jump to navigation

Cita Rasa Balap Cagiva Mito Januari 7, 2007

Posted by ilham in Sportbike, Test Ride.
trackback

Mito by Rudi Triatmono

Inilah salah satu edisi Evoluzione II Cagiva Mito lansiran 2005. Seperti Aprilia RS 125 yang sama-sama produk Italia, Mito juga menyandang mesin 125cc 2 tak. Setidaknya hingga tahun 2006 sebelum digantikan dengan Mito 2007 bermesin 500cc 4 tak.

Yang patut dikagumi dari Italian bike ini adalah desainnya yang manis. Jika anda penggemar Ducati, anda pasti melihat kemiripan antara Mito dan Ducati Monoposito 916 yang sangat legendaris. Tak heran karena memang desainernya sama, Massimo Tamburini. Pada saat itu pula Cagiva dan Ducati masih satu atap. Tidak salah jika para bikers menyebut Mito sebagai Baby Ducati.

Eksekusi desain Mito juga rapi jali. Oli samping dan air radiator terletak di bawah tangki bensin. Sedikit beda dengan Aprilia RS 125 yang di kiri kanan fairing sehingga boleh dibilang fairing motor ini sangat rapat. Tak ada celah sedikit pun.

Dari sisi tenaga mesin, lumayanlah. Layaknya RS 125, Mito sangat garang di gigi 3 ke atas. “Baru kerasa nih Italian bike-nya,” kata bro rudy, pemilik motor pada pic di atas. Terasa ada hentakan di atas RPM 6.000. Kawan saya ini biasa membandingkannya dengan Satria FU150cc atau RS 250 miliknya, jadi tahu benar bagaimana rasanya.

Kelebihan lain adalah pada distribusi tempratur mesin. Suhu mesinnya lumayan kompromi dibandingkan Aprilia RS 125. Sebagai informasi, suhu ideal motor-motorsport ada di antara 70-80 derajat. Jika menyentuh angka 100 derajat, bersiaplah untuk berhenti. Atau, cari jalur yang sepi sehingga bisa memacunya dengan baik dan pendinginan radiator bisa maksimal.

Konsumsi bahan bakar Mito juga lumayan baik. Untuk pemakaian luar kota seperti Bandung-Jakarta hanya minum 7 liter-an Pertamax. KatakanlahJakarta-Bandung 150 km dari rumah, silahkan hitung sendiri konsumsi BBM-nya. Untuk dalam kota, sangat relatif, tapi tak jauh beda dengan Ninja KRR seangkatannya.

Secara umum pengendalian Mito dan RS 125 sama saja. Gaya supersport ringan yang enak dipakai pada kecepatan tinggi dan berat di kecepatan rendah. Hanya saja Mito sedikit lebih lincah meliuk-liuk. Mungkin karena bobotnya yang lebih ringan dan dimensinya yang sedikit lebih langsing.

Kekurangan Mito tampaknya hanya pada segi kelistrikan. Seperti keluhan banyak orang, akinya sangat gampang soak. Memakainya sehari-hari tidak cukup. Beberapa pemilik biasanya menyediakan charger di rumah yang sewaktu-waktu dipakai. Tapi jika tiba-tiba ditengah jalan stater elektrik motor ini ngadat karena aki soak, cukup dorong pelan saja dan mesin segera menyala. Sangat ringan dan gampang dinyalakan. Ya kurang lebih sama gampangnya dengan menyalakan motor balap 2 tak lainnya.

Last but not least, komplain yang hingga kini tak teratasi cuma soal gigi netral yang sulit ketika motor idle. “Yang gue sebel … nggak bisa dibikin netral kalo udah jalan.. Jadi di lampu merah siap-siap aja pegang terus tuh kopling.. Gue tanya dgn bikers pemilik mito yang lain, jawabnya emang gitu. Karena tuh motor dirancang untuk balap!

Wah motor balap nih?😀

PS: Punya online buddy memang menyenangkan. Bisa share dan diskusi nyante-nyante serius. Apalagi punya minat yang sama. Salah satu di antaranya penggemar motor cepat yang koleksinya yang terbaru di atas. So, inilah laporan dari test ride dan foto Rudy Triatmono, the owner.

Komentar»

1. Yulianus - Februari 16, 2007

Suara stater otomatisnya serem man……
Gua pengen juga nih punya motor ini, aprilia juga ok
Riding positionnya ga nyaman….
tapi model keren abis kayak ducati 916
top dah…

2. ilham - Februari 16, 2007

Bener, suaranya terasa aneh. Kyk ada masalah di mesin, kyk mesin ngadat, kyk mau rontok….? Apapun itu, keren!

3. Rudi Triatmono - Maret 22, 2007

Pasang Polini Kit plus Arrow Exhaust.. mito bakalan lebih greeengg….

4. ilham - Maret 22, 2007

JIakakakakaka… yg punya mito muncul jg nih di sini… Dengan Polini Kit kira2 udah bisa ngejar RS 250 loe ga bro?

5. Rudi Triatmono - Maret 22, 2007

belum lah… Polini Kit 165 + Arrow exhaust nggak bisa ngeraih 78HP.. modif mito yang paling extrem dipakai Om Rob di mito mondo.. pake engine NSR500 2 tak…
Anyway.. untuk jakarta yang macet.. mito lumayanlah.. tapi untuk track padat lancar.. keliatannya yang juara.. Italjet Dragster 180LC… 180cc 2 tak….. (imy dream skutik.. belum deal lagi…)

6. ilham - Maret 23, 2007

Hehehehe…met berburu lagi om… btw kalo dpt info barang bagus dan harga bagus… jgn lupa ngabari ya bro

7. Indra - Maret 26, 2007

Bro ilham,Ada kenalan di medan yang ngejual Moge2 lightweight,truz klo mo nyare moge2 lightweight dimana?
Thanx

8. grafillusion - Maret 26, 2007

wahhh mito keren bgt include bodynya juga…..ni motor pasti kuennceng
yahh sayang cuman mimpi ….tapi pake ninja gua rasa udah cukup
( maklum ga punya duit buat beli mito)

tapi emang motor satu ini legenda dan salah satu impian gue hehehehe

9. fajar - Maret 31, 2007

wah krn sekennya (surat lgkp) brp ya??? susah nggak prawatannya??? mahal nggak ondesrdil na

10. r_triatmono - April 9, 2007

@fajar..
second.. thn 2000 keatas rata-rata diatas 30 jeti…
tergantung kondisi dan negosiasi.. oh iya.. itu surat lengkap (nggak bodong). perawatan yah standard 2 tak lah.. kalo orderdil.. kudu punya network… jadi kalo bisa saling membantu…
ATPM nya bakalan buka lagi seh.. dan akan memasukkan model x2 cagiva… selama ini yah.. kudu parts kudu nyari di LN..

11. budi"ays" - Mei 4, 2007

wow..lebih mantap lagi klo eventny untuk balap.Biar seru man dunia otomotif indonesia,sssssiiiiiiiiippppppp……..

12. cagiva_cagivaweeeks - Mei 10, 2007

ni motor klo service musti gw service dimana? emang ada bengkel khusus ato spesialis cagiva..?

13. Donnie - Mei 11, 2007

Bengkel khusus Cagiva ada di PT. Emvi Agusta Indonesia Jl. Hasyim Ashari No.1A. Posisinya persis di belakang Duta Merlin / Samping Distributor Motul.

Dari sisi mesin 2tak, Mito mesinnya masih similar dengan motor sekelas Ninja dan NSR, jadi mekanik bengkel manapun mestinya dah langsung ngerti kalo melihat mesin Mito.
Gue sendiri mempercayakan Mito gue dipegang oleh bengkel langganan gue yang dulu pegang Ninja RR gue.

14. ducatimonster - Mei 29, 2007

I LOVE MY MITO !!!

POKOK NYA MITO PALING HEBAT !!! GW CINTA SAMA MITO GW !!!
AYO NINJA RR, NSR SP, CBR, KODOK, KAMBING, SAPI, NGADU SAMA MITO HEHEHE !!!

ulasan tentang mito …

http://ducatimonster.wordpress.com/2007/05/24/cagiva-mito-125-motor-sports-sejati/

15. Gerry - Oktober 26, 2007

kalo mito standar diadu ma ninja RR standar racing menang mana y bro?????

16. booz_oil - November 6, 2007

@15
kalo untuk di jalan raya…KRR menang dari mito.karena ninja di desain khusus jalan raya.berbeda dengan mito yang di desain khusus sirkuit.tapi kalo dah putaran atas(gigi 3 keatas)mito bakal mudah ngejar KRR.pengalaman ane sendiri waktu ngebandingin dengan KRR.ketika gigi3 ke atas..mito lebih terasa tenaga nya(selama ini ane blm pernah pake gigi5).

17. reza - Maret 18, 2008

ada mito yg mau dijual nga??

18. cale - Februari 22, 2009

guyz,
mau tanya nih kalo mau ganti dinamo starter vagiva planet kira2 brp biayanya? trus kalo misal mau diservis ada gak refrensi ahli dinamo? pusing nih motor ngadat mulu..
utk gigi kopling nyangkut di gigi 3 kira2 apa penyebabnya ya?
mhn dibantu..
trims

19. cale - Februari 22, 2009

guyz,
mau tanya nih kalo mau ganti dinamo starter cagiva planet kira2 brp biayanya? trus kalo misal mau diservis ada gak refrensi ahli dinamo? pusing nih motor ngadat mulu..
trus utk kopling nyangkut di gigi 3 kira2 apa penyebabnya ya?
mhn dibantu..
trims

20. dimasbintic #002 - April 14, 2009

penyebabnya adalah , beli cagiva planet, kalok mau aman mah beli tiger mas bro

21. Alli - Juli 14, 2009

Dear pren,

mau jual Cagiva River, daripada nganggur,

tangan pertama, KM cuma 12xxx

kondisi sehat dengan ban berbulu tentunya..

spec:
GENERAL

Model
Cagiva River 500 2000

Category
Naked bike

ENGINE

Type
498 cc, oil/air cooled, single cylinder, 4-stroke

Bore x stroke (mm)
92.8 mm x 73.6 mm

Valves
4 valves per cylinder

Power
34 hp (25.4 kW) @ 6500 rpm

Torque
44 Nm (32.5 ft. lbs) @ 4750 rpm

TRANSMISSION

Gearbox
5 speed

Final drive
Chain

WHEELS

Front tyre
110/80-17

Back tyre
140/70-17

Front brakes
single 320 mm disc with 4-piston calipers

Rear brakes
single 230 mm disc with 1-piston calipers

DIMENSIONS

Seat height
810 mm (31.9 inches)

Wheelbase
1390 mm (54.7 inches)

Fuel capacity – reserve
18 l (4.8 gallon US)

Dry weight
160 kg (352.7 pounds)

Dijual nett 55 jt

call 0812 98 97 111

22. Kilas balik,… awal mula Bloggerz Roda Dua di Indonesia …!!! « Rudi Triatmono Personal Blogs - Februari 8, 2010

[…] blogsphere …!!! Awal mulanya adalah ketika lagi surfing tentang cagiva mito,.. lho kok ada blogz yang menampilkan motor cagiva mito gue… !!! Waaagh,.. blognya informatif… dan terus terang ini meng-insiprasikan gue… […]

23. andi - September 12, 2016

mau tanya dong,kenapa accunya motor cagiva sering tekor yah….kayanya masalahnya cuma accunya deh,,,ada referensi gimana caranya….dan kalau beli sparepartnya dimana yah?
terima kasih

24. Mito Jogja - September 26, 2016

CTS (RC valve klo di NSR) di Mito ane g mo jalan, bisa di repair g y? Dinamonya muter klo kunci kontak pas ON, tp klo bwt jalan g muter.
Tachometer (RPM) nya jg g nyala😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: