jump to navigation

Membersihkan Air dalam Tangki Oktober 9, 2007

Posted by ilham in Biker, Sharing, Tips.
trackback

3.jpgJika anda pemilik motor tipe sport/laki berhati-hatilah dengan tangkinya. Anda harus rajin-rajin menguras isinya jika tidak ingin diserang karat. Akibatnya bisa parah. Bisa bocor atau bahkan keropos.

Tujuan membersihkan sisa air dalam tangki agar mencegah masalah karat tersebut. Ini penting bukan saja agar tidak bocor, tapi juga agar kualitas BBM yang masuk ke ruang pengabutan tetap terjamin. Bayangkan saja jika BBM anda bercampur air. Bisa mengurangi performa hingga merusak mesin dalam jangka panjang. Jika tangki anda karatan, juga percuma membersihkan karbu. Sebab karat-karat segera menutupi lubang jarum karbu yang halus-halus. Efeknya sama, performa menurun dan mesin payah.

Penyebab tangki motor anda dihuni air terutama pada buruknya kualitas BBM yang tersedia di pasar. Seringkali BBM yang ada sudah bercampur kandungan air hingga beberapa persen sehingga makin lama-makin menumpuk. Bisa juga karena seal pada tutup tangki sudah jelek sehingga air bisa menyelinap masuk. Saat hujan deras atau pada saat anda cuci steam motor kesayangan.

5.jpgPosisi keran dan jalur pembuangan dalam tangki umumnya didesain bukan berada di permukaan paling bawah. Karena itu, air yang berat jenisnya lebih dari berat jenis minyak akan ngendap di dasar tangki. Air tersebut tidak terbuang jika anda hanya membuang sisa BBM dari saluran pembuangan. Juga tidak ikut terbakar ke mesin dari dari kran BBM. Karena itu anda butuh mengurasnya secara tuntas dan berhati-hati.

Beberapa bengkel biasanya menyarankan kuras tangki 3 bulan sekali. Mereka  juga bersedia melakukan layanan kuras isi tangki ini. Biasanya anda diminta datang pada hari-hari sepi, yakni selain hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Jika anda punya cukup banyak waktu, tentu bisa melakukannya sendiri. Namun berhati-hatilah sebab meskipun gampang, dalam tangki anda terdapat sensor dan pelampung  tangki yang sensitif. Jika tidak, bisa-bisa anda harus bekerja dua kali, membersihkan dan mengganti sensor. 

Sebelum praktik sediakan alat yang diperklukan.

6.jpg1) Baskom dan botol. Baskom yang cukup lebar agar cukup menampung bensin dan botol untuk sisa-sisa bensin terakhir.

2)  Selang kecil dan bening sepanjang 1-1,5 meter. Jika ukuran diameter selang terlalu besar, anda akan kesulitan menyedotnya. Begitu pula jika terlalu panjang. Pilih yang bening, jadi anda bisa memantau aliran bensin saat menyedot.

3) Kain berbahan dasar katun. Cari kain dengan ukuran cukup panjang agar bisa menjangkau dasar tangki dan mudah ditarik keluar. Pilih kain berbahan katun karena lebih menyerap bensin maupun air.

4) Pengait. Diperlukan pengait untuk mengail kain sewaktu-waktu kain anda tertelan tangki.

5) Tongkat kecil. Berguna mendorong kain lebih ke dasar tangki.

Pertama-tama, keluarkanlah isi tangki dari keran yang tersedia. Alirkan saja ke botol atau ke penampungan lain yang lebih besar seperti baskom. Posisi tangki masih di motor. setelah BBM berhenti mengucur, tutuplah kran dan lakukan tips berikutnya.

2.jpgKedua, masukkan selang dan lakukan penyedotan. Tangki tetap pada motor sementara anda berjongkok di samping motor. Sediakan botol untuk penampungan sisa bensin yang diasumsikan bercampur air. Posisi tangki lebih tinggi dari anda dan botol sehingga setelah bensin mulai terlihat mengalir, cepat-cepat anda meneruskan ke botol. Hati-hati jangan sampai anda meminum bensin sebab rasanya tidak enak :P.

Sambil mengalirkan bensin keluar, angkat ujung tangki sehingga bensin berkumpul di pangkal tangki dan berada di dasar terendah yang mudah dijangkau selang kecil.

Ketiga, angkat tangki dari motor. Tetap posisikan tangki tegak dengan ujung berada di atas. Jika anda merasa masih ada bensin dan air tersisa anda bisa memasukkan kain katun untuk menyerap. Kain katun akan mengangkat air dan bensin sekaligus. Biarkan beberapa lama agar penmyerapan maksimal. Gunakan tongkat kecil yang agak fleksibel, seperti yang berbahan bambu atau kawat untuk menekaan kain ke dasar tangki. Lakukan berulang-ulang hingga anda tidak mendengar bunyi cairan saat tangki diguncang.

4.jpgPada saat anda memasukkan kain ke tangki, kadang-kadang anda khilap sehingga seluruh kain  tertelan ke dalam tangki. Jangan panik, tinggal anda kail menggunakan kait yang sudah disediakan.

Setelah semua beres, masukkan kembali sisa bensin yang masih bagus ke tangki. Sementara sisa bensin yang kotor dan bercampur air, boleh anda buang.

Nah selamat mencoba.

About these ads

Komentar»

1. glbabi - Oktober 9, 2007

Beli kit coating tanki saja, bermanfaat tuh

2. NANDRA - Oktober 9, 2007

podium nih !!!

3. kebak angkoro - Oktober 9, 2007

gak kebayang tuh..susah ribet ya?

4. ilham - Oktober 9, 2007

Contoh kasus, tangki Mito. Penasaran gw sisain kira2 1,5 liter BBM. Gw kuras, ternyata airnya hampir separoh.. lihat gambar 1 di atas… Tp untungnya mito kyknya pake lapisan anti karat. Dalam keadaan gitu, ga ada tanda2 karat. Air & BBM-nya tetap bersih. Bandingkan dengan tangki FXR, dibaskom air/,minyaknya ampe item2…

5. ADHID - Oktober 9, 2007

wah klo gitu gw kudu rajin ngebersihin dong niy! coz dari pertama bli pe skrg blom pernah dikuras…dalemannya kyk apa ya?!

6. asikbae - Oktober 9, 2007

@adhid
waduh, tangki ente keknya isinya dah bukan aer lagi thu bro…janga2 ada ikannya thu..huehehehehe
eh dah bikin laporan ke juragan blm..??

7. Aries - Oktober 9, 2007

masih 10 besar nih..
baca dulu ah..

8. Lime Green - Oktober 9, 2007

@Bro Ilham
Posting ini cuma nyebutin motor laki. Kalau bebek gimana ya? perlu kuras ga?

9. japra - Oktober 9, 2007

gw pernah dapet info kalo keran RES berguna juga untuk membuat kandungan air yang ada dalam tangki, baik yang terbentuk karena proses kondensasi ato masuk enggak sengaja. caranya di buka aja selang yang ke karbu dan posisikan keran di RES.
dan juga sering-2 memposisikan keran di RES.
Gimana betul gak info yang gw dapet tsb.

10. bluezk - Oktober 9, 2007

10 besar

11. wesnoth - Oktober 9, 2007

wah bang, gila bener tuh, aer semua, hihihih
bisa diminum ga tuh bang, hahahahah

ribet banget ya ngurusin motor laki,

12. prihatin - Oktober 9, 2007

kalu ane waktu ntu make selang bening,suntikan bekas semprotan nyamuk,sama jerigen buat nampung bensin…pertama lepas tengki terus kuras tengki nah sisa bensin campur air itu disedot pake selang yang disambungkan ke suntikan,sentuhan akhir pake kain lap buat bersihin sisa bensin setelah itu baru deh dikasih penetrant anti karat ,diangin2in sampe bener2 kering pasang lagi deh ..beres
bobo lagi..

13. BengkelSepedamotor - Oktober 9, 2007

Terimakasih tipsnya buat nanti kalau pakai motor sport (sekarang masih bebek).

Memang untuk motor sport lebih rawan karena tempat berkumpulnya air (posisi paling rendah) adalah bagian tangki yang dilas, sehingg rawan karat. Untung bebek sambungan las biasanya ditengah (pinggang tangki).

Salam

14. cha - Oktober 9, 2007

mas ilham…FXR kayaknya tipis ya tankinya, udah dua kali bocor tapi pake las kuningan lumayan awet…sempet buat emergency pake bedak sama alteco…semoga yang lain rajin bersihin tanki biar gak bernasib kayak saya….hehehe

15. siwos - Oktober 9, 2007

Wah bagus juga nih tipsnya, walaupun gue telat dapetnya karena gue kemaren ngalamin tangki bocor di tengah jalan. Gak kebayang gimana paniknya, mana gak ada warung yg deket buat beli sabun nambel sementara.

16. Bajuri - Oktober 9, 2007

Emang bensin rasanya gak enak premium PAIIIIITTTTT, btw pertamax manis gak yah ?
gimana dengan shell & petronas ada yg pernah cicipin ?

17. mbelgedez - Oktober 9, 2007

Ada nyang kurang boss Ilham….

Salah satu penyebab terdapat air dalam tanki, selain nyang terjadi diatas adalah, seringnya tanki bengsin dalam kondisi kosong. (tentu soal dompet cekak)

Sayah sarankan, biasakan lah “maen diatas”.
Mangsudnya, biasakanlah tanki bengsin dalam kondisi selalu Full Tank. Jadi kalok kepake dikit, ya diisi dikit. Kepake banyak, ya diisi banyak,
Karena, tanki nyang kosong, saat malam hari dimana suhu udara relatif lebih dingin, mendorong terjadinya proses kondensasi didalam tanki, kemudian berubah menjadi butiran embun. Sedikit embun, tapi sering terjadi karena tanki sering kosong….
Jadilah tanki bengsin berair.
Sebenernya justru hal inilah nyang sering terjadi pada tanki bengsin….
Mangkanya, mulai sekarang rajin-rajin “maen diatas” yah… Lebih enaaaakkk…

Geeetooo, boss….

18. r1ez - Oktober 9, 2007

Boleh juga tuh tipsnya tapi ribet juga yak ?
Apalagi Tangki PULSAR gak bisa masukin tongkat kecil bahkan lidi sekalipun soalnya lubang tangkinya punya alur seperti pipa sampai ketinggian kira-kira 3cm dari dasar tangki bagian tengah.
Jadi gimana ngucek2 kain gak bisa pake tongkat dong.
Betul gak ? Yg punya pulsar ???

19. beduk_magrib_masih_lama_juga - Oktober 9, 2007

pake shell super pasti beres..

20. Busa_tio21 - Oktober 9, 2007

Buat pecegahan supaya di dalam tangki ngga ada kandungan airnya rajin2 aja pake PETROL TREATMENT, berfungsi sebagai pembersih jalur bahan bakar, meningkatkan tenaga, meminimalisir timbunan kerak dan melarutkan kandungan air supaya bisa terbakar.

Tapi inget ini bukan Octane Booster lho… Soal merk silahken pilih dan soal takarannya liat masing2 merk.

21. bagonk - Oktober 9, 2007

waaaww… godd info nih….

thx bro!

22. yponk - Oktober 10, 2007

Infonya bagus banget, salut.
Kl bebek gimana bos?

Jujur gw ga pernh ngecek tangki ada airnya atau nggak.

23. glbabi - Oktober 10, 2007

@ 17. mbelgedez: stujuuh, benul banget itu bro…

@ 18. r1ez: naaahhh bener kan susahh?? heheheee. mungkin mau coba alternatip lain sperti saya:

bensin kan racun apalagi yg masih pakai timah hitam, hii serem. jadi sedot bensinnya jangan pakai mulut, beli saja pompa plastik yg biasa dijual untuk sedot minyak tanah dari jerigen. banyak kok di toko2 plastik. nanti tinggal masukkan pipanya yg lurus ke bawah itu ke dalam tangki. masukkan sampai mentok, lantas pipa satunya lagi di arahkan ke jerigen penampung. tekan2 pompanya, habis itu bensin ngalir sendiri.

pompa pasti ndak bisa nguras semuanya, jadi usahakan sebanyak2nya terkuras. habis itu tangki disembur pakai hair dryer saja dari bawah supaya hangat sambil tutup tangki dibuka nanti kan air dan sisa bensin menguap semua. hati2 jangan pinjem hair dryer ibu/pacar/istri, bisa runyam urusannya. lebih baik beli sendiri.

24. h3ndr1kk - Oktober 10, 2007

Hati2 juga yang biasa isi bensin kelas pertamax atau lebih, bensin ini mengikat air karena sifatnya yang lebih dingin. ingat kasus shell waktu pertama muncul?

cmiiw

25. ranto' tiket rasa muleh - Oktober 10, 2007

23. glbabi

top info bro…

26. Fr34kz Kyo - Oktober 10, 2007

1. glbabi – Oktober 9, 2007

Beli kit coating tanki saja, bermanfaat tuh

Apaan tuh? semacam cat gitu ya?
itu beli dmana? makenya gmana???
thx

27. Aswin - Oktober 10, 2007

Bro Ilham, ada yg kurang. tadi di singgung waktu mengerjakan itu semua hati2 jangan sampai ke minum bensinya. Nah yg ini penting jangan sampai meledak gara2 deket dengan rokok yg sedang membara. klo udah meledak ga perlu nguras lagi. udah kering semuanya. hahaha…….puasa sedikit ke ria an ya biar ga bosan. peace Bro.

28. glbabi - Oktober 10, 2007

@ 26. Fr34kz Kyo : ya semacam cat tapi khusus untuk bagian dalam tangki BBM. kurang tau apa masih ada yg ngimpor atau ndak tapi coba saja cari di toko2 aksesori. Ada merek Kreem atau POR-15.

Kalau ndak ada itu saya sih pakai epoxy yg biasa dipakai buat cat dasar mobil/motor, cari jenis yg tahan bensin.

29. Fr34kz Kyo - Oktober 10, 2007

@28
pake epoxy bisa yah?
itu kan cat dasar yang warna ungu2 gitu?

anu……… sekarang ngecatnya gmana???
kan lobang tangkinya cuman segede itu?
bisa dikasih tutor gak? soale takut malah mendeg di bagian keran bensin…………
thx

30. prima - Oktober 10, 2007

kalo gue, selalu tangki usahakan Full. minimal setengah tangki.
di rumah, gue beli jerigen 40liter. Nah, diisiin bensin.
gue males antri di SBPU.
Asal sudah kurang setengah maka gue tinggal isi full pake pipa air yang agak tebal. yah, sedot aja pake mulut. usahakan pipa agak panjang agar tidak kemasukan di mulut.

31. ilham - Oktober 11, 2007

Bagi teman2 yg memakai pelapis tangki, bisa memperhatikan:
1) Usahakan tangki dilapis sebelum keropos :P. Paling bagus malah sebelum karat mulai timbul. jadi segera saja setelah beli.

2) Pakai epoxy atau sejenis lem lainnya, dbuat tipis aja. Pengalaman dengan teman2 yg make ketebelan tangkinya jadi berat bgt… Ini terutama patut dihindari bagi yg cinta kecepatan

32. wap - Oktober 13, 2007

.. lebih mudah nguras aquarium yak..
hwehe.. biasa pake cara seperti bro glbabi.. angetin di bagian bawahnya, sampe kira2 aer udah berubah jadi uap semua.

33. glbabi - Oktober 13, 2007

@ 29. Fr34kz Kyo : yah betul bro, kondangnya ‘epoxy filler’, bukan epoxy lem lhoh. kenapa pake epoxy karena bahan ini harus dicampur dgn katalis supaya bisa keras. setelah keras epoxy akan sangat stabil dan tahan zat kimia pelarut seperti thinner dan bensin (thinner masih lebih ganas daripada bensin).
untuk aplikasinya nda bisa pakai sprayer karena lubang tangkinya kan kecill. jadi kalau saya sih pertama2 tangki ditrondoli semuanya, termasuk kran bensin harus dicopot. habis itu bagian luar tangki ditutup sebisa mungkin (pakai koran dan selotip utk ngecat) supaya aman kalau kena epoxy yg belepotan.
selanjutnya epoxy diencerkan dengan thinner dan dicampur dgn katalis sesuai petunjuk pakai. campuran dengan thinnernya lebih baik agak encer sedikit. lantas dituang ke dalam tangki dan tangkinya dibolak-balik supaya epoxynya kena semua di bagian dalam tangki.
selesai dari situ sisa epoxy bisa dikeluarkan pakai pompa minyak tanah tadi dan tangki dibiarkan kering sehari semalam apa dua hari deh biar lebih afdol. baru keran bensin dan tutup tangki dipasang lagi seperti semula.

bener bro ilham, lebih baik dilakukan sebelum keroposnya muncul. sebab kalau sudah karatan sebenarnya itu besi sudah berubah struktur kimianya dan bisa menular.

34. ilham - Oktober 16, 2007

@ 14. cha – Oktober 9, 2007
Sebenarnya masih lebih tebel dari tangki tiger gw. Tp penyakit FXR justru kadang muncul dari seal tutup tankinya. Jadi bisa rembes… Waspadalah, waspadalah !!!

35. ronald - Oktober 17, 2007

Gw baca2 aja dah seneng deh..nambah2 ilmu sptw bisa jd mekaniknya rossi bis bc2 milis huahahhaha..kip rockin guys..

36. ronald - Oktober 17, 2007

haloooo semuaa…keren2 deh..hhhehee

37. blackMagic_aromatiQue - Oktober 17, 2007

#1. glbabi – Oktober 9, 2007
Beli kit coating tanki saja, bermanfaat tuh

om kit coating tanki tu apaan??
pngalaman nih, tigi gw br 2 bulan beli macet dijalan gara2 air dah masuk ke tanki lalu masuk ke karbu.

38. Fr34kz Kyo - Oktober 18, 2007

Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
MMMMMMMMMmmmmmmmmmMMMMMM……..
Ilmu yang bermanfaat.
thx to glbabi and mas ilham. mungkin nanti saya praktekan klo dah ada duid. huahuahuahua…..

*lagi bokek……

39. glbabi - Oktober 18, 2007

@ 37. blackMagic_aromatiQue : coating fungsinya mencegah karat saja masbro, bukan mencegah air masuk ke tangki. kalau air masuk itu bisa jadi karena karet2 seal di tutup tangkinya kurang bagus.

40. cumi - Oktober 18, 2007

boleh ngrokok gak!!!!!!

41. HTML475 - Oktober 22, 2007

Sedikit Tips
Kalo saat hijan & motor sedang diparkir ditempat terbuka
usahakan tutup bagian penutup tangki bensin dengan bahan water proof seperti plastik kresek
lumayan sedikit mencegah air masuk ke tengki

42. ten_zulu - Oktober 24, 2007

waduh ….

bener tuh pulsar ada alur nya – di mulut lubang aga susah
tapi patut di coba neh

sip ni artikel
lanjut

43. Death dee - November 1, 2007

@8. Lime Green
nah lo dari tadi belom ada yg jawab?gimana bro ilham, soale gw jg lom mampu beli motor laki neh, jadi masih pake itik.
untuk yang lain sharing dong untuk yg itik gmn, khan susah nyopot tangkinya (maksude lebih ribet)
please pencerahannnya yah

thanks b4

44. wahyu - November 5, 2007

kalo nyopot tangki scorpio gmn ya?, soalnya dah aku tarik2 keatas koq gak lepas2 ya, thx

45. Taufik - November 23, 2007

Dear All,
Saya mau nanya nih , keran res tangki motor saya kayaknya gak fungsi, sebab sewaktu lagi jalan kirain bensin udah “res” begitu saya putar keran ke posisi res gak lama motor mati. Ternyata tangki udah kosong, kira-kira yang rusak apanya ya…..?

46. wan - Maret 9, 2008

aloo.. sya mau tanya apakah ujian balag test (JAR TEST). selain itu sy nak lihat contoh2 5 tangki pemendapan mcm tangki aliran mendatar, jejari, menaik, pilin dan DAF.
n last mcm mana proses@ dalam rawatan air kumbahan

47. Fendy - November 19, 2008

Salam knal brow,
w mau tnya,tangki tiger w bolong kiri kanan,gara2 krat,kira2 bgus’a diapain ya,biar lbh rapih aja kliatan’a..
Truz brapa Duit ya kira2 ngecet tangki,
klo beli baru kira2 brapaan ya.

zadrull - November 26, 2009

gua beli baru 500 tapi cuma tanky doang gk dapet kran n tutup……

48. - - Desember 2, 2008

SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265

49. - - Desember 2, 2008

SEDOT WC SEDOT AIR KOTOR SEDOT AIR LIMBAH No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265

50. - - Desember 2, 2008

SEDOT WC SEDOT AIR KOTOR SEDOT AIR LIMBAH No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC SEDOT AIR KOTOR SEDOT AIR LIMBAH No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265; SEDOT WC No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265

51. edhu... - Februari 12, 2009

wahh…..thx bgt infonya…beruna bgt bwat gw, soale fxr gw uda bolong disana sini gara2 tutup tangki nya rada cekah sedikit..trus waktu gw bongkar karat uda dmn mana…kasi tau dunk perwatan lebih lanjut bwat tangki gw,ampe skrg blom dipake – pake tu motor…thx

52. edhu... - Februari 12, 2009

klo ada yg tau harga tutup tangki fxr…kasi tau dunk…thx yaq..

53. edhu... - Februari 12, 2009

klo ada yg tau harga tutup tangki fxr,brp?dan dmn (daerah bdg)??…kasi tau dunk…thx yaq..

54. dio - September 21, 2009

bener bgt bro,nih pengalaman gw.pas lebaran jam 10.30 gw jalan sampe lampu merah ragunan pas lagi mact,,,,,,untung ada tetanga kiri yag bilangin gw,pas gw cek,,,ya ampyun ngocor tu bensin dari tangki.bukan rembes,,,ga ada bemgkel buka la pas lebaran..warung jg pd tutup wat beli sabun,,,padahal da necis bgt pake baju lebara baru,gobyos tuh kerigat gw ampe rembes ke baju.lumayan tuntun mtr 100m,pas ada begkel tambel ban deket hatle busway,untung nya tu bengkel punya lem yang puti ama yang item di camour ga tau tu mereknya apa…..alhasil kuras tangki,copot ama gelem tu tangki ampe jam 2 siang baru kering,,,,kebayang ga sih luh lebaran di pingir jalan ama si lay tukang tambel,,,,,,,/////?????????????gara2 tuh tangki??????????

55. cain1987 - Januari 2, 2014

dimana bisa dapatkan epoxy filler ya? terus biasanya nie cairan warna apa ya? takut salah… bantu dunk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 173 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: