jump to navigation

Modifikasi: Apa yang Harus Disiapkan? Januari 23, 2007

Posted by ilham in Modifikasi.
trackback

street-thunder-modifa.jpg

Modifikasi adalah soal hasrat. Soal libido! Bagi yang sudah kesemsem sebuah model, baiknya disalurkan. Ga ada yang salah sampai di sana. Ditahan-tahan malah bahaya. Masalahnya sekarang adalah menyalurkannya di mana. Seperti halnya libido seksual, hasrat modif harus melalui perhitungan yang matang dan perencanaan yang baik. Jika tidak, bisa kewalahan tuh.

Lalu apa yang perlu disiapkan seorang biker yang ingin motornya didandani?

Tujuan. Modifikasi harus punya tujuan khusus yang spesifik. Jika tidak nantinya cepat berubah pikiran yang berarti bisa menguras kocek. Bagi yang punya dana banyak dan suka persaingan, bolehlah membidik kontes. Bagi yang sekedar hobi biasa tujuannya cukup untuk mempercantik. Namanya modif harian, atau fungsional.

Corak. Pilih coraknya yang jelas, sport, kinclong, streefighter dst. Sebaiknya menyesuaikan aja dengan basis motor. Kalo punya dana lebih, beli motor yg pas. Misalnya tiger lebih cocok untuk streetfighter atau supermoto. Kalo dana berlebih, barulah bidik gaya ekstrim lainnya seperti operasi kelamin menjadi modif sport dan sport ekstrim.

Modifikator. Pilihlah modifikator yang baik. Nama modifikator adalah jaminan, bukan? Mungkin saja agak sedikit mahal, tapi jika ada masalah ada jaminan. Jaminan ini menyangkut dua hal. Pra dan pasca serah terima: pra itu menyangkut finishing. Yg mahir pastilah lebih halus dengan waktu yang lebih cepat. Kalaupun lebih lambat biasanya karena konsep belum disepakati (ide sering berubah-ubah karena anda banyak keinginan), lagi antri (maksa masukin motor padahal lagi padat kerjaan), atau minta model yang sama sekali baru.

Mental dan dana. Kawan-kawan saya biasanya menyarankan begini: “Utarakan maksud anda, corak dan gaya yang diinginkan (konsep). Lalu minta konsep pembanding dari modifikatornya. Tanyakan segala kemungkinan: konsekuensinya secara teknis, dana, waktu. Segalanya saling berpengaruh. Jangan kecewa jika ada aspek yg kurang sip hanya satu faktor saja. Diskusikan saja agar bisa diperbaiki dan jika mungkin tanpa dana tambahan. Minta juga agar dapat sedikit prioritas untuk penyempurnaan. Hanya dengan cara ini anda akan merasa nyaman dengan uang yang dikeluarkan dan waktu yang dipakai (dan terbuang).

Alternatif. Anda bisa mencoba modifikasi sendiri, meskipun tidak disarankan bagi pemula. Mengapa? Karena melakukan sendiri bisa mendatangkan rasa frustrasi. Di samping capek, belum tentu memuaskan. Kata Kumis, “serahkan kepada kami, kalian cari duit saja”. Terima beres!!!! Pengalaman saya, modif sendiri memang bisa lebih cepat, karena tidak antri. Bisa juga lebih murah karena bahan baku bisa kita hitung sendiri. Tapi yakinlah bahwa bedanya antara 10-20% saja. Malah jika anda salah perhitungan, akan membengkak menjadi lebih mahal dari biaya untuk modif yang dilakukan oleh modifikator tulen. Hanya bagi yg sudah kuat mental karena udah sering modif atau karena punya jiwa petualang saja (yg suka mencoba hal-hal baru) yang lebih tepat melakukan hal ini.

Batas dan step. Pilih batasan yang baik dalam modif beserta stepnya. Jika dana anda berlebih dan kosep matang, silahkan rombak dari ujung ban depan hingga ujung buntut spakboard. All in one. Namun sebaiknya belajarlah untuk melakukannya secara bertahap. Buat batasannya. Bulan atau tahun ini mau rombak kaki-kaki, lalu bulan atau tahun depan apanya lagi. Sebaiknya jika ada dana kelengkapan modif kaki-kaki disiapkan untuk satu set full. Lebih murah pembelian bahan dan pengesetan. Baru kemudian berfikir soal bodi. Setidaknya ada dua atau tiga tahap. Jika dana mencukupi barulah diberi finising di mana-mana. Soal cat, kit-kit tambahan, dst., sembari membenahi aspek yang belum nyaman atau aman. Usahakan jangan modif tambal sulam, meskipun ini sangat sulit dihindari.

Setelah semua itu terpenuhi, jangan lupa berbagi dengan teman-teman lain, pra-pasca modifikasi. Yakinlah anda tak sendiri. Itu akan sangat membantu!

Just try it all with a simple plan.

Iklan

Komentar»

1. Bambang 'Ibob' Sidharta - Januari 24, 2007

Boleh juga masukannya Bro..

Paling penting si tahap kaki2 dulu..dari urusan ban, lengan ayun, shock depan belakang, etc..Baru deh main di bodi atas: tangki, cover samping, depan hingga blakang..YAng kadang sulit menyamakan modif dengan tipe/roh dari motor itu sendiri ama selera pribadi..KAdang2 ide/konsep modif juga bisa berubah2, ditambah dengan perkembangan di dunia modif dan motor2 baru yang akan keluar..After all, kembali ke selera masing2..

KAlo gw si, modifnya yg MEFRIK alias fungsional n sesuai dengan jiwa gw n kepentingan gw, yakni motor modif yg bisa utk harian n bisa utk touring..

Piece…

2. ilham - Januari 24, 2007

Wah bro Ibob, bagus skali masukannya. Idem gw 😀

3. cky - Januari 31, 2007

kalo gw sih yg minim2 aja deh… ganti spakbor ama ban… suatu saat ganti upside-down (ngga jg gpp sih)

4. Dave - Februari 4, 2007

Upside-down penting ga y? Kynya ga terlalu ngefek

5. ilham - Februari 4, 2007

Kapan2 gw buat ulasan tentang manfaat USD (asepdon) itu… Emang sih kalo mtr turing/kruiser kyk tiger, scorpi, thunder, ga terlalu penting, tp bagi mtr sport yg nunduk,justru paling bagus… Tp pada intinya jika modif pake USD maka tampak lebih kekar dan keren….

6. sony - Februari 16, 2007

saya mau tanya nih, kalo motor bebek saya pake mesin thunder 250 cc pantes ngga ya? mmm tujuannya sih cuma ngimbangin kakinya yang udah gede ;p kalo bisa berapa biayanya?
atau bpk ilham punya info mengenai mesin beserta harga dan siapa yg harus di kontak?
trims

7. ilham - Februari 16, 2007

Mgkn sgt susah nyari mesin thundi glondongan… Lg pula sasis bebeknya kemungkinan besar ga pas mengakomodasi mesin thundy. tp kalo bro soni pake vespa, mesin moge 400cc pun bisa masuk… bingungkan?

8. Ozaq - Februari 16, 2007

Tambahan nih buat bro Sony… Kalo ngga salah di M+ pernah ngulas tentang Honda Supra yang pake mesin Tiger 2000. Mungkin bisa dijadiin rujukan tuh. Tapi kalo ngga salah lho…! =P

Terus buat nebus mesin Thunder 250, kayanya ngga ada deh. Walopun ada juga pasti mahal banget! Ada yang murah pun biasanya ilegal, berikut nyarinya harus ke pelosok. Nah, kalo udah urusan ama barang ilegal mah, resikonya dah pasti ama hamba hukum… Tapi kayanya bisa lari kalo dikejar Pak Pulisi… Gimana nggak?! Lha wong sasis motor bebek dipasangin mesin motor sport! Apa ngga ngibrit tuh larinya? =p

Kayanya bisa deh masang mesin Thunder 250 di sasis motor bebek, tapi pastinya ada perubahan alias modif di bagian sasisnya itu sendiri. Lagian, apa sih yang ngga bisa buat orang Indonesia? Pasti bisa… tapi ya itu, tingkat kesulitannya! 😀

Oya, masukan buat bro Ilham nih… gimana kalo ditambahin artikel tentang konsep-konsep motor? Misalnya supermoto tuh kayak apa, terus cafe racer tuh cirinya apa, flat track tuh yang kayak gimana, street fighter tuh yang begimana… Maksudnya sih untuk ngebantu yang pengen ngemodif motornya biar tambah jelas arahan modifnya.

Best regards

Ozaq

9. ilham - Februari 17, 2007

Bener bro… Ozaq2. Mmemang sedang dipersiapkan tulisan2nya. Aliran2 motor dan acuan modif buakn? Tunggu saja krn ga bakalan lama lagi 😀

10. Ozaq - Februari 18, 2007

Wah… sep bgt tuh! 😀 Ditunggu lho!

Saya siap membantu juga… terutama dalam hal memberi komen =P

11. pentilman - Februari 27, 2007

menurut aku yang paling penting adalah penutup pentil. kalau bisa cari yg terbuat dari besi, jadi kalau kelindes ngga langsung rusak. dan kalau habis motor di cuci dan di lap metal seal pentil itu kan mengkilap, jadi pas di foto sebelum masuk M+ orang pikir di daerah ban itu ada berlian 24 karat. wah, wah, wah selain keliatan tambah cihuy nilai harga jual pun langsung kedongrak dengan signifikan. saya sarankan pertama tama yg di modif pada motor adalah ini terlebih dahulu. cobalah

12. MUHAMMAD - Februari 28, 2007

TAMBAHIN DONK YANG LEBIH ASYIK KAYAKNYA KURANG ASYIK KALAU ADA MODIFIKASI YANG LAIN CEPET KIRIM YA!

13. mr.doblenk - Maret 17, 2007

yang kaya gini ni aku demen,tolong donk ada modifikasi motor nsr ga? soalnya qt pengen ngemodif nsr.

14. ibai - April 24, 2007

ada koleksi foto2 modif vespa gak?trus cara modifnya?

15. sula - April 27, 2007

Mas Ilham, untuk ganti monoshock tiger apa memang harus ganti juga engan ayunnya?,…

Thanks…

16. Girifumi - April 27, 2007

@sula
ganti aja,buatan lokal murah kok 1 juta buatan om kumis,lengan ayun plus sokbreker punya NSR.modelnya knock down,jadi kalo balik ke dobl sok masih bisa.mending perkokoh bagian depan,ganti punya moge yang teleskopiknya diameter besar.itu sekalian aja sama cakramnya bawaan aslinya.dijamin sip deh..kelupas striping biarin polos.

17. arios - September 12, 2007

© JGN ASAL COPY-PASTE Kontak kafemotor@yahoo.com. Jangan asal komentar, baca Rambu & FAQ….???

18. j3p4nk - Juli 18, 2009

tlg tampilin foto2 modifikasi new vega r dong….!!!
cos pengen modif tapi ga punya materi yang pas, klo bisa spesifikasi n biayanya juga,
n bengkel modif yang pas d sidoarjo dimana ya ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: