2 tensin di cengin..shogun sp…diem2 tuh motor…siluman juga kalo jongkinya…yaud..sekedar…coretan doang..numpang nimbrung…

171. unyil - Maret 22, 2011

kalo mx udah di bore up jadi 150cc, buat jarak jauhan apa gag beresiko bro??

172. hendra - Maret 24, 2011

fu g tahan lu dah korek mesin ny. .bda am mx. d tntang brapa putaran tentap aj speed ny g kurang. . .mtor fu tu d ibrat kan manusia waria. .

173. Kopetz - Maret 25, 2011

hlo bro2 smua…
numpang tnya doNg, kLo mslah Kampas KoplinG buat si_mx Enaknya pke Punya apa y…
biar tmbah nendaNg g2 maksudny…
hehehe….
tloNb bles y…
tiNGkyu…

174. SOEGIONO - April 22, 2011

pueh….ada ada aja anak satu ini… tu revo itok kasik mesin jahit aja.. hen..

175. eenk - Mei 12, 2011

mx kekuaten cc.nya kurank besar,, dan tarmasuk kendaraan sepda mtor tanggung,,,,,

176. dhany - Juni 1, 2011

Bro- sekalian, mo ikut urung rembuk nech, sekarang MX khan dah ngeluarin New MX yg 5 speed, pake kopling plus cakram belakang, spesifikasi mesin beda ama MX yg lama, kalo mau upgrade mesin Vixion 150 ke New MX dah gak perlu ubahan apa tinggal pasang gak perlu ubahan apa2x, karena emang untuk mesin New MX ini sama persis rancangannya denga punya vixi jadi setelah dipasang bisa langsung ngacir dech, paling kalo mau lebih sip lagi tinggal pake CDI BRT Power Max jadi kalo di bejek gas bisa pull abis tinggal bejek aja sesuka bro aja dijamin ngacir tenan gw dah buktiin, pokokke yang lain makin ketinggalan, jadi silahkan bro coba dech dijamin puas , tq

mberebet_betz - Juni 9, 2011

tinggal di plek ne mawon mas.
sama persis

177. radit - Juni 21, 2011

as…wr..wb… maaf nih smuanya… saksi mata bini ane…
mx ane standar..dar..dar…. tp doi bs ngalahin vixion di trek 400m. mx ane 2008 maaf malah mx ane yg non kopling lg… cm ngubah knalpot mesen. gir blakang 32. kompresi TOP dan SPUYER di naikin. tinggal gas deh. coba aja… apalgi ganti blok vixi…FU ditinggalin seada-adanyanya… alias kasih buntut gasir.
gigi 1 =60
gigi 2=90/100
gigi 3=130
gigi 4= belum pernah smp pol..
mngkin saksi mata yg sering liat klo agan2 ada yg lewat jalur kalimalang jm8mlm, dan jalur matraman setiap harinya pagi jm6.biru silver list batik.
adit.raditya90@yahoo.com

Jihad HolyWar - Juni 25, 2012

biasa bongkar motor dimana ?

178. Dhany - Juni 22, 2011

Bro semua ada tambahan lage nech buat upgrade mesin new MX agar lebih siip lage, ganti gir rante belakang 38 (new MX) jadi 35 punya (vega ZR), plus knalpot race free flow, pastinya dijamin jadi weleh weleh dech, tq

179. mitch - Agustus 15, 2011

salam hormat bro biker semua, q lht comment2 di atas rasaxa kok MX bs d jadiin mantap bgt. tlg bagi2 apa aja componentxa dong n price listxa jg. oia skalian ama bengkel yg bs modif kyk gtu d daerah surabaya. mohon bantuannya dari kakak biker semua n terima kasih.

180. anton - Oktober 14, 2011

gmn dgn sistym injeksi nya bro,,,bisa dipsang ke mx

181. Ilham_gemini - November 14, 2011

Gila bro. . .lari ya kencang abis .ngga usah beli vexion.

182. dido - November 15, 2011

sekarang kalo modif gitu kira2 berapa om?

183. dk permana - November 25, 2011

bisa dkirim k bandung ga

184. ady - Desember 11, 2011

lagi nyari blok vixion set ma piston…… berapa hrga’y ea????

185. thiqom - Desember 21, 2011

wah boleh tuh….
ada nomernya gak? mau ganti ny

186. Mx Rextor Comunyti - Januari 7, 2012

gas poool…….

187. Hendra - Januari 18, 2012

maaf sebelumnya sob, gua melenceng dari judulnya.,., hehehe
gua mau tanya nih, kok suara motor saya ngorok y, padahal baru 5 bln pake.
gua udah coba tanya sm dealer, pas kebetulan waktunya service, tapi kata mechanic itu normal.
suara MX agan” yang lain ada ngorok juga gk suara motornya.
tolong solusinya gan.

Reed Valve - Maret 9, 2012

sama punya ane jg gtu bro…

188. Nyaling Coy Cah Cangkring - Maret 1, 2012

OKE matntap abiz

189. kholil.Tm - Maret 3, 2012

wuihhhh sedep bener tuh kayaknya.
mx ane udah ngebul, semprotan fogging demam berdarah mah kalah dah. hihihihi :D
ane tertarik tuh buat ganti satu set blok vixie dll.
tapi ga ada masalah kan gan?
itu bengkelnya disebelah mananya lubang buaya?
rumah ane di kampung rambutan soalnya.

190. Dextroyer - Maret 6, 2012

tpi ada efeknya gk gan buat mesin?
Mksud nyaa mesin bkal jdi kurang awett gitu?

191. Muhamad Safei Bdoel - Maret 12, 2012

sory nih gan,,,,ane udh pake 2x blok vixion,seher dll. tpi ko seher mentok terus ea pas d jlanih tibul suara berisik.dbongkar pistonya lecet dbagian atas.ternyata mentok,,,,,ap perlu seher vixion nya d tipisin 4/5 mm

Ayah AndRayy - Juli 5, 2012

saran aja bro, pakingnya ditambah (lebih tebal sedikit),,, tp kompresi jd ikut turun ..

192. tito - April 20, 2012

gan,,
ane mau beli blok v-xion..
yg bagus ntuk mx ane pakek seher apa ??
truss.. oversise nya ukurab brp ??

plis answer my cuestion.. ;D
thanks

193. Muhammad Alkatras - Mei 8, 2012

ada efek negatifnya gx buat jalan??????
misalnya tambah boros atau perlu -perawatan khusus????

194. agoos - Mei 12, 2012

malam Agan2 setelah baca blog ini kmaren.. siangnya gw langsung meluncur cari tuh blok set + noken as buat new mx 5 speed gw yg baru keluar dari dealer.. seharga 840rb sama paking dll… pasang 2,5 jam kelar (lama bongkar pasang bodynya).. TERNYATA MAKYOOSSS… meskipun cdi & knalpot standar.. suara mesin ga ada beda sama blok standar.. bensin sama cuman dia mintanya pake pertamax.. agak ngelitik td pas pake premium…

nah ni dia nih… gw adu tadi di depan bengkel 400m-an sama FU, vixion, sx1, supra125 (semua standar), FU doang yg bisa nguber.. tuh juga d blkng

juky - Juni 6, 2012

segitu aja udah puas,,,,,,,,,,,,,

agoos - Juni 6, 2012

wah mx ane itu buat cari duit boz… ngantor only… kurang asik main 4 tak…

Ayah AndRayy - Juli 5, 2012

beli part dimana dan pasang dibengkel mana bro agoos ? mhn infonya. thx..

agoos - Juli 5, 2012

haloo lam kenall… ane kmaren beli di “New gaya motor” otista raya…, klo pasangnya di ATC samping stasiun kalibata

195. uyud88 - Mei 16, 2012

ahhh mx gw ga neko2 ganti
kampas kopling tiger ame plat kopling karisma and rumah kopling di bor aj udah ngacir 125km/jam aj lm mntok gas

196. Akyn L'tryn Silverstrom - Juni 10, 2012

broe gua akyn dri aceh…
klo mx non kopling bisa ga pkek silinder vixion,,
blas pliss

197. Zhulay - Juni 14, 2012

Klo mslah cdi ngaruh gx bro. Cz cdi mx kn limiter’a kecil? Jd gmn tuh tarikan’a?

198. Jihad HolyWar - Juni 25, 2012

alamat bengkelnya jakarta dimananya ?
boleh nih bongkarin MX saya

199. joe - Juli 13, 2012

hidup mx..

200. Cikkii - Juli 15, 2012

permisi agan” semua..
mau nitip lapak jual blok ori vixion+seher nya..
PnP ke jupie mx..

kondisi 98% copotan vixion ane..
ada yg minat hub 085 729 444 477 atau id kaskus bebeg.bawell

201. adji - Juli 16, 2012

gan alamat rider B (bengkel) dmn ya gan>?jakarta sebelah mananya?

202. Al- Azhar - Juli 16, 2012

ubah injek k karbu sush g c
kira2 biaya na brp and pake krbu ukrn brp

203. abdul aziz - Agustus 7, 2012

gan agan mtor w jupi th 2008 waktu mx w udah ngasep alias block dan seher uda geoklak dan susah idup,
nah w bingung ni gan udah ngga punya duit buat beli block dll,
kan jupi harus ganti block,
eh ternyata setelah w telusuri mx bisa g gnti block tinggal di puring ja gan,dan hasil nya menajupkan gan sama dengan asli nya,
malah lebih siip,
tapi bagi yang punya duit si ganti ja ma block vixion

ni gan kecepatan motor ane
gigi 1 = 0 – 55 kpj
gigi 2 = 90 kpj
gigi 3 = 120 kpj
gigi 4 = 120-125 gigi 4 ny ngdrop gan uda minta gnti kanvas kopling,

w brani jabanin vixi dah,

204. tian - Agustus 16, 2012

mas gw mau nyari mesin mx ni soalnya mesin gw pecah abis balap liar dikota gw(bitung ,sulawesi utara)yang bisa bantu/jual mesin mx sekalian bor up sms dinmr aku aja 08991656021

mesin yang gw cari itu untuk drag race dikota gw minimal bisa kalahkan ninja bor up
sms / tylfn dinmr aku aja yahhh yang jual mesin……udah butuh ni

205. arief - Agustus 26, 2012

percuma lu pada ngomong panjang lebar . yg berjasa itu bensin . motor lu ga da bensin jg ga ada apa”.a ma mtb gw…

206. schaleem - Oktober 9, 2012

gue mau ganti pake mesin vixi nieh gan ..
ada yg mau jual ga?
mtor w mx 5 speed
08988117105
call gue klo ada yg mau jual ..

207. cah.ndesa - Oktober 11, 2012

Mas bro,ni Ÿαªa̲̅ªå ngomong2 soal upgrade mesin,tu mx ganti pake. Blok vixi bakal aman,apalgi kalo pas cek mesin dr polisi,lha wong model bloknya G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ beda jauh,temen gue mutasi dari jakarta ke jogja jg aman,padahal digesek dulu,pdhal klo motor2 yang udah ganti blok biasanya ada biaya tambahan sesuai ketentuan polisi,nambah lagi tu sesuai cc nya,tambah gede cc nya tambah muahal,untung kan kite biaya 135cc tp mesin 150cc.. Ngibulin polisi dikit gapapa dhueehh..

208. papahalya - November 15, 2012

bisa ngk ya jupiter mx di bubut atau ganti piston…………thanks

209. ilunk - Januari 26, 2013

terbukti mx ane ngalain fu full bore up.,.,
hahahaa anjink lu fu sok bgt.,.
td malem mnang drag ama fu d bangkalan madura
mx ane cm ganti blok v-xsion n cdi rektor aja noken ma kelep jg gnti seh.,hehehe

hidup mx

210. cahyo - Juni 5, 2013

. Gwe mw pesen paket tu gannn…
Bengkelnya dmna yahh??? Daerah surabaya

211. cahyo - Juni 5, 2013

. Gwe mw pesen paket tu gannn…
Bengkelnya dmna yahh??? Daerah surabaya
.

212. cahyo - Juni 5, 2013

. Gwe mw pesen paket tu gannn…
Bengkelnya dmna yahh??? Daerah surabaya
. Nupe yg bsa d hbungi donk…
Mx gue udh ngebul tpi msih halus seh, mw buat touring gan. Biar mantappppp….

213. reza kurnia wardhana - Juni 11, 2013

yang perlu di beli apa aja kalo ganti vixion??? kop n buring seisinya gak?

214. odiik - Agustus 29, 2013

gan mw nanyk
,klo ganti 1set blok vixon pkek di mx,
awet gx pkek harian,

215. Mahesa djenar - September 1, 2013

Bengkelnya di mana maz bro? Ane di area tangsel kira2 biayanya abiz brp thx

216. Ari - September 4, 2013

mau nanya nii, karna belum baca semua. mx yang sekarang edisi motogp bsa tidak dirubah peke blok vixon..??

217. H&R - September 15, 2013

bro mau tanya harga modif mx 2012 jadiin ayam jago brp y? tapi yang murah y… truz dari ayam jago pke fairing kayak ninja kena berapa y yang murah2 aja nih.. hehehehe…

218. bima - November 23, 2013

bos alamat bengkel nya di mana ni ane di jak sel.

219. fandi - April 15, 2014

ane baru pake ni…mx tahun 2007 naik cc 150 cc,,,eh kok mala ngadat2

220. wage - Mei 28, 2014

Bro, ad nmr hp yg bisa kita hbungi, soalny aku mo pesan blok, mtor aku jupiter mx 2007, jdi aku mo ganti bloknya jadi V-xion.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 168 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: