jump to navigation

Kampanye Anti Parts Daur Ulang/Pemalsuan!!! September 12, 2007

Posted by ilham in Dibuang Sayang :), Komentar Pilihan, Komponen, Stop Press.
trackback

By AdhiNSR_Club

Buat bikers di seluruh tanah air, gw mo ngajak kalian tuk ngurangin peredaran sper part palsu Daur Ulang (DU) di Indonesia tercinta ini. Pasti kita dah pada paham kl skg peredaran sper part palsu dah makin banyak, tapi kyknya gak ada penanganan yg maksimal dari aparat. (Gak tau kenapa? kok bisa ya?). Padahal penggunaan sper part DU ini jelas merugikan konsumen. Trus cara yg bisa kita lakukan untuk ngurangin ruang gerak para pelaku DU gmn?

Intinya gini, semua material itu pasti bisa di DU krn kecanggihan teknologi skg ini,cm biasanya pelaku DU home industrilah yg ngelakuin pemalsuan ini dgn peralatan yg seadanya shg barang2 yg akan di DU itu biasanya mang masih layak.

So kita bisa minimalisir dg cara ngerusak dengan semampu kita material yg dah gak dipake lg. Misal botol oli yg habis dipakai bisa kita lubangi dg obeng, busi yg sdh apkir kita bisa patahin drat di buntutnya pake tang, kampas kopling, kita bisa patahin pake tangan, bohlam kita bisa pecahin & masih banyak lagi hal-hal spt ini. Ini demi ngejaga hak kita sebagai konsumen tuk dapet barang yg layak.

Mungkin kl seluruh bikers Indo melakukan hal ini mudah2an para pelaku DU itu bisa Bangkrut & gak ada lg sper part DU kecuali DU yg dilakukan pabrikan2 besar yg tentunya pny std quality tersendiri.

Tolong disebarluaskan ya!

Thanks
Adinsr_club

 

Iklan

Komentar»

1. bhell - September 12, 2007

PERTAMAXXX HORE AKHIRNYA

2. WIROSABLENG212 - September 12, 2007

HIP HIP Nomer SIJI DAB…eh Nomer LORO Je

3. bhell - September 12, 2007

AKHIRNYA JUARA 1st JUGA.. DUH, banggaNy hatiku.. xixixixi..
susah podium di kafemotor, tp berbekal kesabaran dan skill yang memadai, yach.. apa mu dikata.. i’m the winner <= apa seh, ngomong ga nyambung ma topik T_T

4. girifumi - September 12, 2007

komponen yang tidak dipakai idealnya memang sekalian dirusak untuk menghindari pemakaian lagi (di mark up).

5. Cute Falcon - September 12, 2007

Masuk Podium gak yak..?

6. WIROSABLENG212 - September 12, 2007

Betul bro, pa lagi oli mesin, sekarang klo gak jeli bisa kena tipu Oli bekas di banderol baru…. bisa ancur thu mesin…

7. Dede Alpine - September 12, 2007

Wah bro Adi baru nongol lagi nie,,,, hebat ya, sekali nongol bawa ole-ole… oh ya sekalian nie Bro Adi…kita mau ngundang

HADIR YA DI GATHERING II KAFEMOTOR DI BOGOR, HARI MINGGU, 16 SEPT 2007 jam 4 SORE

8. japra - September 12, 2007

kata orang, bukan cuma botol bekas oli dan spare parts lainnya yg kudu dirusak sebelum dibuang…tapi tube bekas odol pun begitu, botol bekas shampoo dll juga…konon kabarnya barang2 harian gitu juga banyak yg palsu…isinya gak tau apaan, cuma botolnya aja yg sama..ya pake botol2 bekas itu….

makanya mulai skr kalo buang bekas odol, gunting2 aja sekalian tube-nya, botol bekas shampoo juga bolong2in pake gunting atau obeng atau benda tajam lainnya…

sedikit oot..gpp ya…hehe..

9. wyren - September 12, 2007

Oh… Besok gw bikin barang daur ulang yang berkualitas deh šŸ˜€ … Hehehehe….

10. girifumi - September 12, 2007

@all
sekadar info,oli bekaspun bisa dipakai lagi.makanya mereka bisa mereka jual dengan harga murah,tinggal diblend,tambahi additif,jadilah oli.kalo yang ini masih bisa dipakai.
intinya,kalo punya barang kemasan,bila tidak dipakai.buatlah rusak sehingga tidak ada kemungkinan dipakai lagi.kasihan saudara kita yang kurang beruntung ditipu oleh penjual yang ingin mencari keuntungan sendiri.bagaimanapun,dengan segala dalih itu tidak bisa dibenarkan.

11. honda bebek - September 12, 2007

Untuk menghindari barang palsu maupun rekondisi sebaiknya selalu service di bengkel resmi. untuk motor merk Honda bengkel AHASS yg sudah terjamin kualitas dan integritas pengerjaanya.

Gunakan parts yg dianjurkan, untuk motor merk Honda dan juga motor merk laennya bisa menggunakan komponen bermutu tinggi dengan harga yang terjangkau dengan merk Aspira,

Oli sebaiknya ganti dibegkel resmi atau toko oli yang anda kenal
menjual oli asli.

untuk motor Honda dan bisa juga motor merk lainnya gunakan oli merk federal,
Oli asli buatan Indonesia dengan kualitas internasional.

12. glbabi - September 12, 2007

^ tuh dengarkan pesan2 service advisor AHASS 154 Bekasi Utara

13. japra - September 12, 2007

oh..honda bebek itu org ahass toh..pantesan beliau suka “mabok honda”……………

pisssssssssss………………………………

14. Honda Banget - September 12, 2007

wah kasian dong sodara kita yg pemulung sampah, klo botol2x pada di ancurin gak bisa dikiloin dong, abis lah mata pencarian mereka, gimana dong bro.

15. vandahlan - September 12, 2007

ck ck ck dasar negara daur ulang

16. ndog_bunder - September 12, 2007

horeee 16!
hehehee

17. hendra_ku - September 12, 2007

yah, namanya jg negara dgn perekonomian & hukum yg amburadul, pastilah banyak PEMALSUAN !!!

18. ndog_bunder - September 12, 2007

gw pribadi sih lebih suka beli oli yang dikemas sachet, coz kayanya lebih menjanjikan hehehe….
kalo spare part jelas beli di bengkel resmi, skalian pasang, beres!
tapi orang-orang indonesia tuh pinter-pinter abis yah….. bangga-bangga ngga bangga sehhh…. semua diakalin, dipalsuin,apa aja bisa jadi duit, hebaddd…… ngga semua negara bisa begitu loh… rekor!

19. kingers - September 12, 2007

apalagi motor bekas, pacar bekas, istri bekas, rumah bekas, kudu hati2 tuh buangnya, xixixixixi.

Bener kata mbak “Honda Bebek”, kalo untuk parts Honda pastikan selalu beli di bengkel resmi suzuki, dijamin aseli.

Botol2 bekas ngga perlu sampai hancur berkeping2, dilubangi aja di bagian tengahnya, toh para pemulung menjual dalam satuan kilo, bukan pcs.

pisss…

20. mbelgedez - September 12, 2007

RESEP GUE:

1. BELI MOTOR BARU
2. SAKAI DUA TAHUN
3. JUAL
4. BELI LAGI YANG BARU

KEUNTUNGAN:

1. UMUR MOTOR MASIH MUDA, HARGA BEKASNYA MASIH TINGGI
2. KITA KEREN TERUS SOALNYA GONTA GANTI MOTOR.
3. PASTINYA NGGAK PERNAH BELI PARTS. KAN GARANSI 3 TAHUN….

21. INDOBIKERS - September 12, 2007

Kalo sparepart palsu gak usah ditanya. Spare part daur ulang? hmm kalo dunia moge sih udah biasa…bahkan lumrah banget. alasanya ada beberapa tapi :

1.banyak spare part yang belum rusak namun oleh si empunya motor di laporin rusak, jadi setelah klaim ke asuransi diganti yang baru.

2.lanjutan dari no 1, nah spare part yang “di klaim rusak” tersebut masih memiliki nilai jual cukup tinggi mengingat kondisinya yang masih layak pakai.

3.lanjutan dari no 2 , karena masih layak pakai banyak pengguna moge yang berminat harga yang lebih murah bukan satu satunya alasan. Kebanyakan alasanya adalah mereka ogah nunggu kiriman spare part dari luar negri karena memakan waktu berbulan bulan

yah mau diapain lagi? selama masih layak pakai sih nggak papa. tetapi kalo komponen vital hmm pikir ulang deh!

kalo spare part palsu, selama tidak merupakan komponen vital semisal aksesoris penampilan sih gak papa, asal jangan sper part palsu tsb digunakan pada komponen vital seperti pada bagian mesin,girbox atau suspensi apalagi rem…waduh bisa berabe tuh!
šŸ˜€

22. Awam Motor - September 12, 2007

Hidupmu bagaikan botol olie…

kalo luarnya bagus tapi dalamnya jelek…maka hidupmu adalah produk daur ulang…

kalo luarnya bagus dan dalamnya juga bagus…maka hidupmu adalah produk benar…

TAPI…

kalo luarnya jelek trus dalemnya juga jelek…maka sebaiknya kamu gak usah hidup…

(^_^)Pizzzz

23. glbabi - September 13, 2007

@ 11. honda bebek: Halooo mang bebek, bengkel AHASS mu itu bisa nyervis Honda CB SuperFour nggak?? Katanya kalo merek Honda mesti ke AHASS, kok dah muter2 AHASS yg gede2 aja nggak sanggup tuh??

Hahahaaa setau saya mekanik AHASS tuh modalnya jangka sorong. Habis mbongkar motor trus sparepartnya diukur satu2 pakek jangka sorong sekalian cek di buku manual. Begitu ukurannya gak cocok langsung bilang ‘ini harus ganti paak, ini juga, ini juga mesti ganti, kalo nggak nanti rusaknya merembet ke yg lainnya’.

24. glbabi - September 13, 2007

Untuk menghindari ketempuan komponen DU, tanya2 sama temen sampeyan mana toko sparepart yg bisa dipercaya. Kalo udah ktemu ya beli disitu aja. Toko2 yg begini ini selalu megang kepercayaan pembeli, nggak bakalan mau ngakal2in cuma supaya untung besar tapi besok2 nggak ada yg beli lagi. Dia bakalan rugi sendiri masbro!!

25. xoy - September 13, 2007

beware juga klo di bengkel” ada di jual ban baru tp harga murah…. coz itu bisa jadi barang palsu…. (contoh gampangnya)
barang asli dengan barang rekondisi/daur ulang/palsu bisa juga di liat dari pisik yang kasap mata dulu, trus dari harga dan banyak lagi hal lainnya toh
mungkin bro” semua juga udah banyak yg tahu akan hal ini

26. adi - September 13, 2007

sebenernya daur ulang material itu ada bagusnya juga sih mas bro2 semua…cuma…harus dilakukan ma yg bener2 paham shg pny std kualitas,, bagusnya daur ulang apa??
coba bayangin kalo oli mesin bekas didunia ini dibuang gitu aja ke tanah, ke laut, sungai ato sebagainya wah hancur deh bumi kita,,makanya sebenernya daur ulang adalah jalan terbaik tuk ngejaga kesehatan bumi kita cuma harus dilakukan ma industri2 besar yg pny std kelayakan shg mutu produk kembali sama ky barunya,ato didaur ulang untuk produk yg beda misal karet ban yg dah gak kepakai bisa didaur ulang jadi sendal jepit ato bahan2 karet lainnya.
nah yg sering kita temuin skg kan daur ulang untuk produk sama dg mutu gak jelas,contoh paling banyakolie,sama ky yg dijelasin bro 10.grifumi, oli mesin yg dah hitam lalu dikasi komponen2 kimia N segala macemnya trus asal dah kelihatan bening tuh olie masukin lg ke botol kemasannya N cetak ulang tutupnya trus dijual, masa bodoh ma viskositas N kemampuan pelumasannya, dah gitu dijual dg harga yg sama dg orinya lagi wah…tega nian neh org2 ini…gw jamin deh mesin yg kena oli ky gini rasionya rontok bearing2nya aus N kanvas kopling hangus, krn gw pnah nanganin mtr dg kondisi gini N si pemiliknya gak ngerti kasian bgt kan??

27. honda bebek - September 13, 2007

halo sobat,

masih ada hubungannya dengan suku cadang.

ada kabar menggemparkan untuk pemilik Honda vario.

program dahsyat sampai dengan tanggal 30 September

Service gratis + oli gratis + Voucher 50.000

maka buruan bawa varionya ke bengkel resmi AHASS terdekat,
lumayan kan bisa ganti oli dan servis gratis dapet voucher lagi.

cuma Honda yang bisa begini.

emang Honda mengerti saya.

28. adi - September 13, 2007

25. xoy
iya hati2 itu ban vulkanisir bro saran gw jangan pake, bahaya,, ini lgsg berhubungan ma nyawa pengendaranya,,
bahayanya gmn?
kompon karet ban pada setiap bagian2nya itu beda2 karakternya bro
untuk bagian yg ada kembangannya itu dinamakan tread.
nah material tread itu diusahakan mampu menahan konstruksi ban N lebih tahan aus dibanding material lainnya, N dalam pembuatan di pabrik semua material itu dipastikan bersenyawa shg ikatan antar karetnya kuat (Gak takut lepas) nah kl ban vulkanisir udah materialnya gak jelas ikatan antar karet baru dg karet lama jg gw yakin gak di test ma pembuatnya shg rawan lepas apalgi di kecepatan tinggi, bayangin aja kita lg jalan 120 km/jam tiba2 kompon treadnya nyoplok trus mtr pasti oleng N selanjutnya pikir sendiri lah…
so saran gw untuk parts yg berhubungan ma nyawa sebaiknya hindari yang palsu2 ato DU2 lah oke bro…

29. ADHID - September 13, 2007

ada yg tau ga gmn cara nge-bedainnya antara yg DU dg yg bukan, apa musti kudu dipake dulu baru ketauan, mungkin dari warna, bentuk or spesifikasi lain…..

@23
setuju…gw pernah bw espi krn pgn cek kompresi & cek emisi plus stel kopling di ahass bekasi (pas kebetulan maen krmh nyokap) didaerah bintara, nah…pas pe bengkel salahsatu mekanik ada yg bilang, ini motor apa ya? temannya bilang ini nasir modif ya? wah…wah….tanpa pikir panjang, gw lsg cabut aja dari situ….utk ngilangin malu n buat alasan kabur, gw bilang aja ‘Ada busi racing ga?’ gw pikir setau gw dibengkel2 resmi jarang yg jual…..,begitu mekanik itu jawab ‘Ga, ada bang?!’ langsung gw betot gas, xixixixixixixi ada ada aja…..

30. marchten81 - September 13, 2007

banyak iklan Honda ya? hehehe
manaaaaa HSX125R Revo nyaaaaaaaaa..!!!!
kok yang kluar malah masih yang cupu..

kembali ke topik sparepart daur ulang, gw dah biasain kalo abis ganti apa apa, bekas nya gw bawa pulang, ada gudang sampah sparepart tuh di ruma gw, busi ntah brapa biji, kanpas rem depan blakang, bohlam item item.. botol oli sih di potong stengahnya di pake buat pot tanaman.. ban dalam bekas biasa di potong untuk tali pengikat sistem pakai buang.. kalo ban luar gw koleksi tuh.. 2 FDR depan blakang.. ga tau mo buat apaan.. V(^_^).. any idea?

apa karena itu ya gw kalo ke bengkel (biasa) langganan gw harga sparepart nya dan olie bisa lebih mahal? karena barang2 sisanya gw angkutin smua..

31. boongan - September 13, 2007

@27 honda bebek
emang Honda mengerti saya

tapi ga ngerti ane tuh…pegimane bang

pisss….

32. klux klux - September 13, 2007

bukan pesimis tapi selama ada permintaan, pasti ada aja yg bikin barang palsu ato istilah kerennya kw 1.2.3 dst. Biasanya sih pasti lebih murah. Toh ini tidak melanggar hukum selama merknya beda biarpun beda dikit…:). Bagi sebagian konsumen, mereka malah diuntungkan dengan adanya barang kw yg murmer..
Yang ngga enak itu barang palsu, merk nyatut asli, dijual dgn harga original, ini yang harus diperangi habis habisan. Selain konsumen, produsen juga luar biasa dirugikan. Tinggal kita aja teliti memilah dan memilih..Biasanya terjadi di oli neeh, supaya aman beli aja di toko besar yg sudah terpercaya. Mereka juga tidak mudah tertipu sales barang palsu.

33. kingers - September 13, 2007

Kalo oli daur ulang dan memang di kemas jadi merek/tipe baru sih ngga masalah. Dulu pernah ada ‘gosip’ (cmiiw) kalo repsol adalah produk daur ulang. Tapi berkualitas tentunya.
Yang jadi masalah kan kalo proses ‘daur ulang’ ini cuma untuk meniru produk non-daur ulang, alias penipuan.
Pengalaman pribadi, pake oli mesin Repsol (lagi sorry, no offense) botol dalam keadaan bagus, ada corong nya lengkap. dalam waktu 3 hari motor gw susah pindah gigi, besoknya tanpa banyak pikir, ganti lagi tuh oli yg ternyata dah hitam legam. Back to Shell, oper gigi mulus lagi.

Busi juga pernah kejadian. Biasa pake NGK platinum VX series. Beli rata2 19-20 ribu. Dapet di cibubur 17rb, dah agak curiga sih, pentulnya beda sama yg biasa beli, tapi selebihnya sama, dibanding dgn yg biasa gw beli. Pas dipakai, sebulan ok, selebihnya mulai ngaco. Dicek ternyata pentulnya dah habis. Yang biasa gw beli tahan 3 bulan. Sekarang back to standar aje.

Gw rasa untuk barang DU balik lagi ke produsen. Mereka juga kudu bisa kasih jaminan keaslian produk ke konsumen, entah bikin dealer resmi atau apa deh.

cmiiw.

34. Aviss - September 13, 2007

Yahhh nomer 32 deh

35. Aviss - September 13, 2007

salah 34

36. Aviss - September 13, 2007

weak 35

37. kingers - September 13, 2007

Turut berdukacita untuk korban gempa di Padang.

38. nuvan - September 13, 2007

Salam kenal bro Adhi…

bener membuka mata deh pandangannya….. ngga pernah kepikiran sampe harus merusak kemasan produk yang udah habis, agar tidak dipalsu…

dan yang palsu yang sangat merugikan….:
– Duit Palsu
– Olie Palsu
– Sparepart Palsu (bbrp pake palsu is OK, spt handle kopling, dsb)
– Wanita Palsu
– Software palsu (gwe untung apa rugi ya pake ini…?)

39. glbabi - September 13, 2007

@ All: kasihan tuh si honda bebek, dia lagi jualan AHASS nya.

ck…ck…ck….buat dia servis gratis + oli gratis aja udah ‘menggemparkan’ ya?

memang patut dikasihani sih

40. kadal putih - September 13, 2007

@39 glbabi
hus ini bukan tritnya perang ma AHM, lagian dah puasa nih

41. scoopers - September 13, 2007

@ 33. Pengalaman pribadi, pake oli mesin Repsol (lagi sorry, no offense) botol dalam keadaan bagus, ada corong nya lengkap. dalam waktu 3 hari motor gw susah pindah gigi, besoknya tanpa banyak pikir, ganti lagi tuh oli yg ternyata dah hitam legam. Back to Shell, oper gigi mulus lagi.

–> kayaknya ada dua kemungkinan om klo olie dikeluarin hitam legam
1. olienya bagus, karena bisa ngerontokin kotoran yang dah lama gak rontok, makanya olienya jadi item krn kecampur ama kotoran2 dlm mesin.
2. olienya palsu… (cmiiw)
–> biar agak hemat, beli sparepart dibengkel resmi, tp masang ndiri (klo bisa) hehe

42. Awam Motor - September 13, 2007

sudah…sudah…jangan berkelamin…LHO!!

dikasihani ato tidak…bebek bagai manusia
harus diperhatikan
>celoteh nya
harus didengarkan

setelah itu

harus gimana lagi…gak guna siy…

43. abeeayang - September 13, 2007

gak usah gitu, tinggal beli yang asli ajah di toko2 ataw dealer resmi.
gitu aja kok freeport. *gus mbul*

44. adi - September 13, 2007

untuk bro yg punya dealer baik ahass, yamaha ato suzuki dll mungkin gak sih barang2 katrok/palsu/DU itu masuk ke dealer resmi? tolong infonya donk biar kita2 bs lebih aware lagi OK!!
kl mang ada kemungkinan masuk dealer resmi kan bahaya tuh kasian tmn2 kita yg gak tau..

45. glbabi - September 13, 2007

@ 40. kadal putih: lhoooo…mas kadal ini gimana seh, ini kan bukan brantem ato tawuran. tapi diskusi. emang seh gak boleh terlalu napsu, kayak napsu jualannya sales AHM itu heheheheeeeeee

46. boongan - September 13, 2007

Di bulan ramdhan ini semoga kita lebih memilih PULSAR ( PUasa Lebih Sungguh2 sampai Akhir Ramadhan)
dan jauhi HONDA ( Hujat2an Omong yg ga baik Nafsu Dendam dan Angkara murka) …..

piisssss….

47. Freddy Hernawan - September 13, 2007

memang bener tuh. hrs diperhatikan.

48. dhenbaguse - September 13, 2007

@ 46..
boongan ya…!?
boongan kali.., boongan ga seeh ya …!?

tapi bener tuh bro comment nya…100 untuk bro, bukan boongan lho ini…

hehehehhe…pisssss

49. dhenbaguse - September 13, 2007

memang bener nih bro , harus kita perhatikan..
DU memnag bagus, apabila standard kualitasnya tetep dijaga, jangan sampai DU asal asalan yang akibatnya kita sendiri yang rugi.

jadi saya setuju dengan saranya bro AndhyNSR..,
gak ada lg sper part DU kecuali DU yg dilakukan pabrikan2 besar yg tentunya pny std quality tersendiri.

ya dengan harga yang terjangkau tapi kualitas yang sama….
kenapa ngga…!?

50. Dede Alpine - September 13, 2007

FOR ALL…

Datang Ya di GATHERING KAFEMOTOR

Hari/ Tgl. Minggu, 16 September 2007
Waktu : pkl 15.30 wib s/d selesai
tempat : Dnamii Cafe, Jl. Dadali Bogor (dekat istana Bogor)
acara : 1. Pembentukan komunitas Kafemotor
2. Buka puasa bersama + makan
3. Nonton bareng moto GP.

fasilitas : Life band music
doorprize, dll.

partisipasi : 35.000/ orang

acaranya pasti seru, apa lagi diisi oleh biker-biker kafemotor.

51. japra - September 13, 2007

@46
setuju banget….

52. ndog_bunder - September 14, 2007

@44
iya… iya… mengkhawatirkan!
barang palsu dah banyak yang bebas masuk supermarket, seperti juga duit palsu n wanita palsu (???), apa ngga mungkin spareparts palsu juga masuk ke bengkel resmi? mungkin aja kan ada kongkalikong ato apalah namanya, yang memungkinkan semakin membebaskan peredarannya didunia per-biker-an
merdeka!

53. adriano - September 14, 2007

Agak sedikit oot nih ya bro…
gak usah jauh jauh deh ngomongin produk yg palsu, contoh paling konkretnya aja dan rata – rata udah pada tau , premium yg palsu. Padahal toh udah dijual di spbu pertamina, bukan di pinggiran jalan. So, minyak aja udah di palsuin, apa lagi oli, ban, spare parts lainnya ?
Wong kita hidup di negara “edan” , apa coba yg gak ada palsunya produk di Indonesia ?? Spare part ?? ada palsunya, mau dari abal abal , produk cina, produk thailand asli , bahkan produk thailand pun bisa dipalsuin .. Variasi variasi yg bs dongkrak tenaga ?? banyak palsu nya tuh. Ban ?? pasti ada dong pasunya, tinggal di batik kan aja konturnya. Temen gw pernah beli nih ban dunlop di batik kan konturnya untuk Supranya, harganya cmn 20rb, yg anehnya, dan bikin gw geleng2 jg, bs awet sampe 6 bulan loh. Padahal , dia make motor keluar kota lagi, Lg nasib kale ya..

Anyway, artikel ini tetap bagus untuk membuka cakrawala pengetahuan kita sebagai biker

54. ALieNHeaD - September 16, 2007

Setuju banget minimal merusak kemasan atau barang2 yg sudah dipakai.. Gak cuman di barang2 otomotif aja, biasakan semuanya.

Gak kebayang kl kondom bekas dijual lagi… bruakakaka
Makanya abis make sobek2 or gigitin tuh šŸ™‚

Tapi kalo bekas pacar jangan dirusakin yaaa hohoho

55. bda87 - September 16, 2007
56. adi - September 17, 2007

ha ha…konom seken ya?
iya tuh kl ada yg jual murah ada yg mo nampung gak??

57. Awam Motor - Oktober 20, 2007

SEPIIIIIIIIIIIII

58. Whatever - Januari 21, 2008

YOI !!

JUJUR Q KECEWA BGT KALO INDONESIA BKALAN TMBAH DIRUSAK MA MASYARAKATNYA NDIRI!

MALU ABIZ BRO!!

BANDINGIN MA JAPAN!!

MNDING Q IDUP DISONO AJE!

INDONESIA ITU ANEH!

DAN PEMERINTAHANNYA CM BISA NYROCOS DOANG AMPE BERBUSA.

NGGAK BISA BUKTIIN APA YG MEREKA BILANG!!

SUSAH UTK PERBAIKI INDONESIA!

MASYARAKAT YG TERKADANG SUSAH TUK MENERIMA KEPUTUSAN TENTANG PERUBAHAN BARU AND PEMERINTAHANNYA YG CUMA MAU DUIT. MATI AJA SKALIAN MA DUIT!

59. david - Mei 12, 2011

tp kan dengan menggunakan bhn DU kita bisa mnjaga lingkungan kita…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: