jump to navigation

“JJ” Polnaja, Setelah Setahun sebagai Duta Perdamaian Juni 30, 2007

Posted by ilham in Biker, Safety Riding, Turing.
trackback

“… Saya tidak cuma turing tapi membawa misi lain seperti perdamaian dan pariwisata,” Jeffrey Polnaja

riding_depan-jjp.jpgHari itu siang menjelang sore setahun yang lalu. Saya baru saja selesai meeting. Suntuk, hasil penjualan buku-buku penerbitan kami tidak begitu bagus sebulan terakhir. Tapi rasa kesal itu segera berlalu ketika melihat sosok motor putih BMW tipe R-1150 GS Adventure Limited Edition. Mungkinkah tunggangan Jeffrey “JJ” Polnaja yang santer diberitakan akan melakukan turing keliling dunia dengan motor?

Keraguan saya terjawab beberapa hari kemudian. Sore hari sebelum pulang, Jeffrey Polaja atau yang kodang dengan sapaan bro JJ juga sedang berkemas pulang. Tak salah lagi, orangnya berkumis, brewokan, dan tinggi-besar. Dia tampaknya baru saja meeting di kantor kawannya di kawasan D’Best Plaza, Fatmawati, 2 ruko dari kantor kami. Di depan kantor itu memang sering parkir berbagai jenis moge atau mobil adventure lengkap dengan sticker HOG atau yang semacamnya.

Motor JJ Polanja ini rupanya cukup panjang. Memutarnya saja butuh 2 kali usaha rider seberpengalaman JJ. Itu kalau sedang tidak dipacu. Jangan tanya urusan manuver dan ketahanannya jika sedang menempuh berbagai kondisi jalan. Dijamin paten!

Di samping kiri kanan dan di belakang jok sudah bertengger box dari logam silver. Macam brangkas isi duit atau senjata saja. Hehehe. Belum pernah saya melihat box sejenis di pasang di motor. Biasanya hanya melihat box GIVI atau Motofizz yang terbuat dari bahan ABS anti pecah. Jadi saya jadi yakin ini motor yang minggu lalu sempat dimuat tabloid Otomotif. Gambarnya memang sama persis.

Etape I

Lebih setahun berlalu sejak peristiwa itu. JJ kini telah menjalani cita-citanya keliling dunia dengan motor. Setelah sempat tertunda beberapa tahun baik akibat kecelakaan yang tidak disangka-sangka pada 2001, maupun adanya pemilu dan Tsunami Aceh pada 2004, akhirnya kita punya wakil bangsa ini di mata dunia. Ini bukan turing keliling dunia biasa, tapi turing yang memiliki misi perdamaian dunia. Wajar jika diberi tajuk Ride For Peace. “… Saya tidak cuma turing tapi membawa misi lain seperti perdamaian dan pariwisata,” ungkap pria kelahiran Juni 1960 ini di situs resmi http://rideforpeace.info.

Turing perdamaian ini sendiri terbagi 3 Etape. Etape Pertama di benua Asia, Afrika, dan Eropa, Etape Kedua di benua Amerika, dan Etape Terakhir di benua Australia. Untuk Etape pertama ini melewati 45 negara. Dengan perhitungan jarak sekitar 330.000 km, JJ memperkirakan  menghabiskan waktu sekitar 750 hari.

JJ sudah memulai turing sensasional ini sejak 23 April 2006. Sejak bertolak menuju negara pertama Singapura, kini Ponaja telah mengitari 27 negara dari 29 yang direncanakan pada Etape Pertama. Kini big brother kita ini berada di tengah perjalanan antara Marocco dan Spanyol. Persis di batas antara dunia Timur dan Barat. Tinggal Spanyol dan Portugal yang perlu di kunjungi dalam rute Etape I sebelum terbang ke daratan Amerika untuk memulai petualangan Etape II. Go go biker go!!!

Negara Dikunjungi

Sedang di sini…

Catatan: Foto dikutip dari Situs Resmi Turing Jeffrey Polnaja http://www.rideforpeace.info/

Komentar»

1. bolore - Juni 30, 2007

Yup, you’re the best kang JJ …
Gw sempet ngobrol ama Kang JJ di acara Junkyard Party 2005 dan tanyain soal misi ini … dan memang akhirnya misi itu dah jalan sekarang.
Mudah-mudahan misinya sukses dan kembali dengan selamat ke tanah air.

2. X-One - Juni 30, 2007

no 2

3. Faadhil - Juni 30, 2007

3

4. Faadhil - Juni 30, 2007

hore naek podium gy.. HORE..

5. X-One - Juni 30, 2007

TOP Bro JJ … 4 jempol

6. deegoo - Juni 30, 2007

bro’ JJ bener2 rider sejati neh..hehe.. klo gw mgkn dah tepos x pantatQ ini, heheh….

7. purmana - Juni 30, 2007

WOW… hebat banget..!!
Nanti kapan-kapan gw juga mau mengikuti jejak kang JJ ah
tapi pake Supra-Fit biar rame…

8. ilham - Juni 30, 2007

Kabar terakhir udah nyampe di Eropa tepatnya di Spanyol… Just check it out in his web…

9. imcw - Juni 30, 2007

Indonesia?…kira kira mampir ke Bali nggak ya?

10. BlvePvls - Juni 30, 2007

Top Ten????

Biker Sejati… Salute…
teruskan perjuanganmu nak….

11. cungkol - Juni 30, 2007

11th nii . .
huuuhuuu aguuus

12. cecep2007 - Juni 30, 2007

sakut…deh….ama bang jj.
terus aja maju pantang mundur…..

13. hendra_ku - Juni 30, 2007

Hebat Bro JJ,,,
True Biker,,,

14. hendra_ku - Juni 30, 2007

waktu ke Afganishtan gimana tuh ceritanya?
(jd pengen tahu Mode: On)

hehehe,,,
seharusnya Bro JJ mampir ke Irak dan Palestina, n sebarin misi perdamaian “Ride For Peace” biar gk pada perang satu sama lain,,
-Peace, Love and Empaty-

15. elkosith - Juni 30, 2007

Gue pernah baca berita tentang bro JJ, di majalah anak-anak (mungkin bobo). Waktu gue baca berita yang seupil itu aja gue uda kagum ama ni orang. E taunya di kafemotor uda ada dua orang yang pernah ketemu.

Gue yakin bro JJ punya segudang pengalaman yang bukan cuma menarik, tapi juga bermanfaat. Mas Ilham, kalo ada kesempatan tolong muat/bikin artikel tentang pengalaman bro JJ ya.

16. elkosith - Juni 30, 2007

Baru ngeh, quote yang di atas persis sama yang gue baca di majalah anak-anak. Salut sama redaksi majalah anak-anak yang mau mengangkat kehidupan seorang biker sebagai panutan generasi muda bangsa…..merdeka (kata Kump45 hehe)

17. JuNee - Juni 30, 2007

ada yang tau gak kenapa kang jeffrey poLnaja ini disebut ” JJ “,,,,,,kata masyarakat biker bandung sih, tuh jj singkatan dari jurig jalanan, serem gak tuh !!!!
memang bro yang satu iNi biker sejaTi
saLuT,,,,HebaTLah punya semangat buat keliling dunia buat nyebarin Misi yang sangat Mulia ” Ride 4 PeaCe ”

NB : Jurig dari kata bahasa sunda yang berarti SeTaN

18. wyren - Juli 1, 2007

Wuhui… No comment ah…. Pokok’e seeeeeeeeppp dah…. Pingin tapi gak berani sampek ke medan konflik kyk Om JJ…. Ngeriiiii…..

19. purmana - Juli 1, 2007

Harusnya Kang JJ mampir ke Bandung dan jalan2 tuh pake motor di lalulintas Kota Bandung.. dijamin stress lah..!!!

20. Pontol Kanjang - Juli 1, 2007

Ini baru bikers Sejati….

21. wedulgembez - Juli 1, 2007

sedueeep, rek.

22. Loc - Juli 1, 2007

@ purmana

Lah Kang JJ itu emang orang Bandung, petinggi Bikers Brotherhood. Strees gimana sih maksudnya ?

23. Loc - Juli 1, 2007

Kang JJ di Jordan

24. wyren - Juli 1, 2007

Oh ye.. Kayaknya bang JJ pernah ditembakin pas di daerah konflik (arab yg pasti).. Untung meleset, en langsung ngomong assalamualikum, wuih… Kalo gw langsung pulang ke tanah air tuh…

25. Kebak Angkoro - Juli 2, 2007

Kang JJ sosok biker sejati, postur memadai, motor Eropa mantab, skill bagus, dan tentunya dananya menunjang. Sayang segelintir doang yang bisa seperti beliau.

Bro ilham, wyren, ducatimonser…berani ikuti jejak Kang JJ ?

26. CXRINK - Juli 2, 2007

rossi kalah thu sama akang JJ…jauh jauh bener touringnnya….waduh.tanyain dong top speednya berapa thu….dan di negara mana waktu top speed..heheheeeeee..emang balapan ya……

27. y4m4h4_b1k3r - Juli 2, 2007

wah pengen ngikut ah. . .
tapi gimana ngasih makan bini ya? 2 tahun keliling dunia. . . wah mewah banget euy. . . eniwei selamat dah bisa ngunjungin tempat2 idaman . .

28. indah puspitasari - Juli 2, 2007

ni orang kerjanya apaan ya? duit banyak, motor eropa punya, mahal n tangguh.. menghabiskan sisa umur bwt keliling dunia.. dana sendiri ga ya? tajir berat pasti ni orang.
emang jiwa biker ya, kalo gw sih mending keliling dunia pake pesawat, trus borong motor2 eropa deh, hehe
n_n

29. wyren - Juli 2, 2007

@indah puspitasari
Walah2…. Kok kayak orang kurang kerjaan borong motor. Motor itu bwt dikendarai bukan dipandang.. Mbak, mbak… comment yang aneh..

30. girifumi - Juli 2, 2007

@29
emang ada keinginan punya motor yang banyak esp. yang klasik,tapi biasanya orang yang punya motornya cuma satu lebih memiliki ikatan bathin dengan motornya,tahu benar kapan ganti oli,kapan harus isi bensin,dst. meski yang dijadikan patokan speedometer sudah mati…

31. wyren - Juli 2, 2007

@girifumi
Yuk.. Se7 deh.. Tapi punya banyak kendaraan jg bisa punya ikatan batin kok (poligami nih ceritanya… weekkekekek).

32. Kebak Angkoro - Juli 2, 2007

@ 30
Betul bro, ikatan batin mengakar kuat seiring perjlanan waktu. Motor cuma satu, dipake sgala kegiatan, nyari duit, nganter sekolah, blanja, turing dll. Banyak juga yang kalo tidur motornya dikekepin, mengingat kamar kontrakan sempit, shg harus tidur berjubel disamping knalpot. Terbayang ikatan emosionalnya bila motor dah menyatu bertahun-tahun akibat gak mampu ganti seri baru. Apalagi bila sering ngadat dan memaksa kita untuk memperlakukan dia sebagai pasien khusus.

33. girifumi - Juli 2, 2007

@32
itu gw alami pas pake vespa…ngadat bukannya benci tapi malah cinta karena tahu benar mana yang rusak.sayang gw selingkuh dengan underbone Jepang yang gak matre (boros bensin,boros oli),lumayan kencang larinya.
tapi pas gw mudik pasti gw milih vespa ketimbang disuruh make bebek Jepang 125 lagi…

34. atjep - Juli 2, 2007

Dulu senior ane nih sebagai guide pariwisata. Viel Erfolg Kang JJ …

35. adet vriono - Juli 2, 2007

neh orang stamina nya kuat banget.. dah lama gak ketemu kang…

36. WIROSABLENG212 - Juli 2, 2007

Salut2x…….

37. one - Juli 2, 2007

@ 29
ada kali orang yang hobinya koleksi motor banyak tapi gak bisa naeknya….
Semua tergantung hobi dan budget ajah….

38. one - Juli 2, 2007

@24 bukan arab tapi afganistan, gara2 uncle sam, afganistan jadi kacau balau

39. Busa_tio21 - Juli 2, 2007

@32. Kebak Angkoro
Itu gw banget sama Shogie 97. Pernah turing solo rider terjauh Bekasi-Sragen, pas di Sukorejo (dari Jkt sebelum Temanggung) ud maghrib di tengah hutan indikator bensin udah merah, sepi ngga ada rumah penduduk, itu aja gw udah ketar-ketir. Gimana kang JJ pas di tengah gurun ya…? Orangnya haus, motornya juga haus… Eduunn……

@17. JuNee
JJ selain singkatan dari Jurig Jalanan juga Jalma Jelangkung, dateng ngga dijemput pulang ngga diantar alias sorangan wae. Geloooo…… Saluuutt……

40. BlackFlag - Juli 26, 2007

BrotherhoodForeverForeverBrotherhood,mang..
ditunggu di Bandung mang oleh2nya,hehe..
mari kita rolling menikmati udara Bandung malam hari lagi..
support Bikers Brotherhood MC

41. BlackFlag - Juli 26, 2007

@19 purnama
emang lu kira kang ‘JJ’ tinggal dmana ??
heuu.. ktinggalan berita ya ??

42. egie 1% - Februari 11, 2008

kumaha bro kabarna,cageur? Sorry baru kontak sekarang, salut n’ sukses, pokona mah brotherhood forever forever brotherhood….

43. budi - Januari 11, 2009

Salut!!!!!! Kang JJ, Jaya Indonesia!!!!!

44. Kang JJ Part 1: Semua anak bs punya mimpi « KafeMotor - Juli 17, 2011

[…] bahwa kafemotor pernah menulis tentang beliau. Surprise, surprise. Kang JJ ternyata ikut membaca tulisan perjalannya ini di antara Spayol dan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: