jump to navigation

It’s Not about The Bike, It’s about The Biker: Tribute to Bro Euwin September 10, 2007

Posted by ilham in Biker, KOMUNITAS, Motor Baru, Sharing, Sportbike.
trackback

4.jpgAkhirnya salah satu motor impian tiba. Cagiva Mito. Mito berasal dari bahasa Italia yang kurang lebih berarti sang mitos. Layaknya mitos, motor ini adalah impian. Sebuah kebahagiaan tak terkira memilikinya. It’s just like a dream comes true.

Tapi mari lupakan dulu segala kemewahan itu. Mari kita lihat mengapa di balik motor ini, sebenarnya ada pribadi agung. Ya, a great man, yang telah merawatnya sebelum beralih ke tangan saya.

Motor ini saya beli dari seorang Kaskuser pengagum motor-motor Italia. Bersama Mito ini, sudah ada Aprilia 250 replika Tetsuya Harada yang kondang itu di garasi rumahnya.

Motor ini telah ditawarkan di Kaskus selama beberapa bulan. Sebelum bertemu jodohnya, sudah ada banyak yang meminang. Namun rupanya bukan faktor uang yang membuat pemilik sebelumnya melepas sang Mitos. Money is something, but not everything. Motor ini bukan dijual ke sembarang orang. Hanya bagi yang dipercaya bisa merawatnya yang akan mendapatkannya. Minimal orang yang bisa merawat seperti pemilik sebelumnya. Dan, saya merasa beruntung bisa mendapatkannya dengan cara dan harga yang pantas.

5.jpgBukan cara mudah. Proses meminang sang Mito berlangsung via hp, telpon dan sms. Atas dasar keterangan pemilik sebelumnya, saya mengajukan penawaran sesuai kepantasan dan kemampuan saya. Segalanya berlangsung di jalur pribadi, sepi dari hiruk-pikuk online dan pertemuan offline yang kadang justru tidak produktif. Kondisi diketahui dan harga disepakati. Tinggal waktu transaksi jualah yang belum pasti.

Pemilik lama masih berada di luar kota dan minta waktu seminggu untuk memebreskan segala sesuatunya. Saya lebih gila lagi, justru meminta waktu dua minggu, juga karena masih berada di Aceh untuk final term in my project.

Namun kenyataan berkata lain. Kecelakaan yang menimpa keluarga di Malili, sekitar perbatasan Sulsel dan Sulteng, menunda transaksi. Saya harus berangkat secepatnya ke Makassar dan berada di sana untuk waktu 5 hari. Transaksi molor dan bertambah seminggu lagi. Total 3 minggu sudah waktu yang dibutuhkan.

2.jpgKami berjanji untuk bertemu Rabu, 5 September selepas kerja. Sebenarnya larut malam karena saya masih harus “ngopi”dengan beberapa teman dari KafeMotor yang juga sudah jauh-jauh hari diagendakan.

Lepas tengah malam kami bertransaksi. Setelah menjelaskan beberapa hal mengenai kondisi motor, kami pun menyetujui melakukan transaksi. Dengan taksi kami mencari ATM untuk melakukan transfer antar bank yang beberapa hari sebelumnya disiapkan. Motor ditinggal di rumah, dan kami Cuma bertiga dengan supir taksi.

Setelah separuh dana terkirim, transfer gagal. Rupanya terkena limit transaksi. Malangnya, karena transfer dilakukan lewat tengah malam, itu berarti transfer via ATM harus dilakukan lewat tengah malam lagi. Bisa saja transfer dilakukan di bank, namun hari esoknya begitu sibuk karena kami sekeluarga juga menjadi host perkawinan saudara di Hilton.

Dengan penuh kepercayaan, pemilik lama menyerahkan kunci, surat-surat, kuitansi pembelian, dan tentu saja motornya kepada saya. Padahal uang yang terkirim baru separuhnya. Bahkan, seandainya mau, bisa saja motor itu saya bawa tanpa membayar apa-apa. Toh sebelum kami sempat ke ATM, pemilik lamanya sudah merelakan mengingat sulit mencari ATM yang buka dan aman pada malam hari di kota. Malam itu, tepat pukul setengah dua, motor tiba di garasi rumah saya Pondok Gede.

3.jpgTanpa saling percaya, Gialla Mito (Mito Kuning) ini mungkin takkan pernah saya miliki. Pemiliknya sudah menolak pinangan “angka” yang lebih tinggi. Juga bersabar menunggu hari H transaksi yang berliku dan penuh drama.

It’s Not About The Bike, It’s About The Biker. Dari sini saya belajar kembali betapa berharganya “trust”, rasa saling percaya di kalangan bikers. Suatu hal yang saat ini menjadi barang mewah di dunia.

Franciscus Fukuyama, mantan penasihat Presiden Amerika dalam bukunya yang kenamaan “Social Capital”, pernah mengatakan bahwa modal sosial yang kuat membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan murah. Semua itu hanya bisa didapatkan dalam high trust society. Sebaliknya dalam low trust society segalanya semakin berat, mahal, dan prosedural. Saya bangga, ternyata bikers bisa menjaga rasa kepercayaan, bahkan di antara orang yang sebelumnya tidak saling kenal.

Tnq bro Euwin, God Bless for you forever!!!

Komentar»

1. k-jengking - September 10, 2007

selamet broo, kereen.. kereen

2. jordan - September 10, 2007

baru kli seumur umur naik podim 1,selamat buat bro ilham yang meminang mito kuning,pingin juga bisa beli mito tapi kapan,maklum lagi kumpul2 dana.selamat yang bung ilham ikut senang nih,bagi2 juga ya bung pengalaman merawat mitonya,met enjoy aja ma sang legenda

3. ADHID - September 10, 2007

aha…pantes kmrn mas bro ngajak kopdar, kinclong abiz mas….klo ada rejeki mo nyusul ah….tp tunggu bli espi atu lagi ya…xixixixi
gudlak ya mas…..en jgn lupa safety driving

4. asikbae - September 10, 2007

mantap bro ilham..!!
tapi klo daku mau pinjem sehari duahari percaya kan…??masa gak percaya ma gw..???hehehehehe…

5. maling_dealer - September 10, 2007

Wah akhirnya jadi juga nih moge-nya hehehehe, congrat ! ya bang ilham, impian menjadi kenyataan, sharing ya ke kita-kita enaknya pake moge.

6. GReY_Area - September 10, 2007

Congratz Bro…!!

7. glbabi - September 10, 2007

Congrats! Enjoy deh tunggangannya

8. euwin - September 10, 2007

Pls take a good care Si Kuning ya Bro…

9. ilham - September 10, 2007

@ 8. euwin – September 10, 2007
Tnq bro Euwin, gw nulis ini sambil merinding… I have a very good feeling…
@ all, tnq semua… Pada diri setiap lelaki selalu ada sosok motor idaman deeply inside. I trust this and i found it for many times. This Mito is the highest honor…

10. Iveth - September 10, 2007

Hmmm….

Selamat menempuh Hidup baru dengan sikuning baru.
semoga menjadi keluarga yang mawadah waromah…Halah jadi ngelantur…hehehehe

Ternyata Uang bukanlah segalanya… “trust” yang utama..
gw dah coba ambil hikmahnya….

11. nuvan - September 10, 2007

Selamat ya Om….
FXR nya di kemanain Om…?

12. vandahlan - September 10, 2007

btw mitto nya dipinang dengan harga kisaran brapa bro? boleh tau?

13. INDOBIKERS - September 10, 2007

@ Ilham Saenong

Terbukti kan Mito is the Best! hehe … gw bilang juga ape, mito di lawan!
ntar kalo gw dah balik ke indo, riding bareng yuk bro!

14. fatbee - September 10, 2007

wow… salut buat owner sblmnya, sabar banget nyariin jodoh yg passs buat mitonya…!!! mito kuning yg sungguh berbahagia…

buat owner baru:
selamat…. selamat….. selamat…… jodoh Anda cantik sekaliii…😀

15. wedulgembez - September 10, 2007

wah Boros tuh Mito!

16. INDOBIKERS - September 10, 2007

@ Mito Lover

Sebenarnya bro ilham sempet ngincer Mito punya Indobikers namun karena tgl keberangkatan kami ke Oz udah mepet sedangkan bro ilham masih di aceh akibatnya transaksi gagal dilakukan. plus Mito milik Indobikers di bandrol 40jt. Alhamdulilah dua duanya

beruntung, Kafe motor mendapat the Yellow Mito dan Indobikers mendapat kastemer di waktu dan harga yang tepat!
😀

17. belanegara - September 10, 2007

selamat ya ham… !!! pesangon dari aceh pasti gede,ya…???

selamat….
selamat….

18. julfan - September 10, 2007

saya punya 2 anak, 1 istri. motor apa yang paling tepat untuk kami?

19. Awam Motor - September 10, 2007

WAAAHHHH….FEEL GOOD NEY!!!

(^_^)*

20. Donnie - September 10, 2007

Bro Ilham,
Once again… congratulation !!
Kalo udah menyangkut motor, it’s not about the price, it’s not about how much money you have.
It is the bike who choose its rider! Bener gak bro Euwin?😉

@Julfan
Buat safety, motor udah gak layak buat mbonceng 2 anak + 1 istri, apalagi mbonceng 1 anak + 2 istri😀 hehehehe… kidding bro
Ente musti mulai melirik roda 4 untuk bersama keluarga. Roda 2 kalo pergi berdua aja…

21. vandahlan - September 10, 2007

@Julfan

kalo gak ada budget buat roda 4.baiknya memilih motor dengan tepan duduk yang panjang dan agak besar dan juga bodi motor yang rada besar agar jalannya stabil. mungkin yang tersedia saat ini ada 2 yang cukup digemari yaitu yamah scorpio dan tiger.kalau lainnya kayaknya gak pas dan safety aja deh.

22. nathan - September 10, 2007

wah kang gath ke 2 bakalan dibawa nich….hehe…..fxrnya msk museum donk kang….pokoke congratulation deh….🙂

23. Mihael "D.B." Ellinsworth - September 10, 2007

Hehehe..benar lho. Tidak banyak di dunia ini yang seperti Bro Euwin.

Salut.😀

24. Awam Motor - September 10, 2007

MITO= nama motor keren pny bro Ilham

MITU= nama tisu pembersih to**y si kecil

MILO= nama susu coklat ueeennaakk kesukaan si kecil

MIRA= nama bini’ ogut…

hehehehe….

25. yoyo - September 10, 2007

Selamat bro ilham…Motornya warna kuning tinggal tunggu nasi kuningnya kapan neh.. Btw Ngangkat harga brapa bro…klo boleh tau???….

26. Max - September 10, 2007

@Bang Ilham

Congrats yah ! its like a dream comes true, buat laporan test-ride nya dong, first impression gitu

27. adi - September 10, 2007

wah kl mo bongkar mesin ajak2 ya, pengen tau jeroannya..

28. abe - September 10, 2007

wah pengin nyobain neeh….

29. vandahlan - September 10, 2007

btw ada yang tau top speednya mitto brap?

30. ganks - September 10, 2007

gila…….heubath…………
trus yg nganggur ada dua dong….FXR ama tigy yg berbaju aprilia….
kpn kita bs janjian lg ………kepending terus………..
temen bule gw sih dah nanya2 kaya gimana tigynya…..

31. xoy - September 10, 2007

selamat menunggangi tunggangan barunya mas bro…
boleh tahu ga yah kira” berpa tuh transaksinya….

32. Babad120r - September 10, 2007

Selamat bro..Atas motornya..Keren abis..Dah..Btw kalo riding pake mito jadi bro ilham hobi ngebut juga neh??

33. IAn - September 10, 2007

wah motornya keren om.. selamat ya
kalo dah bosen dilelang di KM ya heheheh…. (jd pengen :))

34. wesnoth - September 11, 2007

mito 2tak ato 4 tak ya?

35. wyren - September 11, 2007

2 tak mas…. Di tune-up full kalah udah Ninja, NSR, TZM, CBR, FXR, King, V-ixion, Scorpio, dll (apalagi yang akhir2, gak usah di korek juga udah kelibas jauh… kecuali macet😀 )

36. wyren - September 11, 2007

BTW, gw belum ngucapin selamat ya??

SELAMAT BWT MAS ILHAM……………😀 (keyboard eror)

Jadi inget cerita2 pemilik motor kuno di majalah… Keren keren….

37. mbelgedez - September 11, 2007

PROFICIAT BOSS…. TOP MARKOTOP, GUT MARSOGUT…..

(BARANGKALI AJA NTAR BRO ILHAM BOSEN, GUE DAPET GANTIAN “MERAWATNYA” DENGAN HARGA “KEKELUARGAAN”…….)

38. kebak angkoro - September 11, 2007

very-very special, di Indonesia hanya ada beberapa gelintir thok…ketiban pulung bro,

39. BlvePvls - September 11, 2007

Hmmm bro aku merinding juga neh…. hrrrrrrr… selamat ya bro…

40. Aji_gsx250 - September 11, 2007

Good bike….jadi inget pernah naik yamaha TZR 250 tetsuya harada sekitar thn 94/95 euuunak banget cuma bensinnya cipinang – depok PP 5 liter tapi dulu ga terasa bensin masih murah…
selamat bung ilham

41. Fr34kz Kyo - September 11, 2007

minjem dunk…………… duduk di joknya aja deh…………..

42. bhell - September 11, 2007

9. ilham – September 10, 2007
bro ilham, ntar gathering bawa mito yach..??? kite2 pan pen liat motor krennn🙂
(biar bogor gempar gituh)

43. bhell - September 11, 2007

..Hati gak sebening XL dan secerah MENTARI. Banyak khilaf yang buat FREN kecewa, kuminta SIMPATI mu untuk BEBAS kan dari ROAMING dosa dan kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNya yang selalu membuat kita HOKI dalam mencari kartu AS selama kita hidup karena kita harus FLEXIbel untuk menerima semua pemberianNYA.
..
Semoga di bulan Ramadhan ini kita bisa beningkan hati seperti XL, Dapat berpikir luas seperti SIMPATI,memberi maaf secara cuma2 seperti AS, memberi banyak kesempatan seperti IM3, murah senyum seperti JEMPOL, & yang palingg penting kita dpt berpikir cerah seeprti MENTARI. Sebelum cahaya Illahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum ramadhan tiba, maaf kalau ada perkataan yg menyinggung sampai telinga panas seperti ESIA.

bHell, F 4587 AW

44. Iveth - September 11, 2007

@ 43. bhell – September 11, 2007
counter voucher Handphone bicara….

*kabur….sambil teriak…iye aye maapin, aye juga yak…

45. japra - September 11, 2007

bro ilham : selamat udah menikmati mito-nya..

bro euwin : selamat udah ngelepas mito-nya ke org yg tepat..
(btw, lu tau kan siapa gua? huehehe…)

46. bhell - September 11, 2007

kekekekek..

47. girifumi - September 11, 2007

@ilham
selamat ya?Cagiva Mito sudah beralih tangan..
Giallo Mito yach?aku pikir Rosso Mito…
bagusan Giallo,coz gak pasaran..yang gw heran,Cagiva Planet jarang yang minat.padahal keren abiz tuh…

48. bhell - September 11, 2007

Jika hati ini seringkali jengkel,
Jadikan ia jernih sejernih XL,
Jika hati ini seringkali iri,
Jadikan ia cerah secerah MENTARI,
Jika hati ini seringkali dendam
Jadikan ia penuh kemesraan FREN
Jika hati ini seringkali dengki
Jadikan ia penuh SIMPATI
Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban Ya Ramadhan
Bebaskan Diri dari ROAMING dosa,
Raihlah HOKI
Raihlah JEMPOL dari Ilahy

49. willy - September 11, 2007

selamat bro ilham atas mitonya…

btw, kalo gw liat potonya bro ilham sekilas koq mirip apa paketu cbr club yah??😀😀

50. wesnoth - September 11, 2007

@Bhell

bang,
isi pulsa IM3 berapa bang,

hehehe kidding bro

51. ndog_bunder - September 11, 2007

@Bhell
juragan voucher bos?😛

52. bhell - September 12, 2007

wakakakak.. di tinggal bentar pada mu isi pulsa..
mu yang voucer sms apa yang reguler??? noNy brapah???

om ilham, maap yak ane dagang bentar, hehehe.. <= loh koq???

53. ilham - September 12, 2007

grazie, gracias…

Lapor:

Mito kuning baru dibenerin laher depannya di Cagiva tanahabang. Buka bautnya gila abies. kena tekan dari dalem oleh lahr dalam yg oblag. perhatian buat tmn2 yg lain mending cek aja sesuai petunjuk buku manual secara berkala. kalo ga, serahin ke mekanik.

Mito Item kawan petinggi NINJA, bro Donni, masih telanjang. nunggu bahan abis turun mesin. ada juga Planet di sana. Kilometer rendah, ga pernah jalan, malah rusak sendiri. Hati2 make oli samping kata Pak Afian… juragan Cagiva

54. girifumi - September 12, 2007

@53
mesinnya kan yang rusak?bukan yang lain?

55. asikbae - September 12, 2007

ganti bearing roda aja musti ke bengkel resmi..??buset….mito-nya dibawa ke bogor ya om..??hehehe..

56. glbabi - September 13, 2007

@ 53. ilham: Ngomong2 pengen tau nih mas juragan blog kenapa naksir berat sama Mito sih?? Kalo kinerja keseluruhan bukannya masih sedikit di bawah Aprilia RS125?
Tapi kalo seneng modelnya, ya sependapat sih Mito ini motor sport kedua terseksi sepanjang masa. Yg terseksi nomor satu…. Ducati 916 lah lha wong modelnya 11-12, cuma 916 menang kuenceng aja.
wuahahahaaaaa

57. piero - September 13, 2007

@42
apa yang keren?
selera masing2

58. glbabi - September 13, 2007

@ 57. piero: loh disini mabok maning bro??

59. japra - September 13, 2007

@53
bang ilam, rpm udah nyala belum?? gak dibetulin skalian????

60. ilham - September 13, 2007

RPM dibetulin harus ngucurin dana 3,5jt…. hehehehe… ga jadi ah

61. Busa_tio21 - September 13, 2007

Selamat bro ilham atas tunggangan barunya. Walopun ngomongnya bekas tapi kliatan kayak masih baru alias masih kinclong. Cakep…

62. japra - September 14, 2007

@60
bang ilham, masa iya betulin rpm doang abis 3,5 juta? betulin apa ganti baru??
kalo betulin doang abis 3,5 jt sih gile aja..mahal bener……………..

63. BJUBAH HITAM - September 14, 2007

Bro Ilham itu motor konsumsi bensinya berapa ya..??

64. irfan hanis prasetya - September 14, 2007

paling sama ama aprilia RS125

65. wahyu.rachmadi - September 14, 2007

bro, FXR punya bro Ilham jual aja ke aku….

asal gak mahal2 banget pasti aku ambil deh!

66. adriano - September 14, 2007

congrats bro ilham, itu cat kuning emang aslinya ya ?? stnk nya emang cat kuning yah ?? jadi aneh aja karena kuning,kurang sipp.. Tp itu pendapat gw pribadi yah, no offense.Ngiri kali ya gw nya hehehehe..

Peace

67. ray - September 15, 2007

wah congrats bro ya atas mitonya… ada kebanggaan tersendiri lah megang motor itali.. btw itu mito tahun berapa bro? masih bagus banget, kuningnya keren abisss…

68. mr.chan - September 23, 2007

slamat bro.. btw udah top speed blum neh?
mentok brapa bro?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: