jump to navigation

R.I.P Abe, Kenangan Kita tentang Norifumi Oktober 9, 2007

Posted by ilham in Balap, Biker, Otomotif, Sportbike, Stop Press.
trackback

Bagi kita, bagi banyak orang, Norifumi Abe bukan sekadar nama. Dia mewakili perasaan kita pada gelora jiwa muda dan kecintaan akan balap.Yap. Pembalap maupun penikmat balapan, sangat mengenal siapa Norifumi Abe. Jauh sebelum anda mengidolkan Rossi, anda punya Abe. Jauh setelah kita lupa akan ada Biaggi, kita masih sayang Abe. Lama berselang mendiang Dajiro Kato yang tampan dan kencang, kita masih punya putra mahkota balap motor Jepang yang gagah dan pemurah, Norick Abe.

Terakhir saya melihatnya di tanyangan salah satu TV kabel, saat beliau sangat konsen pada balapan Supersport All Japan Champs yang melibatkan sejumlah pembalap dalam kecelakaan. Di sana, ia tetap gagah meski dengan rambut yang lebih rapi.

Abe memang mewakili kecintaan kita pada jiwa muda dan balap. Di MotoGP anda mengenalnya dengan rambut panjang yang dibiarkan berurai. Gaya balapnya sedikit berbeda dengan pembalap lain karena lebih tinggi dari rata-rata pembalap lain. Juga keberaniannya fight pada saat-saat kritis.

Saya mengenangnya ketika pada salah satu seri balap MotoGP di Suzuka, ia jauh meninggalkan Doohan. Padahal saat itu siapa yang tak mengenal Doohan yang sedang begitu dominan. Saya tak sempat menonton balapan ini hingga berakhir. Yang saya tahu belakangan, Abe crash 3 lap sebelum finish. Tetap saja ia menunjukkan potensi yang luar biasa dari seorang pembalap muda Jepang yang saat itu belum banyak dikenal dunia.

Beberapa tahun kemudian, era Doohan berlalu. Alex Creville dan Kenny Robert JR menggila, disusul Rossi. Di balik bayang-bayang ketiganya, ada Biaggi sang raja 250cc. Namun bukan cuma mereka bintang di MotoGP/500cc, masih ada Abe San. Sesekali ia begitu fight menaklukkan rival-rival yang berada di tim-tim yang lebih besar milik pabrikan. Saya sering sedih, mengapa Abe makin lama makin lemah dan tak berprestasi? Jawabannya dari Abe sendiri, “Sangat sulit bersaing dengan motor pas-pasan.”

Dua hari lalu, Girifumi, “adiknya” menelpon. Norick Abe kecelakaan di Kawasaki. Kompas melaporkan kecelakaan akibat menabrak truk yang mutar arah tiba-tiba secara illegal. Setelah itu berita sambut-menyambut di TV, koran, dan internet. Semua menunjukkan betapa besar kehilangan kita akan Abe.

Di akhir kariernya, dia tetap the real “Norifumi” yang kita kenal. Manusia mati meninggalkan “nama”. Abe telah membesarkan balapan, dunia yang dicintainya, yang membuatnya lebih besar dari balapan itu sendiri…

R.I.P my Racer!!!

Komentar»

1. ilham - Oktober 9, 2007

Khusus artikel ini ada baiknya rebutan podium dihentikan… demi menghormati arwahnya…

2. kjengking - Oktober 9, 2007

wah! abe? dlu racer idola gw tuh. jamanya lg bimbel gw suka oret2 dibuku “abe fuharada” coz di kelas 250cc gw jg jagoin harada.
btw dlu abe sering dikomentarin sbg “mr. hole shot” (cmiiw) coz tiap start dia sering bgt nyalip racer2 di baris depannya. cm ya gitu, lap demi lap dia mulai kesalip lg. plg seneng wkt liat dia juara seri (lupa dimana), pas di podium jangkung bgt.
i show my respect to u mister.

3. asikbae - Oktober 9, 2007

salute bro abe-san..
salah satu tokoh yang semakin menumbuhkan kecintaan saya akan dunia balap motor, karena gaya balap dan jiwa fighternya dalam balapan..
keep the spirit within..!!!

4. tophthuff - Oktober 9, 2007

tragis , seorang pembalap tapi harus pergi di jalan raya karna kesalahan sopir yg ugal2an, may u rest in peace ” abe “

5. maling_dealer - Oktober 9, 2007

Gw belum pernah liat dia balapan cuma pernah main game balap dengan top rider nya itu norick abe, tapi sempet denger nama besarnya juga siy, tapi walaupun gw blm pernah liat dia balapan, gw salut ma dia, karena udah jadi salah satu pembalap terbaik di dunia.

6. bejo - Oktober 9, 2007

test

7. d3d3mit - Oktober 9, 2007

Akibat keangkuhan seorang supir truk, nyawa satu orang kembali terengut.
Semua penggemar motoGP pasti tau siapa Abe… gue termasuk penyuka Abe di masa Doohan.

R.I.P Bro Abe San

8. bejo - Oktober 9, 2007

test, biar habis…, gak podium2an lagi..

9. ilham - Oktober 9, 2007

Ini gw kutip dari bro Asikbae:

Presiden Yamaha dan semua di perusahaan tersebut berkata bahwa mereka sangat shock dengan kematian rider kawakan Norick Abe dalam sebuah kecelakaan jalan raya di Jepang.

Mantan bintang GP dan Superbike ini meninggal di rumah sakit malam Senin kemarin akibat luka-luka setelah bertabrakan dengan truk di kota Kawasaki.

Diberitakan bahwa truk tersebut berputar di tempat terlarang di depan Abe, yang tidak sempat menghindar. Saat itu dia sedang mengendarai skuter 500cc.

Walaupun memulai karirnya dengan Honda, pembalap berusia 32 tahun itu selamanya akan dikaitkan dengan Yamaha setelah karir yang panjang bersama mereka. Saat ini dia berada pada posisi tiga di klasemen sementara di seri Superbike Jepang setelah kembali membalap di kampung halamannya tersebut.

Presiden Yamaha Takashi Kajikawa berkata, ”Saya merasa sangat sedih mendengar berita tragis ini. Dicintai oleh fans di Jepang, Eropa, Amerika sampai Asia, Norifumi Abe adalah duta olahraga dunia yang tak tergantikan.”

”Disini di Jepang para fans sangat gembira menyaksikan Abe kembali ke sirkuit All Japan setelah 14 tahun berkompetisi internasional, tentu saja rasa kehilangan yang mereka alami sangat mendalam.”

”Kami berdoa agar arwahnya dapat beristirahat dalam damai dan mengucapkan dukacita yang sedalam-dalamnya untuk keluarga dan orang-orang terdekatnya.”

Abe mulai mencuri perhatian ketika sebagai remaja yang mendapat jatah wildcard di GP Jepang, menghantui bintang legendaris seperti Mick Doohan dan Kevin Schwantz di Suzuka menggunakan Honda NSR500.

Sikap mental ”menang atau jatuh” yang diperlihatkannya mencuri perhatian banyak fans sepanjang kariernya, dia mencoba melakukan debut kemenangan sensasional sampai akhirnya jatuh ketika bendera finish hampir terlihat.

Memulai seri secara penuh di tahun 1995, dia menjadi orang Jepang pertama yang memenangi GP Jepang kelas 500cc di tahun 1996 – memastikan namanya tertulis dalam sejarah balapan – sebelum akhirnya menempati posisi ke lima klasemen musim tersebut.

Dia kembali memenangi balapan di kampung halamannya, tahun 2000, dan juga kemenangan tahun 1999 di Brazil.

Selamat tinggal Abe.

http://www.motorcyclenews. com
.::hend::.

Best Regards,

Hendrik Kristiawan

10. d3d3mit - Oktober 9, 2007

Gue sempet kaget denger kabar ini, sebab hari minggu kemarin gue masih liat di Trans7, about “From Zero To Hero”. disitu gue liat dia dan Doni Tata asyik buanget ngobrolnya. Terlihat jelas ia bukan orang yang sombong, yang mengecilkan rider baru apa lagi Doni bukan orang jepang tapi ia mau berbagi ilmunya.

Salut buat loe, bro Abe San.

bagi para ngendara mobil diluar sana, moga loe2 semua pada sadar bahwa peraturan dibuat untuk dipatuhi. thanks.

11. wap - Oktober 9, 2007

kenalin dunk ama abe…

12. Aries - Oktober 9, 2007

Gue ngga mao komen apa apa, shock banget gue dengernya…
Gue salah satu fans berat dia, coz bawa harum nama Asia.
Selamat Jalan Norick Abe “you are the best rider in the world”

13. asikbae - Oktober 9, 2007

@9-ilham
bukan guwe, sumpeh deh bukan gw..!!
hendrik punya thu..tapi jgn bilang dari gw yak…

14. BengkelSepedamotor - Oktober 9, 2007

bye Abe-san, rest in peace…………………….

15. Fr34kz Kyo - Oktober 9, 2007

sayang gak bisa ke indo lagi neh taun depan………….
Rest In Peace my man……………..

Yudhifumi

16. Ric - Oktober 9, 2007

Selamat tinggal Abe-san, “the rider inspirator”.

Untuk para pengguna jalan: Patuhilah rambu2 di jalan demi kebaikan kita semua. Peace.

17. inFinitY - Oktober 9, 2007

moga2 ini jadi pelajaran smua pengendara kendaraan di dunia.. baik bermotor maupun tidak.. akan pentingnya SaDis.. sadar disiplin, dan safety riding.. bro Norick Abe, moga bs beristirahat dengan tenang..

18. inFinitY - Oktober 9, 2007

moga2 ini jadi pelajaran smua pengendara kendaraan di dunia dan di Indonesia.. baik bermotor maupun tidak.. akan pentingnya SaDis.. sadar disiplin, dan safety riding..
jangan gara2 karena kita yg ga disiplin, orang lain yg celaka..
bro Norick Abe, moga bs beristirahat dengan tenang.. Amin..

19. citra_setyanto - Oktober 9, 2007

Masih terngiang komentator MotoGP dengan Suara khasnya…

Its….. Abe….y..

20. gass poll - Oktober 9, 2007

rest in piss eh peace

21. glbabi - Oktober 9, 2007

mengheningkan cipta sejenak….

sayonara Abe-san

22. the emes - Oktober 9, 2007

free wordpress themes
download here http://www.naughtythemes.com

23. iskandar - Oktober 9, 2007

goodbye my hero…

24. Max - Oktober 9, 2007

Jangankan kita yg terkagum2 dgn riding stylenya Norick Abe, bahkan Rossi pun ikut kagum akan sosok dan ‘kegilaan’ abe di sirkuit (disebut dlm autobiografinya ‘What if I had never tried it’).

Kita kehilangan seorang circuit hero yg sempat menorehkan sejarah di motogp, ‘warna’ dan rambut panjangnya yg tidak akan kita pernah lupakan…….
Rest in peace Abe san!

25. yponk - Oktober 10, 2007

Jujur, perasaan gw sekarang campur aduk setelah kemarin baca di detiksport abe meninggal. Dulu idola gw ayrton senna meninggal di imola setelah mobilnya menghantam tembok tahun 1994 silam. Waktu itu gw msh duduk di bangku sd kelas 6. Gw nangis n ngga mau makan sampai 4 hari sp akhirnya sakit.

Menyusul kecelakaan tragis daijiro kato 2003 silam di suzuka. Gw sedih banget krn gw sdh ngefans sejak dia ikut gp 250. Walaupun posturnya pendek tp bisa juara dunia n bisa merecoki rossi di 2002.

Terakhir Norifumi (Norick) Abe. Msh terngiang gimana gaya balapnya yang rada nyeleneh dimana saat nikung badanya cenderung tegak. Beda ma rider lain yang cenderung nunduk. Masih terngiang gimana perkasanya dia saat jawara di Gp Brazil 1999 silam. Saat itu dia duel ma biaggi rebutan posisi pertama. Menjelang tikungan mereka senggolan karena ga ada yg mau ngalah. Abe akhirnya finish di urutan pertama n biaggi kedua. Alex crivile yang diunggulkan waktu itu cuma bisa isap jempol diatas nsr 500 karena ngeri lihat mereka berdua balap spt kesetanan.

Abe selalu murah senyum dengan siapa saja n ngga sungkan bagi ilmu ama siapa saja. Beberapa kali dia datang atas undangan YMKI ngasi coaching clinick di indonesia.

Abe adalah pahlawan asia. Gw merasa kehilangan banget. Yg tetap ge ingat sampai sekarang cara dia naruh nomor start dimotor rada aneh. Rada menyamping.

Selamat jalan pahlawan. Aku yang selalu memujamu tidak akan pernah melupakanmu.

26. symbian apps - Oktober 10, 2007

selamat tinggal bro

27. Redbugs - Oktober 10, 2007

Yang gw inget dari Abe dulu saat masih di GP, rider ko rambutnya gondrong, tapi itu yang buat doski klihatan cool. Nama besarnya juga ga akan pernah dilupain,smua pecinta motogp pasti kenal doski.

Goodbye Abe….

28. Caprin Racing - Oktober 10, 2007

Dasar sopir GAJAH OLING,dari dulu pancet’ae.. Hehe..
So sad to hear that.. Btw,denger2 dia naek skutik ya pas kejadian,apa ga ada airbag’nya ya skutik dia..

29. xoy - Oktober 10, 2007

adalah salah satu GP rider jagoan gw dia… tp apa daya sekarang tinggal cerita..
smoga selalu menjadi kenangan indah semasa jaya dulu dan sampai kapanpun…
selamat tinggal bro, selamat tinggal GP rider… selamat jalan Abe san…

30. kebak angkoro - Oktober 10, 2007

Abe salah satu pembalap GP500 yang nyoba trek dadakan Kenjeran beberapa taon silam.
———-
Kok di Jepang ada sopir truk yang bergaya Indon ya?
nyatane perilaku sopir podho wae….

31. luthfie - Oktober 10, 2007

Kalau nggak salah, salah satu fans Abe adalah Valentino Rossi, yang sempat menjuluki dirinya sendiri dengan “Rossifumi”, sebelum berubah menjadi “Valentinik”.

32. toph - Oktober 10, 2007

@30
ada aja deh, tapi jangan2 sopir truck nya namanya wagimin.. he he he( maaf yach kalo yg namanya sama )

33. NANDRA - Oktober 10, 2007

jadi ingat waktu dia di Gp
gaya mengendarai motor keren abiz …

selamat jalan Norick

34. h3ndr1kk - Oktober 10, 2007

Hiks, sedih banget gw, dulu sampe sempet manjangin rambut supaya nongol dari helm kek dia…

35. wolfverine - Oktober 10, 2007

@34. h3ndr1kk waks?!?! tenang bro..gue doain supaya loe jadi pembalap GP…biar Indonesia juga ngga kalah di dunia GP Internasional….

eh btw…..”R.I.P” itu apa sih singkatannya?????

36. kjengking - Oktober 10, 2007

drik, bener lu jatoh? gmn critane?

37. remolusioner - Oktober 10, 2007

Norick Abe ….death??? ….on the road???!
Salute for your spirit and your power style….

We gonna loose you my man…

I’m gonna loose… my inspiration….norifumi abe!!!

38. toph - Oktober 10, 2007

RIP itu group band masa nggak tau….

39. h3ndr1kk - Oktober 10, 2007

@36
biasa lah, mobil linglung, ngga jelas mo parkir apa brenti gitu, pas gw brake, ban depan kena pasir, ndlosor sampe hajar tuh mobil.

40. ad1t - Oktober 10, 2007

Balap tanpa Abe, seperti Bakso kosongan tanpa mie… ihik2
bye2…Abe-San. we’ll always remember u 4ever

41. cha - Oktober 10, 2007

35. wolfverine

R.I.P tuh Rest In Peace bro…kadang ama anak gaul suka diplsetin jadi Rest In Pain…gethuuu

buat Abe San…Rest In Peace and heaven

42. PeaceMaker - Oktober 10, 2007

Norick Abe, One of my favorite rider on GP500.
GOODMAN DIE YOUNG.

43. Yudhi Arie Baskoro - Oktober 10, 2007

aduh sedih dech, pembalap yang membuat gw cinta balapan motor meninggal😦 semoga arwahnya diterima disisiNya

44. coroayu - Oktober 10, 2007

ikutan sedih….belasungkawa walau gak terlalu inget cara mbalapnya,

btw masih ada girifumi…semoga inspirasinya gak ikutan sedih ya bro… apa lagi nih….

45. Jappie - Oktober 10, 2007

Turut berduka cita …. semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan dari Yang DiAtas ..Amiinnnn……

46. kacang_suroboyo - Oktober 10, 2007

salut akhirnya dimuat juga di blog ini….. memang sudah sepantasnya kita kehilangan. dulu saya hanya berpikir karena dia dan kato dari Asia minimal ada idola buat kita karena yang lain dari aussie and eropa.

berita kato cukup mengejutkan (lihat siaran di tv), tapi meninggalnya abe buat saya jauh lebih terasa menyedihkan. ngobrol asyik saat yamaha asian cup membuat saya makin berkesan, tidak ragu untuk tukar kartu nama dan keramahannya itu yang bikin obrolan makin berkesan… (gak kebayang bisa ngobrol sedekat ini dengan pembalap moto gp) berharap tahun depan masih bisa ketemu lagi di acara2 yamaha. tapi udah gak mungkin lagi…btw thanks to yamaha indonesia and semoga tetep semangat, terutama buat pembalap2nya karena mereka pasti juga dekat dengan abe (sering ngasih coaching di yamaha indonesia)

rest in peace abe – san….(gak tau deh..kayak masih gak percaya)

47. Shelling Ford - Oktober 10, 2007

masih teringat bagaimana dulu rambut panjangnya berkibar😦

48. Mr.ieus - Oktober 10, 2007

Rest in peace…

49. prima - Oktober 10, 2007

Gue bukan penggemar Abe.
Tapi gue Shock aja.
Bayangin aja, di jepang yang tertib n Abe yang pebalap aja bisa meninggal di jalan.
Ingat para rider indo untuk safety di jalan.
Bali gak ada gunanya.
Palagi kalo ud bkeluarga kayak gue. Kadang inget ada yang tungguin di rumah.

50. Busa_tio21 - Oktober 10, 2007

Rambut panjang nu ngarumbai, gaya nikung yg nyentrik, nomer motor yg ngga centre. Hemm…… Selamat jalan Norick….

51. bajo item - Oktober 11, 2007

hikz hikz hikz

52. girifumi - Oktober 11, 2007

TARGET RUNNER UP,TARGET REALISTIS BAGI ROSSI
Stoner
Pasca kemenangan gemilang Casey Stoner yang memecahkan sejumlah rekor membuat Rossi harus focus kembali ke balap setidaknya bisa mempersembahkan gelar runner up bagi penggemarnya. Selisih yang tidak terpaut jauh dari Young Guns lainnya,Daniel Pedrosa masih mengancam posisi Rossi.

Baca di sini ya…
https://kafemotor.wordpress.com/2007/10/11/runner-up-target-realistis-bagi-rossi/

53. Jean - Oktober 13, 2007

satu lagi pembalap jepang yang meninggal. Sungguh menyedihkan.selamat jalan Norick Abe.

54. vegaR - Oktober 13, 2007

Norick abe adalah salah satu pembalap idola saya. Model rambut & gaya balap nyentrik,meski jrg menang tapi terkenal karena doi sering memimpin dilap2 awal. Sbg pembalap dgn motor kw2 abe menunjuk bakat yg luar biasa! Abe jg rendah hati&suka berbagi ilmu.sering ke indonesia. Pernah jg mbalap dikenjeran park. Selamat jalan Abe-san semoga engkau memberi inspirasi pembalap indonesia agar bisa bprestasi dlm blp kelas dunia

55. abu - Oktober 16, 2007

pembalap favorit saya. walau pun nikung dengan posisi badan beda dengan yang lain tapi bisa didepan. salut. punya teknik tersendiri yang belum pernah di pake sama yang lain
selamat jalan norick abe

56. Nor1FFum1 1Y4N #17 - Oktober 20, 2007

Pembalap Jepang di klas motoGP sekarang pada melempem….ga kayak dulu jamannya harada,kato ma Abe.Dulu jepang dah kehilangan KAto, sekarang Abe malah ikut2an.gara2 Supir Truk yg ugaL2an tu ga tau aturan,biasa nyetir becak malah coba2 nyetir truk lagi…..Norifumi abe is the best Japan RacEr yang dulu pernah singgah di kenjeran Park.balap naek motor GP ma motornya si KOMENG ama cepetnya.gw ngefans banget ma Rossi n Rossi ngefans banget ma Abe,Kesimpulannya gue Jg ngEfansss bngt ma si JAbriX Abe.Slamat Jalan Abe #17

57. bhejodh - Oktober 24, 2007

gue masih mengidolakan abe…
setau gue..rossi pun dulu sangat mengidolakan abe…bahkan sampai nama rossi…pernah memakai nama rossifumi yang mengambil dari kepanjangan nama abe…norrifumi abe

dia jaya..dia jatuh gue tetep idolain dia…
gue suka cara dia balap….
berani ambil resiko…belokan pun abe san tetep gas pol..
ga ada yg bisa gantiin abe….di hati gue

selamat jalan pembalap sejatiku

58. girifumi - Oktober 25, 2007

@56
sudah lihat artikel sayonara abe-san!! belum bro?
itu kenangan mantap.
btw,tahu gak kenapa nomernya 17,6,3,81?

59. girifumi - Oktober 25, 2007

@56
sudah lihat artikel sayonara abe-san!! belum bro?
itu kenangan mantap.
btw,tahu gak kenapa nomernya 17,6,3,81?

60. Ari - Desember 2, 2007

Norick selamat jalan ya.

61. thedi76 - Desember 20, 2007

Abe is the BEST in GP Racer

62. arick_abe - April 10, 2008

sorry aku telat ngirim komentku.
bagiku sampai saat ini belum ada yang bisa gantiin abe di hatiku. sejak pertama melihat aksinya aku langsung suka dan langsung mengidolakan. walau di akhir kariernya prestasinya agak menurun, aku tidak pernah melupakannya. aku punya koleksi berbagai macam pernik tentang abe, bahkan aku sering pakai initial norick, atau abe…
sangat terpukul kehilangan Abe… aku benar-benar shock waktu dengar dia meninggal. selamat jalan abe… you are the real racing star!

63. rongot surongot - Mei 16, 2010

sori telat komen . . met jalan bro . . .

64. Sudah 48 rider meninggal dalam Ajang Moto GP « Kang Narada - Oktober 27, 2011

[…] sumber: http://ridertua.wordpress.com/2011/10/25/sudah-48-ride-meninggal-dalam-ajang-motogp/  https://kafemotor.wordpress.com/2007/10/09/kenangan-kita-tentang-norifumi-abe/ Like this:SukaBe the first to like this […]

65. dudi - Mei 20, 2013

Pembunuh 100 Nyawa Masuk Surga …
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebelum kalian (dari kalangan bani Israil ada seorang lelaki yang telah membunuh 99 jiwa, kemudian dia bertanya tentang orang yang paling pandai di muka bumi. Dia diberitahu adanya seorang ahli ibadah, dia pun mendatanginya, dia berkata, bahwa dia telah membunuh 99 jiwa, apakah ada kesempatan untuk bertaubat?. Ahli ibadah itu menjawab, ‘Tidak’. Kemudian lelaki tadi membunuhnya, sehingga dia menyempurnakan jiwa yang telah dia bunuh menjadi 100. Dia bertanya lagi tentang orang yang paling alim di muka bumi ini. Dia diberitahu adanya seorang alim. Dia bertanya kepadanya, bahwa dia telah membunuh 100 jiwa, apakah ada kesempatan untuk bertaubat ? Orang alim itu berkata, ‘Ya’. Apa yang menjadi penghalang untuk bertaubat. Pergilah ke daerah itu, di dalamnya ada banyak orang yang beribadah kepada Allah Ta’ala, maka beribadahlah kepada Allah Ta’ala dengan mereka. Dan jangan kembali ke daerahmu, karena ia tempat yang dipenuhi dengan keburukan. Lelaki itu kemudian meninggalkannya dan menuju ke daerah yang disarankan . Ketika di pertengahan jalan Malaikat Maut mengambil ruhnya (ia meningal dunia). Malaikat pembawa rahmah dan malaikat pembawa adzab berselisih tentangnya. Malaikat rahmat berkata, ‘Dia telah datang dengan bertaubat kepada Allah Ta’ala.’ Malaikat adzab barkata, ‘Dia tidak pernah melakukan kebaikan sedikit pun’. Datanglah seorang malaikat dalam bentuk manusia sebagai penengah di antara keduanya. Dia berkata, ‘Ukurlah antara kedua daerah tersebut, mana yang lebih dekat, maka itu adalah bagiannya’. Keduanyapun melakukan itu, dan mendapatinya lebih dekat kepada daerah yang dituju. Kemudian Malaikat Rahmat membawanya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).
Kisah dalam hadits ini shahih yang disebutkan oleh Imam al-Bukhari dan Imam Muslim. Di dalam kisah ini terdapat banyak pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua.
• 1. Allah Ta’ala menciptakan manusia dengan tujuan tertentu, yaitu agar manusia menghamba hanya kepada Maha Pencipta dengan melaksanakan segala apa yang diperintahkan dan meninggalkan segala laranganNya (taqwa). Penyelewengan atas prinsip ini merupakan jalan-jalan syetan yang menyesatkan manusia. Allah Ta’ala berfirman, artinya, “Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”. (QS. Al-Baqarah: 168).
Qatadah Ta’ala ditanya tentang makna firman Allah Ta’ala di atas, beliau berkata, “Segala bentuk kemasiatan terhadap Allah Ta’ala merupakan langkah-langkah syetan”.
• 2. Setiap anak Adam pasti melakukan banyak kesalahan. Dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah yang bertaubat. Rasulullah Ta’ala bersabda, “Setiap anak Adam akan disentuh oleh syetan pada hari dia dilahirkan ibunya, kecuali Maryam dan Anaknya”. (H.R Muslim).
Dalam hadits lainnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Setiap anak Adam pasti melakukan banyak kesalahan, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang bertaubat”. (H.R Ibnu Majah dan dihasankan Syaikh Al-Albani).
• 3. Taubat merupakan kewajiban bagi setiap hamba Allah Ta’ala yang banyak dipenuhi kesalahan. Sebesar apa pun dosa yang dilakukan, taubat akan menjadi solusi utama menuju jalan kebahagian, kecuali dosa menyukutukan Allah Ta’ala. Allah Ta’ala ber firman, artinya, “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. jika kamu berpaling, Maka Sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat”. (QS. Huud: 3).
Firman Allah Ta’ala, artinya, “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”. (QS. an-Nuur: 31).
• 4. Agar taubat yang dilakukan diterima oleh Allah Ta’ala, (pelakunya mendapatkan ampunan dariNya), maka beberapa syarat harus dipenuhi. Imam Nawawi mengatakan dalam kitab “Riyadhu Ash-Shalihiin”, “Taubat wajib dilakukan atas setiap dosa, jika kemaksiatan berkaitan dengan seorang hamba dan Allah Ta’ala dan tidak ada hubungannya dengan hak orang lain, maka mempunyai 3 syarat; meninggalkan kemaksiatan tersebut, menyesal atas perbuatannya dan berjanji untuk tidak mengulang kembali. Jika kemaksiatannya berkaitan dengan hak orang lainnya, maka syaratnya; 3 syarat diatas dan membebaskan diri dari hak tersebut”.
• 5. Orang alim dalam hadits di atas memberikan beberapa nasehat kepada pelaku pembunuhan tersebut, agar jalan menuju pertaubatan semakin mudah dan tidak menemui hambatan yang berarti. Nasehat-nasehat tersebut merupakan sarana-sarana yang efektif menuju taubat kepada Allah Ta’ala, sarana-sarana tersebut adalah:
Pertama; meninggalkan teman-teman yang dulunya tenggelam bersama-sama dalam kemaksiatan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Agama seseorang dilihat dari temannya. Hendaknya salah seorang di antara kalian melihat siapa yang akan dijadikan teman.” (hadits shahih riwayat Tirmidzi dan Abu Dawud).
Dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah berteman kecuali dengan orang yang takwa, dan jangan memakan makananmu kecuali orang yang takwa”. (H.R Tirmidzi dan Abu Dawud dan dihasankan Syaikh Al-Albani).
Kedua; Meninggalkan tempat atau daerah yang banyak dilakukan kemaksiatan di dalamnya, menuju tempat yang dipenuhi dengan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah Ta’ala. Firman Allah Ta’ala, artinya, “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”. (QS. al-A’rof: 96).
Ketiga; Berteman dengan orang-orang yang bertakwa dan taat kepada Allah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Perumpamaan teman yang baik dan teman yang jelak seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin dia akan memberikannya kepadamu atau kamu membeli darinya atau kamu mendapatkan bau yang harum darinya. Sedang pendai besi mungkin akan membakar bajumu atau kamu akan mendapatkan bau yang tidak sedap”. (HR. al-Bukhari dan Muslim).
• 6. Perbedaan antara ahli ibadah dengan orang alim. Ahli ibadah banyak melakukan ibadah tetapi terkadang kurang memahami atau bahkan tidak mengetahui ilmu (syariat Islam), sehingga lebih banyak merusak dari pada memperbaiki. Sedangkan orang alim segala aktifitasnya didasarkan atas ilmu, yaitu petunjuk al-Quran dan Sunnah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya keutamaan orang alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan pada malam bulan purnama atas seluruh bintang, dan sesungguhnya para ulama’ adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, tetapi mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang mendapatkannya, ia akan memperoleh bagian yang terbesar”. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah al-Albani).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: