jump to navigation

Motor Terbaik Sepanjang Masa Januari 11, 2007

Posted by ilham in Stop Press.
trackback

dream-machines-roland-brown2.jpgPernah suatu ketika, para insinyur sanggup membangun sebuah motor dengan mesin terbaik, tampilan terbaik, dan performa terbaik. Saat itulah kita mengimpikannya sebelum memiliki, dan senantiasa terkenang seandainya menjualnya.

Motor-motor seperti itu bagaikan kekasih. Kemolekan bodynya menawan hati. Raungan mesinnya menggetarkan. Tarikan tenaganya mendebarkan. Dan, what is priceless than what money can’t buy?

Pada tahun 1999, John Brown, seorang pemerhati sejarah motor dan penulis motor kawakan, menerbitkan Dream Machines. Pada akhir 2005 buku ini sampai ke tangan saya dalam versi yang sudah di-update (2004). Buku ini yang sangat menarik karena lahir dari serangkaian penelusurannya terhadap sisa-sisa tipe dan merek motor yang sempat ditelurkan para insinyur terbaik pada masa masing-masing.

Bisa ditebak dari judul, motor-motor yang diulas dalam buku ini adalah motor dengan mesin terbaik-dan tentu saja, performa terbaik. Yang menarik, pendekatannya dilakukan secara historis maupun secara kompratif.

Secara historis artinya Brown menilai kemampuan sebuah pabrikan/merek keluar dari keterkungkungan desain dan teknologinya dengan melahirkan produk baru yang sangat impresif. Sebagai contoh, produk Triumph Speed Triple 599 yang benar-benar membangkitkan pabrikan dan merek ini dari kuburnya setelah mati suri selama bertahun-tahun. Dan alhasil, disusullah dengan produk-produk mereka yang sangat hebat belakang.

vroad.jpg

Begitu pula produk mutakhir Harley V Rod yang dirilis tahun 2003 bukan saja mengukuhkan Harley sebagai produk ekslusif, tapi juga eksotik, cepat, dan nyaman. Sangat jarang pabrikan ini mengeluarkan motor gaya cruiser/turing dengan bekal mesin berbasis sport. Bayangkan saja, V Rod dijejali mesin yang sempat dipakai pabrikan ini bertarung di kompetisi AMA Superbike 2000-2002.Dengan pendekatan kompratif artinya sebuah/tipe motor tertentu dari sebuah pabrikan benar-benar lahir untuk mengalahkan rival-rival yang seangkatan dan sekelasnya. Bahkan dalam beberapa kasus sebuah produk mempengaruhi desain dan keinginan pabrikan lain menyamainya dari segi apapun. Contoh terbaik jenis ini adalah Ducati 916 yang sampai sekarang banyak dicontek. Lihat saja Ducati 996 hingga 999, tipe R maupun S. Atau Cagiva Mito dan atau MV Agusta F4. Juga jangan tanya kehandalannya di ajang Superbike yang dalam 2 dekade ini begitu dominan..

Atau, Suzuki Hayabusa yang tidak perlu dikomentari lagi. Sebelum itu, ada CBR Fireblade atau Suzuki GSXR. Bahkan jika ditinjau dari segi performa mesin motor production stock, maka orang akan tercengang jika ternyata Suzuki GSXR 1000-lah yang dianggap masterpiece hingga saat ini. Minimal inilah versi Brown. Menurutnya para pengamat pernah tidak bisa membayangkan lagi sebuah produk massal dengan maksimal 1000cc akan menghasilkan motor sebaik itu, baik karena tenaga, top speed, dan handling. Tidak heran jika di superbike 2005, Troycorser melahap juara dunia dengan mudahnya.

demon-10-protoproject-m2a.jpg

Ulasan-ulasan dalam buku ini sangat menarik, meskipun belum mencover sejumlah motor lansiran 2005-2006. Pengemasannya di atas kertas art paper full colour dan sejumlah jepretan kelas dunia tak kalah bagusnya. Setiap spesifikasi motor, asal-usul dan performanya diulas lengkap. Tentu dengan menyertakan test ride dan komentar pakar-pakar lain mengenai setiap merek. Sayang sekali buku ini tidak dijual bebas di toko-toko buku di Indonesia. Jadi masih harus pesan dari LN.

Selamat berburu!

PS. Foto 1 Ducati Demons adalah project design untuk Ducati atas bantuan software 3D. Belum real, juga belum ada kabar kapan diproduksi.

  • Judul: Dream Machines @ Motorcycles
  • Penulis: Roland Brown
  • ISBN: 076073819x
  • Format: Hardcover dan Softcover
  • Penerbit: Parragon Publishing
  • Terbitan: Edisi Revisi 2004 (terbit pertama kali 1999)

 

Iklan

Komentar»

1. Fandy - Januari 11, 2007

bagi gw seh tetep…mv augusta is d best….

2. ilham - Januari 11, 2007

2. Kalo ngw mito 500cc aja udah cukup. Power 60hp, beratnya cuma setiger. Apa ga gila tuh?

3. {tulalit!} - Januari 20, 2007

naek motor tuh kalo panas gak kehujanan, trus kalo ujan gak kepanasan. hihihi

4. ilham - Januari 22, 2007

Jiakakakakakakakaka… sambil dikit2 tulalit jg, akhirnya gw stuju dech 😀

5. cKy - Januari 23, 2007

125-250cc 2 strokes bikes is the best… especially those which had knobby tires 😀

6. thukul - Februari 3, 2007

bagi saya yamaha tetap yang terbaik dikelasnya. opo jare” valentino rossi

7. atep - Februari 5, 2007

bagi saya yamaha adalah tim yang amat saya cintai, GO YAMAHA………………………………………..

8. Riko - Februari 12, 2007

Maaf ikut nimbrung nih..:D
Meskipun ga punya motor tapi tetep gue suka ama Yamaha…;))

9. Ozaq - Februari 16, 2007

APA?!?!?! Mito 500 bisa bikin power 60 HP dengan bobot sama dengan Tiger?! Gila!!! Tiger aja tenaganya paling antara 16-17 HP…! Mau donk Tiger gw digituin… bisa ngga ya? :p

BTW nih Mas Ilham, harga bukunya berapa ya? Setelah sampai ke tangan kita alias konsumen akhir lho…!

10. ilham - Maret 15, 2007

wah sori ketinggalan… bisa aja bro bagi mesin 500-600 cc tenaga segitu bukan hal sulit. tapi dengan bobot seringan itu, baru prestasi. itu artinya frame mito sebelumnya memang memiliki kemampuan torsional yg baik. makanya sebelum adfa mito versi ini, byk yg memodif mtor mitonya pake mesin 400 atau 600 cc dan tetap okle!

11. shindy - Maret 15, 2007

bingung milih motor di atara 4 merek mana yg bgs honda yamaha suzuki kawasaki

12. shindy - Maret 15, 2007

menurut temen apa yg bgs soalnya aku mau beli tapi ge bingung ni mudah2 temen bisa bantu!!! salam kenal semuanya

13. ilham - Maret 15, 2007

coba masuk ke halam yg membahas komparasi motor… dilahkan diskusikan dengan kawan2 lain di sana.. okle

14. Rudi Triatmono - Maret 22, 2007

nanggung… Om Rob di Mito Mondo.. pake Mito dengan mesin 500cc 2 tak (engine NSR 500)

15. Novi - Maret 28, 2007

Hi…lam kenal dan minta tolong.

nama gue novi, kuliah di Jayabaya semester akhir. Gw lagi nyusun skripsi, temanya pemasaran, spesifik ke kekuatan brand yamaha. gw punya kendala serius soal sejarah yamaha motor di indonesia. perkembangannya, dan tentu saja produk-produknya sejak perusahaan ini berkiprah di indonesia……

bantuin gw ya bro

16. ilham - Maret 28, 2007

Novi, alo met kenal… bisa aja sih gw bantu. Tp kok ngambil topik yg berat… Hehehehehe. Gini aja, coba cari di web yamaha YMKI (ada di halaman depan) dan di Yamaha Motor (international) sisanya nanti diskusi ma gw…

itu dulu

17. Otong - Maret 29, 2007

@Shindy
Pilih yang balance antara harga dan teknologi yang di dapat, jangan sampe ketipu ma iklan2 yang bombastis, cari yg cocok handlingnya dengan postur anda supaya ga bikin repot saat di jalan maupun parkir, kalo bisa coba test drive dulu sebelum membeli (mungkin bisa pinjem teman) jadi bisa tau mana yg cocok ato engga, cari yang aftersalesnya bagus, selamat membeli motor baru…!

18. buddy - April 16, 2007

the best motorcycle is yamaha jupiter mx… lah!!!!
wong yang g punya aja bisa untung!!!!

19. aGiSzzz... - September 5, 2007

yamaha dalam memproduksi motor tuh..! selalu sporty makannya banyak yang suka walau tekhnologinya kurang.. gak kaya honda gak sporty tetapi hi-tech pastinya…

20. nurcahyo - September 21, 2007

wahhhhhhhhhhhh,ngomongin soal motor YAMAHA deh jagonya hehehhhehehehehe.tampilan bebek yang bagus ya jupiter z,yang sportnya ya Vixion lahhhhhhhhhhhhh.tapi gue pake vega r knapa coba? krna murah ,perawatannya gaampang dan so pasti iriiiiiiittttttttttttttttttttt. lo .cos gue sering jalannnnnnnnnn.pokonya YAMAHA the best lahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

21. rdayt - September 21, 2007

Gue gak punya motor yamaha

Punyanya cuma

Honda Legenda 2
Suzuki Smash
Suzuki Thunder 125

Oh iya… bulan kemaren gue pagi-pagi service motor gue (Thundie 125)
Malamnya sekitar jam 1-an (dini hari) gue tarik mulai dari Tambun ke arah jakarta lewat jalur kalimalang

gileee… enteng banget, brooo.. jarum speedometer sampe geser ke angka diantara 120 & 140. Jadi kira2 gue lari sampe 130-an kpj gitu deh…

Tapi nyampe depan mesjid Al-Azhar deket universitas gunadarma kalimalang, motor gue ngebrebet sampai akhirnya mati.

Kata temen gue… CDI nya mau mati… masa siyy… padahal niy motor baru 8 bulan umurnya.

Ada yang bisa kasih pencerahan

22. glbabi - September 21, 2007

motor mbrebet kalo bukan masalah bensinnya memang bisa jadi pengapiannya.

CDI stengah mati biasanya bermasalah di RPM tingginya mbrebet, kalo terus dipakai nanti tau2 mati dan ndak mau idup lagi.
Kalo mbrebet dan mati lantas pada saat itu masbro pasang lampu depan bisa jadi spulnya yg mulai soak. Biasanya Thunder masalah di spul sih.

23. adit - Januari 14, 2008

bang ilham kira-kira si novi uda jadi blm skripsinya?coz gw juga punya problem yg sama,gw skra lagi nyusun skripsi tentang brand yamaha juga,kalo bisa gw minta datanya dong..
btw, kalo ngomongin motor terbaik sepanjang masa yamaha ga da matinya..buktyinya motor gw Force1 lansiran 94′ ga pernah rewel tuh,malah gw brani layanin motor satria, king, RGR, motor apa aja deh kecuali ninja..

24. girifumi - Januari 14, 2008

main ye ke web gw…

25. nat - Februari 18, 2008

mau tau donk.. kriteria motor yang pas buat anak muda.

Lo Lo pade kalo mau bli motor pengennya yang gmana sich…?

Guys, kalo seandainya kalian suruh bkin motor yang sesuai bwt anak muda, mau bkin yang kyak apa…?

Plisss…. jawab ya…
sblmnya thanks…

26. kian - Februari 27, 2008

ya..motor terbaik buat gw, motor gw sekarang lah (narsis banget yak)…honda vario..huahahha…abis mo banggain motor sapa..enyak gw?..bokap gw?..tapi kalo ditanya motor idaman ..hmmm..gw ko malah mengidamkan motor yang ramah lingkungan, irit, mesin bandel, body jgn gede2, terus bisa buat ngebut…

27. MARRI - April 10, 2008

motor terbaik ya kawasaki ninja RR

28. Fery - April 13, 2008

Yamaha memang paling unggul…

29. LU-Q - April 21, 2008

motor terbaik ya yg murah,irit,body bgus,kga trlalu gde,yng cntik,rambutnya pnjang…..wduh jdi kusut gw ksih comment,

30. Sahala - Agustus 23, 2008

Mas, bisa keep in touch gak?
saya dari majalah tempo pingin nulis tentang sejarah motor. Mas ada info buku ato artikel tentang perjalanan motor sampe sekarang dan kapan sebenarnya awal penemuannya?

Saya tunggu respon dari mas yah.

Thanks

Sahala (sahala@mail.tempo.co.id)

31. haris - Desember 18, 2008

apa warana motor yg lagi ngetren thn ini

32. rivai - Oktober 24, 2009

oke lah

33. CEO Suzuki Asli Tak Naiki Pretttttt - April 4, 2010

Yamaha Norak, Honda Lebay, Kawasaki Penakut, Suzuki Hero !!!!!
Masak dari Dulu bikin motor sama-sama dari Jepong, penjualannya se-abrek ( Honda ma Yamaha) kok Motor TERCEPAT DIDUNIA dari taon 1999 ampe 2008 malah dari SUZUKI TAK NAIKI. Corp. International The Best Motorcycle at World, Amerika, Eropa tewas ama Produk buatan Jepong dari Brand apa ? Jelas Suzuki, Suzuki apa ? Jelas Suzuki Hayabusa 1340cc dan GSX 1000cc Cuy…….
Jangan-jgn Honda ma Yamama eh salah Yamaha mksd gw cuma bikin Motor-2 abal-abal yang penting bisa di pake alias BISPAK, hahahahaha…. , motornya orang gunung dan orang kampung + Kampungan

34. Pimpinan Dealer Suzuki - April 4, 2010

Naik HONDA rasanya kayak naik Kebok, naik YAMAHA kayak naik Kuda, naik Kawasaki kayak naik Unta, NAIK SUZUKI kayak naik BUROQ,
paling enak naik Suzuki….. mesin nggak bandel, nurut, cerdas dan galak
Mesin Honda ma Yamaha Bandel = Susah disuruh idup
Suspensi Suzuki enak, gurih, manis, empuk, ngenyoi, nyaman dech
Suspensi Yamaha ama Honda kayak Suspensi Gerobak ma Becak
Model Suzuki Tersport di seluruh Dunia
Model Yamaha cocok buat anak ABGI = Anak Baru Bisa Buang Ingus
Honda Motor buat kepasar jualan sayuran ma jualan Ayam
Suzuki Buat Gaya….., Touring,…. Sport Rice….., Prototype


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: