jump to navigation

Sayonara, Abe-San… Oktober 10, 2007

Posted by ilham in Balap, Biker, Stop Press.
trackback

giri-abe-sby00.jpg

Norifumi “Norick” Abe (Tokyo, September 1975 – Kawasaki, 7 Oktober 2007)

By Girifumi

Hari minggu 07 Oktober 2007 merupakan hari sial bagi Norick Abe. Setelah mengalami kecelakaan sepedamotor menabrak truk di kota Kawasaki, Kanagawa Prefecture, Jepang.

Asahi Shimbun menyebutkan menurut polisi setempat kecelakaaan tersebut berawal dari kecerobohan supir truk yang berbalik arah di sebuah putaran yang sebenarnya tidak diperbolehkan. Dari arah belakang kanan truk, Abe memacu motornya skuter matik 500cc. Alhasil, tabrakan tak dapat dihindari. Abe seketika itu juga, dibawa ke rumah sakit setempat. Namun dikarenakan lukanya sangat parah, membuat nyawanya tak tertolong lagi.

Norick Abe merupakan pembalap terbaik dari Jepang di masanya. Seperti pembalap Jepang lainnya, awal karirnya di perhelatan internasional adalah sebagai wild card. Di tahun 1994 dia tampil menawan.

Di usia 19 tahun, dia mencetak rekor dengan meraih podium MotoGP tertinggi kelas 500 cc bersama tim Yamaha KR di sirkuit Suzuka. Hingga julukan Kingu Suzuka atau Raja Suzuka begitu lekat dengan dirinya.

Tahun 1999 Abe bergabung dengan tim Yamaha D’Antin. Tim ini begitu disegani layaknya tim pabrikan. Sayang prestasi tim D’Antin tidak secemerlang di kala masih dibela Abe saat ini.

Abe memiliki gaya membalap yang unik. Di kala menikung pada umumnya pembalap memposisikan badannya sesuai dengan tikungan, tapi Abe tidak. Dia malah berusaha untuk tetap tegap. Abe benar-benar menjadi inspirasi bagi anak muda. Tak terkecuali, Valentino Rossi yang saat itu masih bermain di kelas 125 cc. Sosok yang ramah terhadap fans adalah awal Rossi menyukainya. Kemudian rambut lurus panjangnya, malah di suatu ketika Rossi begitu menginjak podium puncak dia sengaja memakai wig ala Norick Abe.

Hingga di kala masih berada di kelas capung, Rossi menjuluki dirinya dengan Rossifumi.

 

Wah. . bagaimana dengan Girifumi?

Mungkin sudah saatnya diceritakan asal muasal nama Girifumi. Beberapa rekan penasaran menanyakan artinya. Malah bro Adhid malah mengasosiasikan dengan Ifumi yang makanan, he3x. Abe pernah membalap di Indonesia sebagai pembalap tamu atas undangan Yamaha Indonesia di sirkuit Park Kenjeran, Surabaya dalam sesi eksibisi tahun 2000. Saat itu ia memberikan coaching clinic bagi pembalap Indonesia diantaranya Ahmad Jayadi, M. Khadafi, Jeanny Momo. Diapun turut balap dengan pembalap lokal. Pada waktu bersamaan, Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku pemegang merek motor Yamaha di Indonesia melakukan launching product Yamaha 125Z. Motor jenis underbone 125cc, silinder tegak, 2 tak, berpendingin udara. Merupakan motor CBU dari Malaysia. Motor ini dilengkapi dengan tachometer, 5 speed, cakram 220 mm depan belakang. Harganya mencapai 23 jutaan.

Pada kesempatan itulah aku, Girifumi meet and greet dengan sejumlah rekan di Surabaya. Ini berkat kerjasama antara pihak Yamaha Indonesia dengan tabloid Motor Plus.

Asli, Abe benar-benar ramah seperti yang ada di media. Melayani penggemarnya dengan sepenuh hati. Bilapun ada yang tertinggal, lebih dikarenakan schedule Abe yang padat. Arek-arek Suroboyo yang dikenal dengan bonek-nya ternyata tenang dan tertib! Foto bareng, minta tanda tangan adalah agenda wajib seorang penggemar.

Kesan lainnya, Norick Abe sama sekali tidak menyukai topi. Itu akan menghilangkan cirri khas rambut gondrongnya!! Untuk adaptasi, seperti pembalap kelas dunia lainnya Abe dalam waktu singkat mampu menaklukan Kenjeran dengan motor underbone nyaris setara pembalap seeded!

 

 

Berikut ini adalah hal yang unik tentang Abe San:

Norifumi Abe menjadi Norick Abe dikarenakan agar lebih mudah diucapkan oleh orang Barat. Penggantian nama pernah juga dilakukan oleh mendiang pembalap Jepang lainnya, Daijiro Katoh ketika naik kelas ke GP 500 menjadi Daijiro Kato.

21.jpgAbe sempat tidak turun balap di tahun 2003 dikarenakan tidak kebagian tim. Saat itu posisinya di tim Yamaha D’Antin digantikan oleh Shinya Nakano. Sedangkan nomer start keramat Abe yaitu nomer 6 diambil oleh pembalap Jepang lainnya, Makoto Tamada. Uniknya jenis hurufnya sama.

Akhirnya Rossi dan Abe berada dalam satu tim di Yamaha tahun 2004, sama grafis (Gauloises) meski beda tim. Rossi di tim factory, sedangkan Abe di tim satelit.

Rekan setim Abe saat itu (2004), Marco Melandri sangat membenci gaya rambut cepak dan berdirinya yang dimulai di tahun 2002. Posisi keduanya di klasemen akhir keluar dari 10 besar.

Tahun 2005 dan 2006 hijrah ke WSBK membela panji Yamaha France. Posisinya tidak berbeda dengan MotoGP. Terlempar dari 10 besar

Tahun 2007 bermain di even lokal sembari memberikan coaching clinic kepada pembalap muda Jepang.

Bagaimanapun, Norick Abe adalah seorang legenda balap MotoGP yang namanya begitu lekat dengan Garpu Tala yang low profile, namun tangguh di trek balap. Sekarang pembalap Jepang itu tinggal kenangan. Sayonara Abe San.

Iklan

Komentar»

1. tophthuff - Oktober 10, 2007

trus nama girifuminya dari mana tuh? di kasih sama norifumi yach bukan ifumi kata bro adhid…. he he he

2. asikbae - Oktober 10, 2007

yah, met jalan abe-san…gw jg sempat ktemu dulu, moga2 nanti bisa ketemu lagi…
sayonara….

3. d3d3mit - Oktober 10, 2007

Good Bye …. Abe San…. hope you R.I.P

thanks

4. japra - Oktober 10, 2007

untung gw gabung ama blog fantastis kayak KM ini, jadi dapet info dari orang-2 yang gw gak duga menyimpan informasi nyang valuable banget.
piss buat abe-san atas semua prestasinya.

5. CoTeng - Oktober 10, 2007

Gw ngefans bgt ma beliau ,Macan mati meninggalkan belangnya ,Manusia mati meninggalkan Nama ,S’lamat jalan Bro …

6. ADHID - Oktober 10, 2007

sayonara abe san………

@ 1. tophthuff
bro girindro (ifumi) pradoto bukan gw loh yg bilang…he he he

7. kebak angkoro - Oktober 10, 2007

jadi ada kesan, pergantian nama dari native Jepun ke “kebarat2an” kok membawa aura hitam ya.. Mereka berakhir tragis di separuh penggalan hidupnya. Oh Norifumi Abe, oh Daijiro Kato…!!!

8. Dede Alpine - Oktober 10, 2007

oh dari situ asal mu asal girifumi…. hebat deh….

gw juga ngambil dari pembalap dunia nie…DeA (Dede Alpine) atau De Angelis (DeA) Heeeee..kabuuurrrr

Oh ya MET HARI RAYA IDUL FITHRI 1428 H.

9. ucheman - Oktober 10, 2007

Ntar ga ganti jadi Girick kan???
Inget jaman kuliah..
Rambut gondrong nongol keluar helm…

10. h3ndr1kk - Oktober 10, 2007

Girifumi – Norifumi – Rossifumi
Valentinik – Pradotinik ???

11. Caprin Racing - Oktober 10, 2007

Dasar sopir GAJAH OLING,tetep aja,kelakuaan…

12. amankz - Oktober 10, 2007

selamat jalan abe san……………

13. MOTO GP - Oktober 11, 2007

selamat jalan abe !!!!

14. nathan - Oktober 11, 2007

dadah…..

15. bhell - Oktober 11, 2007

Sebenarnya saya mau mengirimkan video, tapi kebanyakan pada lum punya HP 3G.
Mau pake MMS, HP situ kurang canggih.
Sudahlah, pake Personal Message pun jadi…
Selamat Idul Fitri 1428 H. Mohon Maaf Lahir Batin.
Kemenangan adalah milik mereka yang berjuang, bHell

MET LEBARAN YAK!!!

16. bhell - Oktober 11, 2007

ohh, lupa komen..
ehm.. wa emg dari dulu/kecil (blm ngarti motoGP) emg lebih prefer ke Abe loh.. dy kalo ga salah duluuuuuu make no 4 yak???
yah gitu deh T_T kasian..

17. girifumi - Oktober 11, 2007

@all
Selamat Idul Fitri 1428 H. Mohon Maaf Lahir Bathin..
Kemenangan adalah milik mereka yang berjuang

Girifumi

18. girifumi - Oktober 11, 2007

CARLOS CHECA HENGKANG KE WSBK
Prestasi dua tahun berturut-turut terlempar dari 10 besar membuat pembalap veteran asal Spanyol ini harus keluar dari ketatnya kompetisi MotoGP yang telah dijalaninya selama 13 tahun. Posisinya sendirinya di tim lamanya, Honda LCR akan digantikan pembalap asal Prancis,Randy De Puniet.

Baca di sini ya…
https://kafemotor.wordpress.com/2007/10/11/carlos-checa-hengkang-ke-wsbk/

19. NANDRA - Oktober 11, 2007

@ utk temen2 kafe motor

Minal’aidin wal faizin
mohon maaf lahir & batin

” Selamat jalan Abe “

20. yponk - Oktober 11, 2007

Thanks banget Bang Giri atas commentnya. Sy masih merasa kehilangan banget nih. Dia itu idola saya sejak kelas 2 SMP. Mana ada pembalap gondrong macam dia kan? Rossi dulu sewaktu masih balap di 125cc pernah nyobain gaya rambut abe, tp langsung dipotong pendek karena kegerahan sewaktu make helm.

Sekali lagi selamat jalan pahlawan.

21. ucie - Oktober 15, 2007

met jalan ya abe.. lu salah satu pembalap fave gw karena rambut gondrong lu yang keren abiz, hope bakal ada yang gantiin lu. so gw bisa sedikit terhibur .. hik .. hik…

22. "chophot" - Oktober 15, 2007

gtu aja sedih!pade cengeng smuanya hik hok hak
abe sang

23. PenDrive - Oktober 21, 2007

haruchika aoki kemana ya?apa dia sudah meninggal seperti halnya Abe?

24. Nuvan™ - Oktober 22, 2007

Baru masuk ini hari……
Hadi baru OL hari ini juga…..
Minal Aidin Wal Faidzin yaa…..

(All Topik)

25. girifumi - Oktober 22, 2007

@23
Aoki bersaudara,kabar terakhir dikontrak dengan perusahaan games Namco. Kemarin Nobuatsu Aoki,eks rider Suzuki Factory tahun 2000 ngejajal GSV versi 2008 di Sepang.Kalau Asia,Aoyama bersaudara esp. Hiroshi bisa tuh diandalin.cuman agak unik ya bro.Orang Jepang bela motor Eropa. Miriplah kayak Tetsuya Harada pas bela Aprilia.

26. GPMania - Oktober 23, 2007

Wah. . bagaimana dengan Girifumi?
Mungkin sudah saatnya diceritakan asal muasal nama Girifumi. Beberapa rekan penasaran menanyakan artinya.

Kok saya masih blon mudeng penjelasan tentang asal usulnya yah..

27. girifumi - Oktober 23, 2007

@26
asal nama girifumi mas..gitu aja kok repot…

28. coroayu - Oktober 23, 2007

….kerjasama antara pihak Yamaha Indonesia dengan tabloid Motor Plus
bro giri wartawan motorplus ya ???? gue kadang bingung, tulisannya sama yg dikoran kadang sering sama…walau kadang yang dikoran terbitnya telat…duluan di kafemotor…kayak yang tentang motor di pake di industri film…

29. girifumi - Oktober 25, 2007

@28
kebetulan aja bro…bukan kok.
foto di atas aslinya masih cuci cetak.tapi fotonya aku scan.pas itu kamera digital masih mahal sekali (tahun 2000).Abe pakai batik etnik Bali,suka sekali koleksi pernik kecil semacam gelang di setiap daerah yang dikunjunginya.
kalo yang lain cuman dikasih tanda tangan,aku minta dituliskan nama langsung saja dituliskan namanya di topiku.benar-benar baik bgt.
ada bursa kolektor,barang tanda tangan Abe paling murah. Biaggi paling mahal.ah..dari situ ketahuan pembalap yang paling ramah dan care kepada fans.

30. YogiE - Oktober 31, 2007

I’m ur biggest fan ever!!!Slmt jln Abe-san..gw jg bnyk terinspirasi dr elo..mulai dr “gondrong” pas pk helm,sprt bnyk diulas diatas..riding style yg rada nyeleneh (Gosh!I really luv it!)..smp ramahnya itu,lho.Soal mtr,gw udh mulai Yamaha-minded,neh.Gw pk TZM.Cita2,pgn dicat mirip mtr Abe-san.Moga2 t’wujud (Amin!).
Sekali lg..turut b’duka cita sedalam2-nya..may ur soul “race” in peace…

Yogie “YoricK” MSO (MotorSportOrganization),Jakarta Barat

31. girifumi - November 22, 2007

@30
sayang gw pakai smash,tapi paling gak for tribute him,aku pake nomer start 6.

32. AWON - Maret 1, 2008

soRy ni w AWON u mSh kNL w Ga

33. AWON - Maret 1, 2008

w AWon tLp w yA ke no ni 021-91973150

kBr u gi mn ???

34. Eric - Februari 12, 2009

Norick emang pas Di moto Lumayan skillnya Ga jelek2 amat…Moga Diterima disisinya RIP

35. Awakku - Maret 3, 2009

Betul.
Ayas suka rambut Abe waktu masih gondrong (tapi ayas bukan homo lho).
waktu itu rambutnya berkibar dari balik Helem.
Hebatnya tuh rambut habis balapan keliatan gak lepek, tetep mengembang dan mengkilat (samphoonya apa ??)
So waktu kuliah dulu ikutan gondrong, kalo naik motor melambai-lambai

36. Awakku - Maret 3, 2009

Waktu di kenjeran (seingatku)
Lap pertama masih posisi 2.
Begitu lap kedua udah leading agak jauh, sambil noleh ke belakang sambil “ngawe-ngawe”.
bener gak Kang Giri ??

37. petrucci - Maret 13, 2009

for all..
ada yang tau arti namanya Norifumi itu sendiri ga dalam bahasa jepang? ak dulu sempet baca ulasa Motorplus waktu membahas kunjungan Abe ke Indonesia pada edisi awal2 terbit…thx bro…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: