jump to navigation

Support

Posting ke-100, Dukung KafeMotor Yuk!

Jauh di luar sana, di rimba dunia maya yang tanpa batas, banyak blogger yang lebih berilmu dan blog yang lebih memberi manfaat. KafeMotor hanya lebih beruntung memperoleh sentuhan cinta banyak bikers yang peduli pada dunianya…

Sampai di mana kita?

Ini posting ke-100 di KafeMotor. Setidaknya demikian menurut catatan WordPress (WP), salah satu penyedia layanan blog terpopuler saat ini. Jika anda membandingkan dengan yang tercatat dalam arsip mungkin akan kurang 2-3 tulisan. Itu karena ada beberapa posting yang memang sudah dihapus. Antara lain posting default WP, very-very “late” breaking news (tentang crash Garuda di Jogja yang menyebabkan pendiri Yayasan tempat saya bekerja meninggal), atau surat terbuka anti spammer.

Apa yang telah dihasilkan dengan 100 posting tersebut hingga hari ini (Mei 24, 2007)? With all respect…

  1. Peringkat 1 dalam Blog of the Day seksi BOTD Bahasa Indonesia alias 1st top 100 dalam klasmen blog WordPress selama 4 bulan terakhir secara berturut-turut. Bisa anda chek setiap harinya di http://botd.wordpress.com/?lang=id
  2. Peringkat 50 besar dalam Blog of the Day seksi BOTD International alias klasmen top 100 blog WP. Dari hampir 1 juta blog WP di seluruh dunia, mungkin inilah satu-satunya wakil anda. KafeMotor mulai merintisnya sejak masuk 100 besar, 90 besar, 80 besar hingga merangkak masukke 50 besar minggu ini. Tepatnya peringkat terakhir di posisi 44 BOTD. Peringkat terakhir ada di sini: http://botd.wordpress.com/2007/05/24/top-blogs-394/ dan top blogs search untuk semua BOTD KafeMotor ada di sini: http://blogsearch.google.com/blogsearch?hl=en&scoring=d&q=link:http://kafemotor.wordpress.com/&ie=utf-8&num=10&output=rss&partner=wordpress
  3. Trend menunjukkan bahwa dalam 3 bulan terakhir kunjungan rata-rata (ratehits) per weekdays adalah > 5000, sementara per weekends > 2000. Jika anda bisa mengintip statistik blog ini, kunjungan terakhir kemarin > 8000 and counting.

Kekuatan Biker di dunia maya!

Tak terasa dalam 5 bulan ini anda bisa baca-baca dan kasi-kasi komen dengan bebas di sini. Sebagian besar dari apa yang saya pikirkan, alami, dan praktekkan. Sebagian yang lain, sumbangan gambar dan tulisan dari para kontributor, seperti bro TekekMeong, Azizdh, Girifumi (a.k.a Predator), Winarso, Egomaniac, Ducatimonster, Bayu FU150, Rahmat, dst. Kredit juga diberikan untuk teman-teman yang sempat mengirimkan naskah tulisan yang lain, baik itu sempat diposting ataupun belum.

Kesulitan terbesar sebuah tulisan adalah sumber yang memadai dan akurat. Terkadang saya harus melakukan “surfing” ber jam-jam untuk mencari data dan analisis pembanding. Juga beli buku, tapi masih jarang. Saya juga berdiskusi dengan kontak-kontak yang saya kenal untuk pendalaman atau sekadar cross-checking. Tidak selalu dapat yang terbaik memang, tapi anda tetap bisa membaca “hidangan”nya untuk didiskusikan. Sesederhana apa pun itu.

Blog ini menerima cukup banyak komentar panjang di forum, dan 2-3 japri via email sehari. Itu sangat membantu menambah data dan mempertajam analisis. Tapi saya butuh lebih banyak lagi informasi yang anda ketahui untuk jadi bahan mentah siap olah. Saya tentu akan tetap menjaga kerahasiaan sumber sepanjang itu diinginkan atau sesuai kepantasan. Jadi jangan sungkan. Kekurangan blog dan email di mana anda bersifat anonim adalah kelebihannya. Anda bisa mengirim informasi dan dimuat tanpa harus menyebut identitas yang sebenarnya. Tapi sebaiknya anda tetap menulis usia, jenis kelamin, lokasi tinggal, dan pekerjaan karena itu penting bagi database KafeMotor. Mari saling bantu.

Anda seperti juga saya harus yakin bahwa internet memiliki kekuatannya sendiri sebagai sumber informasi dan perubahan. Pasti anda lebih tahu bahwa desakan publik bisa mengubah sebuah kebijakan politik tertentu. Memang prosesnya rumit dan banyak variable yang saling berinteraksi. Namun semuanya tidak akan terjadi tanpa kita terus menyuarakan suara bikers yang kritis. Minimal anda bisa menggunakan forum-forum tersedia untuk mencari solusi atau mengutarakan pendapat tentang suatu persoalan.

Mau Ke Mana Kita?

Selama beberapa hari terakhir saya berpikir keras mengenai ke mana arah KafeMotor setelah posting ke-100 ini. Saya sudah memperoleh jawabannya. Kafemotor tetap akan menjadi blog. Setidaknya dia akan eksis demikian. Menyediakan artikel berita, kolom opini, forum diskusi dan seterusnya. Saya hanya akan melakukan modifikasi sedikit.

Setiap bulannya akan ada tema khusus yang dimuat secara intensif atau serial. Bagi saya ini lebih menyenangkan karena bisa fokus meriset satu tema tertentu. Bagi anda pembaca akan memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang tema terpilih. Katakanlah sekitar 50% posting tentang tema bulan ini, 50% sisanya adalah menu-menu hot yang berisikan berita otomotif terbaru dan tema-tema pendamping.

Apakah KafeMotor dibayar untuk ini?

Belum. Setidaknya hingga kini masih belum beruntung :D. KafeMotor adalah blog gratisan yang pada hakikatnya milik pribadi. Sudah saya terangkan di FAQ. Segala hal yang ada di sini adalah tanggungjawab pribadi saya. Dan seperti yang saya sebutkan tadi, sebagian besar aktivitas mengelola dan mengisinya saya lakukan sendiri. Saya sendiri sudah berusaha mencari tahu apakah mungkin sebagai blog, KafeMotor bisa memasang iklan untuk dukungan finansial bagi pengembangan dan pengelolaan ke depan. Nyatanya “tidak bisa” (dalam tanda kutip). Tidak dimungkinkan dalam sistem WP dan tidak dibolehkan menurut Term of Service (TOS). Namun, tetap ada 2 alternatif jika KafeMotor tetap ingin jadi blog yang bisa memberi makan dirinya sendiri, meskipun cukup “sulit”:

  1. Berhubung WordPress.com (WP) tidak mengizinkan adanya iklan komersil termasuk adsense Google, maka saya harus menarik KafeMotor keluar dari WP untuk kepentingan itu. Lalu saya menyewa hosting lain dengan alternatif mengubah nama domain. Ini pilihan yang bagus, tapi saya masih sayang jika KafeMotor harus keluar dari komunitas WP yang berkembang sangat pesat. Bahasa kasarnya “Kalau KafeMotor out, siapa wakil kita di sana?”–Narsis mode on :P
  2. Sebenarnya WordPress tetap memungkinkan adanya berbagai fasilitas tambahan yang memungkinkan banyak hal termasuk menyelesaikan soal di atas. WordPress memiliki program VIP hosting untuk blog-blog yang memiliki kualifikasi “istimewa”. Namun rupanya bukan hal gampang. Yang paling sulit diwujudkan adalah karena VIP blog harus merogoh kocek $ US 600 untuk setup dan 300 untuk running (dibayar setiap bulan dengan dollar). Dollar boo, dollar!!!. Tentu alternatif ini lebih tidak mungkin bagi KafeMotor yang pengelolanya hanya berstatus karyawan kontrak. Hehehehehe :D

Apa yang bisa anda lakukan?

Banyak, di antaranya:

  1. Setialah mengunjungi KafeMotor dan beri komen sebebas-bebasnya dengan tetap memperhatikan Rambu dan FAQ.
  2. Beri masukan dan kritik di Surat Pembaca.
  3. Kirimkan data-data yang akurat dan memadai seputar otomotif via email ke KafeMotor@yahoomail.com.
  4. Bagi yang punya dana lebih, silahkan donasikan sedikit bantuan anda bagi riset-riset yang dilakukan KafeMotor demi tetap eksisnya kampanye publik “Suara Bikers” di sini.

Donasi bisa dikirim ke no rekening 127 00 0427274 4 Bank Mandiri Cabang Fatmawati Jakarta Selatan, a.n. Muhammad Ilham. Untuk rencana detil kerja dan mekanisme pertanggung jawaban dst., akan diatur khusus dan disampaikan pula melalui japri ke anda yang jadi donatur. Wah, kayak mau diaudit aja. Kekekekeke….

Terima kasih atas segala partisipasi brothers semua, para blogger, kontributor, dan komentator sehingga KafeMotor bisa berkembang seperti sekarang.

 

Salam,
Brotherhood without boundaries

KafeMotor

PS.

 

Komentar

1. tentang KafeMotor « remCakram - Juni 14, 2010

[...] sumber gambar : kafemotor [...]


Sorry comments are closed for this entry

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 173 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: