jump to navigation

“JJ” Polnaja, Setelah Setahun sebagai Duta Perdamaian Juni 30, 2007

Posted by ilham in Biker, Safety Riding, Turing.
trackback

“… Saya tidak cuma turing tapi membawa misi lain seperti perdamaian dan pariwisata,” Jeffrey Polnaja

riding_depan-jjp.jpgHari itu siang menjelang sore setahun yang lalu. Saya baru saja selesai meeting. Suntuk, hasil penjualan buku-buku penerbitan kami tidak begitu bagus sebulan terakhir. Tapi rasa kesal itu segera berlalu ketika melihat sosok motor putih BMW tipe R-1150 GS Adventure Limited Edition. Mungkinkah tunggangan Jeffrey “JJ” Polnaja yang santer diberitakan akan melakukan turing keliling dunia dengan motor?

Keraguan saya terjawab beberapa hari kemudian. Sore hari sebelum pulang, Jeffrey Polaja atau yang kodang dengan sapaan bro JJ juga sedang berkemas pulang. Tak salah lagi, orangnya berkumis, brewokan, dan tinggi-besar. Dia tampaknya baru saja meeting di kantor kawannya di kawasan D’Best Plaza, Fatmawati, 2 ruko dari kantor kami. Di depan kantor itu memang sering parkir berbagai jenis moge atau mobil adventure lengkap dengan sticker HOG atau yang semacamnya.

Motor JJ Polanja ini rupanya cukup panjang. Memutarnya saja butuh 2 kali usaha rider seberpengalaman JJ. Itu kalau sedang tidak dipacu. Jangan tanya urusan manuver dan ketahanannya jika sedang menempuh berbagai kondisi jalan. Dijamin paten!

Di samping kiri kanan dan di belakang jok sudah bertengger box dari logam silver. Macam brangkas isi duit atau senjata saja. Hehehe. Belum pernah saya melihat box sejenis di pasang di motor. Biasanya hanya melihat box GIVI atau Motofizz yang terbuat dari bahan ABS anti pecah. Jadi saya jadi yakin ini motor yang minggu lalu sempat dimuat tabloid Otomotif. Gambarnya memang sama persis.

Etape I

Lebih setahun berlalu sejak peristiwa itu. JJ kini telah menjalani cita-citanya keliling dunia dengan motor. Setelah sempat tertunda beberapa tahun baik akibat kecelakaan yang tidak disangka-sangka pada 2001, maupun adanya pemilu dan Tsunami Aceh pada 2004, akhirnya kita punya wakil bangsa ini di mata dunia. Ini bukan turing keliling dunia biasa, tapi turing yang memiliki misi perdamaian dunia. Wajar jika diberi tajuk Ride For Peace. “… Saya tidak cuma turing tapi membawa misi lain seperti perdamaian dan pariwisata,” ungkap pria kelahiran Juni 1960 ini di situs resmi http://rideforpeace.info.

Turing perdamaian ini sendiri terbagi 3 Etape. Etape Pertama di benua Asia, Afrika, dan Eropa, Etape Kedua di benua Amerika, dan Etape Terakhir di benua Australia. Untuk Etape pertama ini melewati 45 negara. Dengan perhitungan jarak sekitar 330.000 km, JJ memperkirakan  menghabiskan waktu sekitar 750 hari.

JJ sudah memulai turing sensasional ini sejak 23 April 2006. Sejak bertolak menuju negara pertama Singapura, kini Ponaja telah mengitari 27 negara dari 29 yang direncanakan pada Etape Pertama. Kini big brother kita ini berada di tengah perjalanan antara Marocco dan Spanyol. Persis di batas antara dunia Timur dan Barat. Tinggal Spanyol dan Portugal yang perlu di kunjungi dalam rute Etape I sebelum terbang ke daratan Amerika untuk memulai petualangan Etape II. Go go biker go!!!

Negara Dikunjungi

Sedang di sini…

Catatan: Foto dikutip dari Situs Resmi Turing Jeffrey Polnaja http://www.rideforpeace.info/

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: