jump to navigation

Bahaya Ngelitik Akibat BBM Buruk Agustus 2, 2007

Posted by ilham in Motor Baru, Sharing, Tuning.
trackback

Banyak pertanyaan seputar penggunaan BBM yang cocok untuk motor yang kompresinya lumayan tinggi. V-Ixion, FU, CBR, FXR dan yang semacamnya. Cukup beralasan sebab penggunaan BBM dengan oktan tinggi disarankan pabrikan sementara harganya semakin mahal saja. Apa dan bagaimana sebenarnya hubungan BBM, nglitik (detonasi), dan kompresi silahkan baca ulasan bro Adi berikut:

By Adi (NSR Club)

Ngelitik/detonasi/knocking itu gejala ketidak sempurnaan pembakaran. Fenomenanya bisa terjadi pada dua model sebagai berikut.

Fenomena pertama, pada saat piston menuju TMA dan belum sampai TMA, bahan bakar sudah terpantik dan mulai expansi sehigga piston kena beban dari 2 arah: keatas dan ke bawah. Akibatnya akan terjadi rusak berbagai komponen terkait, mulai head, piston hingga stang seher.

Gejala ini terjadi karena bahan bakar oktan rendah dan timing pengapian terlalu maju. Idealnya bahan bakar ber-expansi setelah piston menuju TMB.

Secara teknis, fenomena kedua yang terjadi selama proses pembakaran adalah: kecepatan ledak bahan bakar terlalu tinggi sehingga ngalahin kecepatan gerak seher di RPM tertentu. Hal ini terjadi pada saat menggunakan bahan bakar oktan rendah dan Maximum Squish Velocitynya (MSV) tidak sesuai dengan kebutuhan.

Terkadang ada mekanik sengaja menurunkann kompresi sejadi-jadinya. Anehnya gejala gelitik, masih ada ya? Itu terjadi bila mekanik tersebut tidak cukup mengerti ukuran-ukuran yang diperlukann. Minimal ia harus paham ukuran perubahannya. Efek fenomena ini sama dengan fenomena pertama. Piston akan terkena beban berlebih pada saat itu dan yang rusak komponen-komponen yang sama.

Untuk menghindari gejala ngelitik (detonasi) sebaiknya menggunakan bensin oktan tinggi sekaligus timing pengapian disesuaikan kebutuhan, Jika ingin mengubah head, jangan ekstrim, kecuali bener-benar memahami fenomena ledakan di ruang baker. Efek fatal akan menimpa mesin gara-gara terlalu banyak ngelitik (detonasi).

Menurunkan gejala nglitik harus dengan mengubah squish. Bisa dengan cara squish dikecilkan/nat ditambah dan ukuran pembesarannya. Tergantung parah atau tidaknya gejala ngelitik (detonasi). Bisa juga dengan memundurkan timing pengapian. Namun ini bukan cara bagus. Sebagai contoh untuk NSR, timing pengapiannya sudah dipatok mati oleh Honda. Jadi hati-hatilah dnegan gejala ngelitik ini dan jangan asal modif mesin…

Sumber Foto: http://www.mocyc.com/board/upload/1172125265.jpg

Komentar»

1. glbabi - Agustus 2, 2007

tambah paking saja boss

kiko - November 5, 2009

g segampang itu bos
bakal beda kerasanya kalo di paksa bikin kompresi low dari paking

2. girifumi - Agustus 2, 2007

umumnya mekanik trial and error,terus kalo praktisi orang kuliahan ‘njlimet di teori.sip…akhirnya jadi artikel tersendiri…

3. ary - Agustus 2, 2007

yah gitu dehhhh…..

4. calisto - Agustus 2, 2007

no. 4

gak podium nih….

5. BJUBAH HITAM - Agustus 2, 2007

sippp..dapet 5 besar

6. jenang - Agustus 2, 2007

paling gak 10 besar lah..

7. E 5941 AM - Agustus 2, 2007

finis ke 7
9poin yah?

8. wonkbatam - Agustus 2, 2007

hore,,, 10 besar,,,
he,, he,,

9. vixionerz - Agustus 2, 2007

nomero 9

10. no touring community - Agustus 2, 2007

passsin deh jadi 10

11. jack - Agustus 2, 2007

wew ke 10 bro T_T

12. jack - Agustus 2, 2007

lohh kq jadi 11 sehhh… no toouring curang neh…
T_T

13. ADHID - Agustus 2, 2007

@all
wah..wah…ni ulasan spt kjadian yg dialami espi ane niy…tks bro ilham, smoga rekans ga ngalamin hal spt ini, tp sy jelaskan sdikit bhw kjadian yg sya alami bukan krn pemakaian BBM tp melainkan krn pemakaian busi yg salah….makanya bagi rekans yg ingin ganti busi kudu hrs ngerti n paham yaaa minimal bw kebengkel lah….

LovE NSR

14. telorasin - Agustus 2, 2007

kan ada oktan booster broo.. atau ada yang punya review quasar yang katanya bikin maknyuus tarikan.

15. Umar - Agustus 2, 2007

Ngelitik itu rasanya seperti apaa seeehhh????

Geli kali ye…

16. cxrink - Agustus 2, 2007

mana nia yang harus aku pilih untuk macanku yang baru …mau bensin apa ya..?????

17. dHaNy - Agustus 2, 2007

ada sedikit ramuan bensin nihhhhh..
buat ngatasin BBM beroktan tinggi yg harganya mulai selangit ini ada sedikit ramuan :
PertamaxPlus +Premium = PERTAMAX bos
penghitungannya gini bos,prtmxplus kan oktannya 95 ditambah premium oktannya 88 hasilnya kan 183 dibagi 2 deeh,,jadinya sama kaya pertamax 92 deh walaupun cuma beda 0,5 aja kan ga papa doong..btw,takaran masing2 BBM 1:1 lho..sukur2 kita bisa dapet BENSOL,tinggal kita atur racikan sesuka hati aja tuuuh..
oh iyaaa,utk hitungan biayanya kaya gini bos..
1 liter prtmx plus = 6500
1 liter premium = 4500
——+
11.000
klo diitung2,daripd kita beli pertamax 92 yg harganya 6400 perliternya,mending kita oplos aja tuh bensin sendiri,,kaan beda seceng duaceng mah lumayan bos dikeadaan yg kaya sekarang ini..

18. deKing - Agustus 2, 2007

@Bro Dhany:
Maaf saya buta masalah yang ginian. Kalau secara matematis sich memang seperti itu, tetapi secara kimia apakah hal tsb berlaku?
Thanx atas informasinya

19. Je - Agustus 2, 2007

Emank harga pertamax plus naek lagi ya??
Eh mao tolong tanya, ninja gw akhir2 ini lampunya sering kedip2 klo lagi d gas penuh…Itu kenapa ya???Truz klo ga salah operan gigi nya jadi pendek, apa itu gara2 koplingnya selip ya??(maaf out of topic)

20. 2T - Agustus 2, 2007

gw sih isi shell cuma kalo lg males ngantre.. kan 2T, kompresi rendah😀

21. glbabi - Agustus 2, 2007

@19. Je: itu sepertinya pengisian listriknya ada yang nggak bener, coba cek kalau nggak akinya lemah, regulator atau dinamo ampernya yg udah payah.

22. glbabi - Agustus 2, 2007

Tapi sebelum cek yang susah2, cek yang gampang dulu. Bisa jadi cuma kabel ke lampunya kendor. Nah pas digas gede kan getar jadi sambungannya ikutan getar bikin lampu kedap-kedip.

23. Exciter - Agustus 2, 2007

Ngelitik atau self ignited sering terjadi di seputar motor kita ga peduli motor std or dah full racing secara teori untuk motor std sesuaikan dgn nilai kompresi mesin dgn nilai oktan.ini contoh kasus dlu ketika shogie 110 sgtlah nglitik jika pke premium n stlah itu suzuki mengimprove dgn menambah jumlah layer cyl head pking dri 1 lpis menjdi 3 lpis n langkah ini terbukt ampuh untuk mengurangi gjala nglitik pada shogun 110.trus bgmana dgn mesin korek atau modif ngelitik sgt2 mungkin terjadi apalagi tdk menghitung kembali volume ruang bkr n tentu saja bentuk ruang bkr sprti yg bung adi bilang lbr sguish/nat mesti di sesuaikan,contoh ksus byk keluhan yg terjdi sgt vega di bore up pke piston kaze ngelitik sangatlah sering terjdi walau ketebalan pking cyl head ditambah stlah diliat bentuk dari kubah ruang bkr vega tdk sesuai dgn bentuk crown piston kaze jd perlu ada penyesuain bentuk,asumsinya pas seher kaze mengkompresi campuran bensin n udara msh ada gas yg terjebak diantara pinggir crown piston jd pembakarannya gak sempurna.
Mohön di koreksi bla ada kekeliruan

24. andromeda - Agustus 3, 2007

@17
bisa aja bro klo mo di oplos, cuma klo bs oplosan itu pake perbandingan, klo ga salah itu 1:2 antara pertamax n premium tao pertamax plus n premium, klo pertamaxplus n pertamax biasa sama aja dong.
pengalaman pribadi gw: motor veggy klo gw pake premium sama sekali ga bisa lari(istilahnya) kurang power, pake pertamax or pertamaxplus mesin jd panas banget, jadi skg gw pakenya shell super n hasilnya mesin gw lebih dingin dari pada pake produk… sorry…. P*******A

@adhid
mana aja luh, di telp ga diangkat, dapet ga wangsitnya xixixixi….
kaaaabbbuuuuurrrrr………..

25. boncobanget - Agustus 3, 2007

setuju banget dengan om andromeda…
kemaren akiyu… juga pertamanya pake premium larinya ngeden kaya mau pup’s😀 eh,,, setelah pake shell super wuih… larinya kenceng abissssss….!
*sabtu besok juga mau ke pantai carita pandeglang bawa supra empit… pake shell supeeeeeeeeeeerrrrrrrrrr! biar kencing eh biar kenceng larinya!

26. jabul2 - Agustus 3, 2007

kapan ya bensin di Indonesia bakalan abis bis.. motor pada jadi bangke…….ke

27. elkosith - Agustus 3, 2007

Wah, kalo main oplos gitu kayaknya jangan deh, soalnya ikatan kimia keduanya kan beda, jadi kalo dicampur susunan molekulnya gak “rapi’. Akibatnya bensin susah terbakar sempurna. Ini cuma perkiraan pribadi……

Dulu pernah pake premium + Po*er 21, rasanya kaya pake pertamax. Sekarang Po*er 21 mahal.

28. girifumi - Agustus 3, 2007

@27
intinya tahu lah kebutuhan motor kita.kalo emang mau ngisi bahan bakar lain pastikan bahan bakar yang lama hampir habis..

29. ADHID - Agustus 3, 2007

@24. andromeda
ada kok bro ga kmana2, boro2 dpt wangsit malah yg ada espi gw ngambek…😦

30. andromeda - Agustus 3, 2007

@29
halah…. makanya loe ga usah cari wangsit d, orang loe udah wangsit itu xixixixi….
kopdar yuk bro, KFM timur & utara xixixixixi….
*provokator mode on….. kaaaaabbbbbbbbbuuuuuuuurrrrrrrrrrrr………..

31. adine - Agustus 3, 2007

@ 24. andromeda @25. boncobanget

gw dr awal 2007 pake SHELL super terus. walau sbnrnya males turun dr motor. gw dah bbrp kali kasih saran ma petugasnya, “mas mbok yao ga pake ada turun motor s’gala, tengkinya di depan ini ‘kan. biar ga bikin repot yg cape pulang kerja gitu maxudnya.”

eh ternyata ga rubah jg: kalo-ngisi-bbm-hrs-turun-dr-kendaraan. walau pake tengki otomatis buka kaya kymco free lx sekalipun.

ya udah akhirnya dgn terpaxa balik maning aja ke pertamax.

kalo shell dah revisi kebijakan yg satu itu, gw balik lg dong ke shell…

32. nuvan - Agustus 3, 2007

Secara awam, bisa ngga kita mendeteksi mana premium yang tanpa timbal ato mana yang masih ada timbalnya…? tanpa harus pake uji lab segala… pake manual gimana gitu…? ada yang tau….?

33. adine - Agustus 3, 2007

@26. jabul2 – Agustus 3, 2007

ha..ha..ha..ha..ha..ha..
kenapa Bro? pernah digunting motor sialan ya? ato ditabrak?

motor jd bangke gara2 bensin abis bis ga bakalan kali.
yg ada berevolusi jd motor gas ato motor listrik. tuh dah dimulai ma betrix bikinan bandung.

34. girifumi - Agustus 3, 2007

@32
produk Pertamina gak konsisten kadang bagus,kadang jelek,kayak gitu ya uji lab,itu setahuku…

35. ADHID - Agustus 3, 2007

@30
bole….kpn en dmn?

36. girifumi - Agustus 3, 2007

@all
ganti tempat…pengennya sih Bogor?tapi kejauhan?mau gw sih siang…
any idea?

37. ADHID - Agustus 3, 2007

bro giri
klo dibogor gw jg justru maunya siang….klo kesorean rada2 males coz rada2 macet byk yg hangout ke puncak…..trus hr-nya sabtu, abis gedring kt ke PP (Puncak Pass) deh….ngirup udara segar smbl mkn JaBar….asik kan

38. nuvan - Agustus 3, 2007

Apa pertamina ngga mendistribusikan hasil mereka ke semua SPBU dengan merata yaa…? kok bisa sampe ada SPBU yang PASTI PAS (dijamin mutu) dan ada juga SPBU yang meragukan kualitasnya…?

39. andromeda - Agustus 3, 2007

@35
mas bro di susun dunkz acarax xixixixi…
bro nathan mana yah ga muncul” lg, apa gantian dia cari wangsit yah…. hihihi…. kaaaabbbbbuuuuurrrrr………

@33
mas bro kopdar ga tar, stiker lagi yak di parkit xixixixi…

40. nathan - Agustus 3, 2007

hohoho…pada dsini toh…

41. andromeda - Agustus 3, 2007

@40
wekz… baru nongol… habis cari wangsit juga neeh xixixixi….
kopdar…. timur n utara tuh hihiihii…. kaaaabbbbuuuuurrrrr……

42. adine - Agustus 3, 2007

@ andromeda

ente kabuur mulu tapi udahnya balik lagi… ga konsist blas!
kabur ya kabur aja sonoh ga pake balik lagi…. kikikikkhh..

*OOT kaya gini jgn di sini kale.. gara² androk si midah nih… :p

43. girifumi - Agustus 3, 2007

@Andromeda
salam ya buat Seiya,Shiryu, semoga tetap damai dan kompak selalu…
tak lupa kekasihmu Hyoga,dan abangmu Ikki jangan pada berantem ya?
Jangan lupa rantai Nebula disimpan…

44. maling-motor.com - Agustus 3, 2007

maap mas2 / mbak2 skalian
perkenalkan saya orang awam banget ttg motor
mohon petunjuknya…

saya punya 15 motor & kirakira 2 minggu yang lalu
saya nemu motor lagi… karena ndak ada
yang ngaku pemiliknya maka saya bawa pulang aja,
sekarang saya lagi mpreteli motornya dan tidak bisa
memasangnya kembali
info motornya vixion. terus gmana ya…
help pliz

45. vixionerz - Agustus 3, 2007

@MALING-MOTOR

WAH BAGI2 DONG

46. purmana - Agustus 3, 2007

Wah,,, kapan ya di Bandung Shell ama Petronas buka SPBU ???

Ngisi di Pertamina sih rugi!!!!!! Apalagi kalo ngisi buat mobil gw…

Pernah temen gw yg tajir bawa Mercedes C-Class yg ada indikator jumlah bensin di tanki-nya. Dia isi rp 100rb Pertamax+ dan ternyata cuma nambah 14,53 liter dari seharusnya 15,385 liter.
Jadi temen gw dah rugi +/- 0,85 liter. Emg sih dia gak masalahin, dia kan tajir…. Tapi yg namanya kejahatan tetap kejahatan…

PASTI PAS???? PAS APANYA…????

47. vixionerz - Agustus 3, 2007

makanya kalo isi bensin di pertamina yang ada tuluisannya “ON THE MOVE PASTI PAS” yang ada tandanya itu udah di audit

48. kump45 - Agustus 3, 2007

Detonasi bisa disebut jg sebagai pembakaran/penyalaan diri pada bahan bakar sebelum pembakaran yg dilakukan oleh busi…dan kalo di sistem kerja mesin 2tak bisa jg disebabkan oleh adanya kerak2 yg menumpuk di ruang bakar…hehe piss🙂

oiya mo nambahin kalo ada yg lom ngerti..
TMA = Titik Mati Atas (posisi piston top)
TMB = Titik Mati Bawah (posisi bandul 180 derajat dari top)

49. nuvan - Agustus 4, 2007

lebih baik mana penyalaan yang dimulai sesaat setelah piston turun dikit dari TMA…. ato pas saat TMA persis….?

50. elkosith - Agustus 4, 2007

Kalo kecepatan gak terlalau tinggi, terus kita pake gigi tinggi, terus gas kita buka banyak, mesin jadi aneh. Itu ngelitik ya? Apa itu juga karena self ignite?

51. nuvan - Agustus 4, 2007

Define nglitik…

52. adi - Agustus 6, 2007

wah jadi rame neh masalah ngelitik ya?
Info aja:
Di ruang bakar baik 4tak ato 2tak step2 pembakaran begini:
Kompresi – Bahan bakar memanas – busi memantik(B Bakar kebakar) – piston baru mencapai TMA – Piston mulai turun SEKIAN DERAJAT – B Bakar Meledak (Berekspansi).
So harus dibedain bensin kebakar sama bensin meledak ya, kl bensin ditaruh dikain trus disulut api dia kebakar, kl bensin dikompressi trus ada panas/api setelah seper sekian detik meledak.

Trus liat step pembakaran tadi ada step piston turun sekian derajat, ini beda2 tiap pabrikan biasanya kl CDI2 racing nyetting waktu MELEDAKNYA makin mendekati TMA kl CDI std agak sedikit jauh dari TMA krn lebih aman detonasi. korelasinya ma pantikan busi gmn? kl busi memantik jauh sebelum piston menuju TMA berarti waktu meledaknya makin mendekati TMA, kl busi mantik saat piston deket TMA berarti meledaknya Bensin makin jauh dari TMA so kesimpulannya bahan bakar butuh waktu untuk meledak setelah dia dipantik busi.

trus apa itu self ignited? self ignited dimesin bensin itu artinya Bensin meledak bukan karena busi tp krn hal lain misal suhu yg tinggi ato kerak yang menyala,stepnya gini
piston kompressi- suhu SANGAT TINGGI – bensin terbakar – busi mantik-piston belum TMA – Bensin meledak- piston kena beban dari 2 arah – piston rusak.

Hukum alam : bensin + udara + panas = api so untuk ngebakar bensin / solar gak perlu api cukup pake panas aja,
Hukum alam juga : Udara ato campuran BB dikompressi menghasilkan panas, makin tinggi kompressi makin panas suhunya.

53. adi - Agustus 6, 2007

Sori neh OOT, numpang nanya barusan gw beli supra FIT tromol tahun 2006 Rp 4,650 jt pajak mati 4 bulan murah gak ya?

54. re-wondo - Agustus 6, 2007

@53, adi
murah bro, temen gw supra fit 2006, masih nyicil 10x 532 rb

55. idur - Agustus 6, 2007

ora mudeng mbah

56. begundal dan pecundang - Agustus 6, 2007

mudeng mudeng hm hm hm hm hm ya ya ya ya ya ya, koyo ngono toh, yo yo yo yo yo mudeng saiki. jadi kalo kompresi tinggi pake solar aja ya? kan mesin dah panas businya mantik sekali sekali aja… HEHEHEEHEHE piye kuwi mengko mesine??!!!!???

57. adi - Agustus 6, 2007

halah… neng kono opo iki piye sing ora ngene saiki lah…ini malah gw gak ngerti lo ngomong apa…
bisa tuh pake aja solar, gw jamin gak pake CDI juga motor lo idup, cm head harus dipapas sampe kompressinya min 16 :1

tar kl dah coba kasi laporannya ya..

58. Judiiiiiiiiiiiiiiiiiii - Agustus 11, 2007

Ga ngerti gua???, gitu deh

59. Dede Alpine - Agustus 12, 2007

57. Bang Adi,
kalo kita mau ningkatin kecepatan nsr r apanya, yang harus di robah or di ganti…. motor saya kurang kenceng, kemarin udah saya test sama ninja rr, tapi saya kalah….

Bang Adi, sekarang motor saya agak sedikit masalah, mungkin karena saya paksa ngebut… kalo saya dalam keadaan kenceng, mesin suka berbunyi, seperti ada benturan, nah di tambah jadi agak kasar suaranya?

please dong? bantuannya…

60. mazdody - Agustus 12, 2007

sial banget gw.mau ngirit beli premium eh ps udah dibayar,keliru .ternyata dispensernya pertamax.harusnya dapet 11 liter cm dapet 7.5 liter,gara2 kurang merhatiin.:(

61. jabul2 - Agustus 13, 2007

heuaheuaehaueh…
motor listrik,
keren juga.. kayak sepeda nya aa gym duonks.
bisa di cas juga kali ya pake setruMmmmMm…
mantafFFFffFffffF…
trus kabarnya bensin bio bio itu giman ya…
pissss

62. adi - Agustus 13, 2007

Apapun motornya yang penting kondisinya harus sehat dulu, kl dah sehat baru boleh di rubah buat nambah speednya, diantaranya
yg pasti porting lubang masuknya harus bener, trus stel spuyer sama seting gir, itu dah cukup untuk harian kl buat balapan banyak bgt bisa 2 halaman gw ngejelasinnya..

kalo kasar biasanya sih di NSR gak jauh2 dari seher yg longgar sih kl gini jawabannya cuma over size, lain hal kl stang seher kena ya harus belah mesin, kopling oblak ya dipantek itu aja sih..

63. tuxer - September 20, 2007

Mo nanya, kl ganti dr bensin ke pertamax itu bisa ngilangin gejala nglitik ga? Trus kl mo ganti apa mesti dikuras dulu? Ada y bilang mesti dikuras, ada y bilang tinggal dicampur sm sisa bensin… yg bener gmn ya? mohon pencerahannya…

64. adi - September 20, 2007

ngelitik itu hub nya gak cuma bensinnya aja mas kondisi mesinnya juga
contoh kasusnya gini :
ada mesin motor yg dirubah buat nambahin performa dg cara naekin kompressi, nah kl angka kenaikannya sangat tinggi & ternyata menurut perhitungan dia minta bensin beroktan min 100, maka kl kita isi pertamak pun yg oktannya gak sampe 100 maka dia akan tetap ngelitik, cuma kl ternyata menurut perhitungan dia minta oktan sekitar 98 maka dikasi pertamax bisa hilang tuh ngelitik.

kl nyampur bensin + pertamax selama ini saya coba gak ada masalah apa2 cm secara teoritis antara bensin N pertamax blm tentu bs nyampur sempurna, berarti ada kalanya mesin kita ngebakar campuran dengan oktan A dan adakalanya dg oktan B, cm kl pake indra manusia mungkin gak kerasa.N selama ini sih gak ada laporan dari org bahwa mesin dia jebol gara2 nyampur bensin + pertamax, kecuali ya itu tadi kl dr awal dah ngelitik N dicampur pertamax masi ngelitik ya lama2 jebol deh tuh mesin

65. Anti rayap - Mei 28, 2008

salam gabung…
tolong,solusi motr mio klo lepas gas meledak dngan sendiri ya……..

66. Alvin huang - Oktober 5, 2008

Gejala kerusakan rantai keting itu gmn y?

67. MIACHI - Oktober 14, 2008

wah jdi gmana cray spya g terjdi detonasi pda mtor,
ganti PERTAMAX aj bro…………..

68. jembut brondol - Mei 27, 2010

satria fu 09,pake air kencing bisa jalan euw…

69. andi selalu fals - Mei 28, 2012

askum para master mtr w vega r 2005 habis bor up tiger std..kok jd ngelitik padahal stelan celah klep rapet ngga longgar…?,wkt sblmnya ga ada ngelitik wkt pakingnya tebal,tp stelah paking bloknya di kurangi malah jd masalah yaaa jd ngelitik rame…gmn ya caranya tuluung…!

70. Dina - Desember 4, 2012

Bang adi…mtr sy vega 2005,klo pke seher kaze os std/os 1.00,boringnya harus d ganti ga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: