jump to navigation

Aprilia RS125, Cuba Yuuuuuk Desember 29, 2006

Posted by ilham in Sportbike, Test Ride.
trackback

aprilia-gw-wp.jpg

Merek ini bukan nama biasa di dunia motor sport. Pemegang berkali-kali juara dunia GP 125 dan 250, termasuk pada tahun ini. Beberapa nama besar di ajang balap Moto GP pernah pula juara bersama pabrikan ini seperti dua italiano: Valentino Rossi dan Loris Capirosi. Jadi tak perlu panjang lebar soal reputasi bukan.

Nah bagaimana rasa mengendarai replika RS 125 di jalan raya? Kebetulan saya sempat menebus RS 125 biru beberapa waktu lalu. Sebelumnya saya juga sudah memiliki RS 125 kuning. Hanya saja yg terakhir ini tidak pernah saya kendarai karena memang kepentingan pembeliannya untuk modifikasi bodi dengan menganggurkan mesinnya. Barulah si Biru yang benar-benar bisa sy nikmati.

Meskipun hanya mengusung mesin dengan volume 125cc, namun banyak yang memasukkan motor ini ke dalam kategori moge, minimal sebuah minimoge. Tenaga, kecepatan, dan juga ukuran bodinya jauh di atas motor-motor produksi pabrikan Jepang sekelas seperti Ninja KRR 150, Suzuki FXR 150, NSR RR 150. Rata-rata motor Jepang tadi memiliki volume yang lebih besar, namun tenaganya masih dibawa motor-motor Italia dengan cc 125 seperti Cagiva Mito atau Aprilia RS 125 ini. Untuk informasi teknisnya anda bisa membacanya lebih jauh di http://www.bikez.com/motorcycles/aprilia_rs_125_2000.php

Kesan saya mengenai motor ini tak jauh beda dengan penilaian banyak orang di Eropa maupun Asia pada umumnya. Pertama-tama, menyangkut kenyamanan. Tak banyak motorsport yang nyaman dikendarai. Umumnya motor-motor turing menempati posisi pertama, motorsport agak belakangan. Namun demikian dibanding motor-motorsport cc kecil di kelasnya sekalipun, kenyamanan RS 125 masih kalah jauh dari rekannya motor-motorsport Jepang. Hal ini terutama karena motorsport Italia dimaksudkan sebagai replika motor balap GP sehingga posisi duduk, stang, maupun pijakan kaki benar-benar kurang lebih sama dengan versi balapnya. Tempat duduk dan pijakan pengendara agak jauh kebelakang dan stang jepit yang lebar namun pendek. Kebayang kan postur orang Asia akan tertekuk dan merenggang di atas kendaraannya. Singkatnya, kurang nyaman bukan?

Tapi ketidaknyamanan ini ada juga gunanya pada sisi pengendalian, meskipun bukan tanpa masalah. Riding position yang seperti telungkup di atas motor memberi efek gravitasi yang bagus karena center of gravity motor dan pengendara keseluruhan makin dekat ke tengah dan juga makin rendah dari permukaan tanah. Efeknya, pengendalian motor akan sangat bagus baik pada jalan lurus maupun pada saat menikung. Anda tidak akan gampang kehilangan titik menikung, juga lebih gampang bermanuver di jalur lurus. Belum lagi fairing yang besar akan menjaga hambatan angin (drag) tetap minimal. Sebagai catatan, menggunakan motor ini perlu sedikit penyesuaian. Tidak mudah mengendalikan motor dengan tenaga, postur, dan posisi duduk seperti ini. Bukan tidak mungkin motor ini terasa lebih liar dan menyebabkan rasa pegal, baik di pinggang maupun di tangan. Apalagi ia didesain untuk kecepatan tinggi sehingga membawanya di kecepatan rendah akan cukup menyiksa. Hindari jalan macet yang menyebabkan motor harus bermanuver dalam kecepatan lambat sebab motor akan serasa sangat berat dalam kondisi demikian.

Tampilan motor ini merupakan salah satu daya tarik, terutama bila terlihat dari samping dan belakang. Motor-motor Italia mempertahankan buntut tawon, dan bodi yang airodinamis. Deltabox dan swing arm dibentuk berdasarkan cita rasa seni yang bagus. Body, termasuk tangki, jok dua tingkat, bodi belakang dan fairing tinggal menyesuaikan. Semuanya dengan jalur air-udara yang memukau. Sedikit yang mengganjal adalah lampu double headlamp yang menurut saya sedikit agak kecil dan kurang proporsional. Apalagi modelnya yang asimetris terlihat seperti cacat bawaan. Belum lagi fairing yang apabila dilihat dari depan, dimensinya tampak terlalu besar bukan? Mungkin perlu sedikit diperkecil di bagian winshield. Untunglah, untuk versi tahun 2006 fairing dan lampu depannya ini sudah dibuat ulang sehingga terlihat lebih sporty. Begitupula bodi (diluar sasis dan kaki-kaki) secara keseluruhan mengalami revisi yang revolusioner.

Kelengkapan yang ditawarkan lumayan bagus di kelasnya, meskipun belum maksimal. Upsidedown Marzocchi cakep dan proporsional. Namun sedikit disayangkan karena tak ada tingkat penyetelan. Untunglah untuk swing arm, sok Sachs-nya memiliki tingkat penyetelan kekerasan/rebound. Prangkat-prangkat lain semua mencukupi, seperti mesin dengan pendingin air tangki anti karat, dan sistem knockdown yang mudah untuk perawatan. Motor ini sangat mudah di rawat dan kokoh karena basis sesungguhnya hanyalah deltabox besar dengan bobot sekitar hampir 10 kg.

Untuk kecepatan, dalam keadaan derestricted, 190 km/jam bukan hal sulit. Namun bagi motor saya, menyentuh 150 sudah cukup. Lagi pula enaknya kecepatan 100km/jam bukan hal yang sulit didapat dan pada kecepatan 150km/jam sama sekali tak membuat motor jadi liar.

Come and give a try!!!!

Komentar»

1. sandi - Januari 15, 2007

tapi spare partnya susah dicari didaerah.klo adapun hargany selangit

2. cKy - Januari 23, 2007

wah motor italy jangan dibandingin ama motor thailand duooongsss…

3. INdra - Maret 16, 2007

kira2 berapa harganya yah bro ilham? =}

4. fajar - Maret 31, 2007

sekn yg surat lgkp brp???? truz susah nggak prwtannnya???

5. ilham - April 20, 2007

seken maen di 35-40 taon 2000-2005

6. Chris - April 23, 2007

kalo harga baru aprilia 125 n mito kira2 berapa bung ilham. trima kasih.

7. ilham - April 23, 2007

Bru ya 54-57 jt. tp udah ga dijual lagi sih…

8. Girifumi - April 23, 2007

rite..motor eropa jangan dibandingkan dengan motor asia tenggara.jauh…

9. japra - Juli 16, 2007

udah bosen belom ama si biru? kalo mau di lepas bisa sms ke 021-70229466

10. nathan - Juli 16, 2007

kang ilham ni mtr yg dicritain kmrn ye…????

11. aris - Juli 19, 2007

maen ke batam aja kt4 gwa..
banyak banget tu aprilia 125-250 yang jadi barang rongsokan,kebetulan di rumah ada 2 biji tuh..

12. nathan - Juli 26, 2007

@11…bodong…???

13. asikbae - Juli 26, 2007

@11
boleh tuh kirim kemari, gimana..??

14. nathan - Juli 28, 2007

yoi nampung koq garasi msh muat….hehe…klo ad cbr yah….tp jgn yg 150….

15. iceman - Agustus 1, 2007

howdy testers!

16. in_dr487 - Agustus 14, 2007

sebelumnya salam kenal buat semuanya…..
aq mau nanya nih….
kira2 dimana ya cari spare part buat aprilia rs125 ?

17. glbabi - Agustus 14, 2007

15HP max?
120kpj max??

itu spec di link yg dikasih gak salah???
Lha Kawasaki AR125 keluaran 1984 saja bisa 150kpj

18. muke gile - Agustus 20, 2007

kalo gak salah delaer Aprilia di Fatmawati uda tutup? Apakah ada diler Aprlia di jkt yg masih buka? Pengin sih beli, yg item kuning, mayan sangar hehehe.

19. Awam - Agustus 20, 2007

Mau nanya, apa ada dealer yg jual di jkt? boleh dong no tlpnya n alamatnya. Kl ngak salah tampilan yg versi 2007 Aprilia RS makin aerodinamis dengan lekukan2 yg tajam n lampunya uda ngak bulet lg.

Kl ngak salah tahun 2005 RS 125 harganya otr 62 jt, yg 250 Rp 102 jt. Dulu dealernya bener pernah ada di fatmawati, tp sekarang kemana yah…..

Gw masih awam mtr, untuk tenaga ama ninja RR gmana bro? Kecepatan maksimum RS 125 brp? Thx

20. irfan - September 1, 2007

kalo baca ditabloid kluaran 2001 kcepetannya 160 km/h tenaganya 36dk

21. asu - September 1, 2007

1

22. yankwiedz - September 23, 2007

allowz semua’a aq mau ngasih tahu kalo di bogor ada racing team baru “The BMS Bogor” nama’a, registrasi anggota baru hub:086594544997 oya q-ta juga memiliki bengkel modifikasi lho!

23. hanhan - September 23, 2007

@yankwiedz
oiy mas tmpatnya didaerah mana ya?BMS kpnjgn dr pa?

24. sabil - Oktober 10, 2007

menurut gua motornya bagus tapi kayaknya lebih bagus kalo motornya distempel stiker kayak moto gp

25. Suwandi_bagas - Oktober 10, 2007

menurut aku sih lebih baik motornya di kasihkan ke aku kalo ngga di buang ajahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

26. iqbal - Oktober 25, 2007

motornya keren abis bro this your style………..

27. billy - Oktober 25, 2007

bro motornya dijual nggak……..
gw mo beli 1 di bungkus yach yg rapi yyyyyyyyyyyy……………..

28. anto - Oktober 25, 2007

Wah..ini memang motor replikanya motor balap Aprillia…uuueenaakkk tenan

29. fachri - November 26, 2007

bro ada yang tau ga dimana kita bisa mesan aprillia yang baru buat saat ini…thanks b4

30. indra gunawan - Desember 21, 2007

gue punya rs 125 tahun 2001 dan 2002 bpkb.
tolong dong info dimana cari spare partnya.
thank alot

31. Mr_KinG - Januari 9, 2008

klu mau spare part kayaknya harus cari disingapore masalahnya diindonesia udah g’ ad lg ATPM nya. alamatnya nya klu g’ salah di :

Mah Pte
1179 serangoon road
singapore

aq udah coba pesan gear kemarin komplit sama ranteinya. . .
melalui teman dibatam,, harganya kena 3,5 jt.

sekalian aq mau nanya kira2 harga segitu wajar g’sih ?

32. ndilalah - April 10, 2008

Nyang model baru berape bro biar nyampe indnesia? lewat IU ya? klo yang seken kira2 dah ada lum? brape? =serius=

33. yoga - April 30, 2008

mau tau ngedapetin aprillia RS 125 lengkap surat dimana yach??? tolong dong di daerah sini banyak yang nyari.

34. mirudd - Agustus 16, 2008

ada yg mo jokul seken kah? thxb4 sob

35. indr487 - Februari 10, 2010

dijual aprila rs125 warna hitam
orisinil, tahun 2003..
BPKB, STNK lngkap
harga nego..
lokasi pekanbaru..
pajak hidup, stnk bru diperpanjang..
bgi yang berminat serius,,
hubungi :
indra (08127588900)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: