jump to navigation

MP3 Sensasi Luar Biasa dari Piaggio Juli 30, 2007

Posted by ilham in Komentar Pilihan, Motor Baru.
trackback

By Girifumi

dsc06198.jpgSesuai rencana, aku menyempatkan hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS)2007 sabtu 21 Juli 2007. Seperti dugaanku, akan sangat didominasi kendaraan roda empat. Di antara stand terselip stand sepedamotor. Stand Piaggio versi CBU, yang paling menarik para pengunjung adalah MP3. Alhamdulilah, kamera digitalku sudah gak pernah rewel lagi.

MP3 yang satu ini bukanlah format audio yang kini sudah jamak ditemui player versi portable-nya dimana-mana dengan harga yang relative murah. MP3 ini merupakan produk terbaru dari raksasa scooter asal Italia, Piaggio.

Didatangkan dari Italia dalam kondisi Compeletely Bulit Up (CBU) oleh importir Sun Motor. Saat ini terdapat dua ATPM (Agen Tunggal kok ada dua ya?) yaitu Dansmotor yang konsentrasi di Vespa 2 tak manual harganya tidak lebih dari 15 juta. Kelebihannya selain memakai pengapian CDi, juga dilengkapi electric starter, dan rem depan cakram. Vokalis The Brandal memakainya. Ketika memakainya di ruas jalan ibukota tetap memakai kostum panggungnya plus helm berlapis kulit.

Kembali ke laptopโ€ฆ

dsc06194.jpgSedangkan Sunmotor memegang versi impornya yang rata-rata 4 tak jenis otomatis yang notabene tipe Continous Variable Transmission (CVT). Harganya paling murah 24 juta. Saat ini Sunmotor sudah ada di Bandung , Semarang , Surabaya , dan Bali .

Motor yang memiliki dimensi 2130 x 745 x 1490 mm ini memakai tiga roda tapi desainnya tidak seperti bajaj Bajuri orange yang biang polusi. Dengan mesin 4 tak 250 cc injeksi jelas ramah lingkungan dan memenuhi standar Euro 3, ingat lho Euro 3. Dua roda didepan dan satu roda di belakang. Tentu ada alasan tersendiri, para desainer Italia ini membuatnya demikian dengan dua roda didepan lebih memungkinkan untuk bermanuver ketimbang di belakang. Manuver akan sulit dilakukan bila dua roda dipasang di belakang karena letak penggerak roda juga ada di belakang.

Manuver? Ya. Manuver, berkelak kelok layaknya motor dua roda pada umumnya. Sepintas orang akan langsung mengasosiasikan MP3 dengan ATV (All Terain Vehicle) yang jamak ditemui diperkebunan atau pantai, basisnya motor tapi roda empat. ATV hanya kendalinya saja yang mirip motor namun soal maneuver jangan harap selincah motor biasa.

piaggio_vespa_mp3.jpgMP3 yang berbobot bersih 204 kg ini memang berbeda dengan ATV, kedua roda depannya benar-benar independent. Bila menikung ke kiri, maka posisi roda yang sebelah kiri akan lebih kedalam daripada roda sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. Sehingga menikung dengan posisi miring bukan hal yang sulit, tapi belum tahu bila menikung dengan posisi ala MotoGP. Rebah habis. Perumpamaannya mungkin bro tahu soal suspensi depan motor yang jenis teleskopik?sedikit mirip, bila kita miring ke kiri maka as tabung sok breker yang sebelah kiri akan lebih amblas ketimbang yang kanan.

Dengan tiga roda bukan berarti bila kita berhenti di lampu merah misalnya, kaki bisa berada di atas dek. Ini benar-benar motor dalam sebenarnya, roda depan benar-benar bisa miring ke kiri dan ke kanan. Jika ingin berhenti sejenak tinggal aktifkan pengunci roda depan yang memungkinkan roda depan akan stabil. Letaknya berada di sebelah kanan setang berupa tombol. Pihak Piaggio memberi nama Suspension Lock Switch.

Panel instrument perpaduan antara analog dan digital, dijamin terang dan mudah dibaca, dan tentu saja informative bagi pengendara.

Fitur lainnya tak berbeda dengan mobil, terdapat hand brake yang berfungsi mesin tidak bergeser dari tempatnya. Masing-masing rodanya dibekali cakram hidrolik double piston. Jadi total ada tiga cakram.

Terdapat dua bagasi, bagasi ekstra lega di bawah jok memiliki kapasitas hingga 65 liter, sedangkan bagasi lain yang memiliki ukuran mungil berada di belakang. Meskipun mungil ukurannya sedikit mirip dengan box yang lagi tren di pasang di sepedamotor saat ini. Untuk mengaksesnya tidak berbeda dengan skuter matik lainnya. Kuncinya sepintas mirip kunci biasa, namun Piaggio menanamkan teknologi PIN code, jadi bila ada yang menduplikat kunci motor ini lalu dipakai mesin tak akan bisa menyala.

Soal bahan bakar jangan main-main dengan motor berbanderol 98 juta on the road ini. Oktan tinggi mutlak diperlukan. Pertamax Plus bisa dijadikan pilihan. Untuk akses tangki bahan bakar terletak di tengah setang dan jok. Untuk membukanya mirip motor sport. Diperlukan kunci kontak untuk membukanya. Tangkinya sendiri mampu menampung hingga 12 liter bahan bakar.

Bagaimana dengan after sales servicesnya? Sunmotor menjaminnya. Masalah pangsa pasar, sama seperti motor lainnya yang berbanderol mahal, ini adalah motor hobi. Namun dari awal dilepas kepasar selalu diserap dengan baik oleh pasar Jakarta . Sehingga luar daerah belum bisa dipenuhi permintaannya, meski ada. Yang jelas, sejumlah media cetak dan jurnalis yang menjajalnya menyatakan puas dan merasakan sensasi yang luar biasa. Performa MP3 dengan kapasitas mesin bersih 244, 3 cc, silinder tunggal dan berpendingin cair ini begitu meyakinkan bukan hal yang sulit mencapai kecepatan 120 km/jam di trek lurus.

Sebagai perbandingan skuter gambot juga dibuat oleh Suzuki Sky Wave 250, Yamaha Majesty 250, dan Kymco sendiri sepanjang pengetahuanku merilis Grand Dink.

Komentar»

1. coroayu - Juli 30, 2007

#1 nih huahahahahah
asyik juga ya motornya…keren…gbr yg ketiga bannya 3???

2. Gembel Kaya - Juli 30, 2007

2nd Waduh, Koq kayak becak mundur yak???
Tapi keren juga sih๐Ÿ™‚

3. jojon - Juli 30, 2007

98 jt, bisa kebeli avanza, apv dan temen2nya.

4. cxrink - Juli 30, 2007

di jakarta bisa lincah gak thu..nyalip nyalip di belantara mobil dan motor …. …

5. wyren - Juli 30, 2007

Wah… Kalo pingin begaya mending nyoba ATV…๐Ÿ˜€

6. adine - Juli 30, 2007

jan mantep. ya piaggionya ya reportasenya.

7. Eko - Juli 30, 2007

Anjritttt๐Ÿ™‚ keren euyy

8. ilham - Juli 30, 2007

gw pas di IIMS ga sempet ke stand motor dan asesorti. bini udah ga sabar dan ga banyak waktu. soalnya dateng malem buat lihat2 mobil aja. Lagi pula layoutnya ga seperti dulu … Motor pada nyempil bro ๐Ÿ˜›

9. elkosith - Juli 30, 2007

Heh piaggio mang keren, barusan ketemu X9 abu-abu. Kayaknya mahal ya?

10. cecep2007 - Juli 30, 2007

unik + keren abis dah….

tp jangan dikasih pinjem pada anak yang baru belajar ……ntar bahaya…wekekek….kagak perlu kaki nahan motor sih….

peace ah

11. tripletri - Juli 30, 2007

mahal man….!!!

12. Rifki Darul 'Ulum - Juli 30, 2007

Pastinya enak buwat turing….. kokoh dan stabil tuh….
btw sy yakin inspirasinya pake roda tiga dari becak kita tuh, he he he

13. andromeda - Juli 31, 2007

emang piaggio… weleh… weleh…
jadi bingung mo ride piaggio apa ducati yah xixixixi….. kaaaabbbuurrrrr………….

14. Kebak Angkoro - Juli 31, 2007

wiiiiih…wiih….edan…edan kebayang nixmatnya..
alamak..kapan daku mampu memboyongnya…

15. y4m4h4_b1k3r - Juli 31, 2007

ini motor pernah nampang di BEJ sebelumnya. harganya 84 juta. . . yg paling bikin iri yg jaga bilang., “yg ini sudah dipesan orang mas. . .” weleh weleh. . . di eropa sana denger2 ini motor laku keras, sampai pabriknya musti jalan 24 jam. . .
eniwei, kalau mau alternatif lbh murah, sdh banyak kok yg bikin roda 3, tapi 2 roda di belakang, bukan didepan. . . kebanyakan yg pakai yg kakinya bermasalah (cacat). tapi kalau dipikir2 lagi, why not utk dipakai modif harian. kaki nggak cape musti nginjek aspal, lagi pula lbh stabil. kalau spt kakak ipar, pakai moge yg ada sidespannya, soalnya dia juga somehow gak bs pake roda 2.
eniwei, selamat ngimpi deh, soalnya kalau harga 80 jt an sih mending beli mobil aja sekalian (lbh stabil, pake ac lagi. . .)

cheers,

16. Aji - Juli 31, 2007

wah hebat banget nih motor…..TOP markotop

17. asikbae - Juli 31, 2007

ulasan yang mantap bro…btw konsumsi bahan bakar gak disebutin..??

18. fear month - Juli 31, 2007

98 juta ?
Kebayang ga, kalo dibeliin cendol dapet seberapa banyak ?
Bisa makan cendol, mandi cendol, sampe pup cendol segala tuh.

Mahaaaaaal…………..
Setuju sama no 3….. mendingan beli mobil kalo segitu mah.
Atau buat DP Apartemen. Hahahahahahaah

19. nuvan - Juli 31, 2007

Jadi inget vespa ndog yang dulu jaman taon 85 aku lego 150 rebu….
abis itu dimarahin bokap…..kekekkekekeeee….

20. wyren - Juli 31, 2007

Akur aja lah bro… Toh orang yang punya motor kayak gini udah pasti naik mobil sekelas bi-em or mercy.. Mungkin punya rumah 3…๐Ÿ˜€

Toh kalo di Indonesia motor sejuta umat ya bebek.. Kalo ini udah masuk hobby..

21. andromeda - Juli 31, 2007

@20
yongkru mas bro…. memasyarakatkan bebek dan mem-bebek-kan masyarakat Indonesia xixixixixi….

btw kadal putih mane neeehhh…..
kaaaabbbbbbbbbuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr……..

22. foens - Juli 31, 2007

wahhh….. jangan-jangan inilah re-generasi becak yg paling cocok di indonesia ………. ( ngimpiiiiii…..palsuuuuuuu …!!! )

23. vega - Juli 31, 2007

Mantap nih motorrr.. (motor atau cakbe ya? cakbe=becak yang mundur..hihhi).

Tp asli inovatif..

24. andromeda - Juli 31, 2007

@23
wuih… vega neeh? (vega ngatini yah? yg di acara 4 mata) xixixixi….
apa vega rider juga? :))

25. gal120 - Juli 31, 2007

Kalau liat sistem suspensi depannya mungkin sistemnya dengan menggunakan cairan suspensi yang terhubung antara suspensi kiri dan kanan ya, jadi kalo yang satu memendek yang lain memanjang.. Wah kalau memang sistemnya sesimple itu menhasilkan produk sehebat itu berarti mereka benar2 inovatif ya, kita sih cuma bisa nerima teknologinya, itu juga kalau udah ngerogoh kantong 98 juta..๐Ÿ™‚

26. purmana - Juli 31, 2007

[at] gal120

Tapi kayaknya suspensi depan pake sistem independent Seperti di mobil2 sedan terbaru.

Artikel tentang ini dah pernah dimuat juga di sini.

Emang cocok buat pengganti becak….๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

27. musiklip - Juli 31, 2007

Ha ha ha
Kirain MP3 format musik๐Ÿ™‚

28. calisto - Juli 31, 2007

98 jeti????
budget segitu,gw sih milih liberty ET4…. sisanya buat beli scorpio trus dimodif streetfighter….

29. k'tutur - Juli 31, 2007

Wah, kalo buat ngojek bisa balik modal gak Bro?
Berape taon?๐Ÿ˜‰

30. andromeda - Juli 31, 2007

@29
wekz…. buat ngojek? tarif paling deket(2km) 300rb tuh baru mungkin balik modal, brp lamanya itung ndiri dah xixixixi….
kaaaabbbbuuuurrrrr………
kadal putih mane neeh?

31. dewo - Agustus 1, 2007

Seandainya semurah skutik biasa, pasti bakal laris manis.
(** Ngimpi dulu ah… **)

32. girifumi - Agustus 1, 2007

@28
sayang bgt ET4 sudah gak diproduksi lagi…

33. foens - Agustus 1, 2007

bwt ngojek plus ngangkut aqua galon,gas lpg, blanjaan pasar, …… juga bwt ngangkut rumput sehabis nyabit….. ck…ck…ck….. fungsinya tyt banyak ya ………..

34. Mihael "D.B." Ellinsworth - Agustus 1, 2007

Hmm….Motor ini sangat menarik, saya jadi ingin membelinya. Andai ada modal…

35. IAn - Agustus 1, 2007

motornya keren. ada yang udah bisa modif kyk gitu ngga ya?
dari pada beli aslinya mahal

36. girifumi - Agustus 7, 2007

Bisnis Indonesia, Senin, 06/08/2007

Indomobil penetrasi pasar dengan skutik Suzuki Skywave

JAKARTA: Mengawali semester II, PT Indomobil Suzuki International akan merilis skuter otomatik (skutik) baru yaitu Suzuki Skywave untuk memperkuat penetrasinya di pasar motor domestik.
Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki International (ISI) Soebronto Laras mengungkapkan skutik baru ini akan diperkenalkan ke publik pada 17 Agustus bertepatan dengan HUT RI di Candi Prambanan.
Suzuki Skywave akan menggunakan mesin berkapasitas 125 cc, sama dengan dapur pacu Suzuki Spin, skutik pertama Suzuki di Indonesia. Model ini diproyeksikan membidik para pekerja di kota besar yang seringkali terjebak kemacetan.
“Jadi ini [Suzuki Skywave] kakaknya Spin. Tapi tampilannya lebih simple dan lebih mewah,” katanya di sela-sela penyambutan Shogun Jelajah Negeri 3 (SJN 3), kemarin.
Kendati belum memutuskan berapa harga jual skutik terbaru ini, Soebronto menuturkan Suzuki Skywave akan dipasarkan dengan harga di atas Suzuki Spin, tapi lebih rendah dibandingkan dengan harga Honda Vario. Dia memperkirakan harganya antara Rp12 juta hingga Rp13 juta.
Di bawah 20%
Di segmen skutik, selain berhadapan dengan Honda Vario, Suzuki Skywave juga akan bersaing dengan merek lain termasuk Yamaha Mio dan Kymco Jetmatic Free. Secara keseluruhan, dia memperkirakan pangsa pasar skutik tahun ini masih berada di bawah 20% dari total penjualan motor domestik.

37. asikbae - Agustus 7, 2007

ini bt nggantiin spin gitu..??

38. kadal putih - Agustus 7, 2007

ampun deh kayanya suzuki sering bgt gegabah ngikutin motor yg lagi tren, kaya arashi ngikutin zx, mx eh kurang laku. spin ngkutin mio n vario eh kurang laku juga. harusnya sih buat inovasi yg bener2 baru, jadi pioneer gt, wuiiiih mantap soalnya soal harga suzuki paling gak neko2 dibanding pabrikan jepang lainnya

39. girifumi - Agustus 11, 2007

@38
Suzuki,it’s only my opinion,suka latah padahal punya potensi pioneer.
Honda bikin motor sport 200cc,ikutan bikin Thunder 250 dengan model yang sama.
Honda bikin motor murah,Legenda ikutan bikin Smash.
Honda bikin motor bebek 125cc 4 tak,ikutan bikin Shogun 125R.
Honda bikin skuter matik,ikutan bikin Spin.

Kesuksesan Suzuki yang nyata adalah New Shogun 110cc dan Thunder 125.Arashi sama sekali bukan meniru MX (karena memang lampu utama di setang,mungkin bentuk sepatbor dan body depan ya?) ZX? Kawasaki mah bukan level.
Di Thailand,Yamaha bikin X1,motor ini memiliki spek sama persis dengan Spark (disini Jupiter Z) hanya saja lampu depan ganda model moge Yamaha. Suzuki Siamlah yang meniru model X1,kalo disana namanya Katana.

40. mazdody - Agustus 12, 2007

asyik nih,tanpa standar ya.roda tiga tapi manuvernya ky roda 2.piaggio emang top,eh munkin piaggio terinspirasi dari becak kali ya he he he

41. Kang Kombor - Agustus 23, 2007

98juta? Rumah ane hanya 82,5juta KPR 5 taon. Jual rumah juga nggak kebeli yah…

42. Kang Kombor - Agustus 23, 2007

98juta? Rumahku saja hanya 82,5 juta. Jadi jual rumah masih kurang buat beli ini MP3?

43. Kang Kombor - Agustus 23, 2007

Sorry dua kali (tiga sama yang ini). Tadi di-refresh juga nggak muncul2.

44. aldiar - Agustus 27, 2007

Kayaknya motor kaya ghito baguz juga cman nyman ga di pakenya……?????Tapy gue juga kayaknya kabita saetikkk…..!!!!!!!!!!

45. aldiar - Agustus 27, 2007

coba alung keun hiji ka imh urang!!!!!!!!!!
gancang hiji we…………….h?

46. johan - September 2, 2007

mahal yaa….!!!!!

47. Andry - September 4, 2007

huehehehe…
dari dulu pengin punya motor bongsor (biar pas ama badan), tapi kok ya harganya mahal2 yak…
ini skuter bongsor juga harganya bisa buat beli mobil baru…
padahal keren bgt, sampe napsu ngeliat gambarnya…
ampun dah…

48. tophthuff - November 9, 2007

kemaren liat nih motor di kemang , keren & larinya kenceng , yg bawa cukup apik di tengah kemacetan masih bisa selap selip.

49. tophthuff - November 9, 2007

oh ya satu lagi di tengah macet kakinya nggak turun, cuma nggak bis akayak bebek nyelip2 di tengah mobil

50. xoco - Januari 31, 2008

tolong kirimkan brosur lengkap, daftar harga dan dimana bisa beli, gituuu………!
cepet lho..!

51. Imron - Februari 14, 2008

brosur lengkapnya kita juga pengen, ato kalo ada modifikator yang bisa roda tiga kayak geneh…. terultama daerah bandung

52. Suryadharma - Februari 21, 2008

aye juga pingin mau lihat dan mau tau tentang showroomnya ada dimana aja, apa ada di Bekasi karena ane tinggal di Bekasi

53. baroena - Desember 3, 2008

kok bisa mahal banget ya MP3 itu? yang bikin mahal mesin ataua designnya ya? biasanya harga Piaggio kan standar2 aja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: