jump to navigation

Carlos Checa Hengkang ke WSBK Oktober 11, 2007

Posted by ilham in Balap, Biker, Sportbike.
trackback

By Girifumi

Prestasi dua tahun berturut-turut terlempar dari 10 besar membuat pembalap veteran asal Spanyol ini harus keluar dari ketatnya kompetisi MotoGP yang telah dijalaninya selama 13 tahun. Posisinya sendirinya di tim lamanya, Honda LCR akan digantikan pembalap asal Prancis, Randy De Puniet.

Carlos Checa sempat menjadi ikon pembalap Spanyol bersama dua rekan lainnya, Alex Criville dan Sete Gibernau. Uniknya masing-masing mewakili pabrikan Jepang. Criville (Honda), Checa (Yamaha), dan Sete (Suzuki). Untunglah, regenerasi pembalap Spanyol tidak mandek. Ada sederet pembalap berbakat seperti Daniel Pedrosa, Toni Elias, Andrea Doviozo sebagai pengganti seniornya.

Sejatinya, pembalap yang memiliki nomer start keramat 7 dengan hiasan kepala Torro (banteng) ini sudah diminta tim Ducati sebagai pembalap tester, namun hasrat membalap lebih kuat ketimbang sebagai pembalap penguji. Maka dipilihlah ajang WSBK. Berharap saja, kita bisa melihat pembalap kelahiran Barcelona ini beraksi di Sentul. Tinton Soeprapto, setelah dihubungi secara terpisah mengisyaratkan ajang balap motor kelas dunia ada kemungkinan hadir di bulan Juli 2008. Saat ini dalam tahap negoisasi dan survey lapangan. Doain iye? Iye?

Untuk timnya sendiri, Checa bisa berharap banyak karena tim yang akan dihuninya adalah Ten Kate Honda, tim Honda factory di WSBK yang sukses menghantarkan James Toseland menjadi juara dunia musim ini. Bisa jadi ini karena faktor Spain Connection lagi. Who know’s?

Carlos Checa berpartner dengan Max Biaggi sejak tahun 1999, dan mereka mengembangkan YZR 500 dan YZR M1 bersama-sama. Sayang 2003, Biaggi berpaling ke Honda demi ambisi pribadi. Begitu pula sponsor rokok Marlboro. Untunglah berkat Spain Connection, tim Yamaha Factory cukup bertaji.

Tahun 2004 adalah musim terberat Il Torro (sang banteng), karena berduet dengan Rossi, jenius yang sukses meraih title juara dunia di musim pertamanya di Yamaha. Tahun ini sedikit unik, karena tim factory dan Tech3 memakai dua sponsor sekaligus dan tiap tim tampil belang, tidak seragam. Team Factory (Rossi/Gauloises) dan (Checa/Fortuna) sedangkan tim satelit Marco Melandri/ Fortuna dan Norick Abe/Gauloises.

Tahun 2005 Checa bersama Marlboro kembali hanya saja berbeda pacuan, Ducati. Tahun berikutnya kembali ke Yamaha, namun hanya sebagai tim satelit. Diperparah dengan karet bundar yang dipakai adalah merek Dunlop. Berharap prestasi membaik, tim Yamaha Tech3 ditinggal berpaling ke Honda LCR, eks Casey Stoner. Dengan asumsi Michelin sebagai partner ban prestasinya akan setidaknya bisa sebaik Stoner yaitu di peringkat 7. Sayang, Michelin didera banyak masalah dikarenakan regulasi terbaru dari Dorna. Bridgestone pun berjaya.

Keunikan Checa bisa dilihat berikut ini:
1. 2005, Ducati Marlboro, Bridgestone
2. 2006, Yamaha Tech3, Dunlop
3. 2007, Honda LCR, Michelin

Setiap tahun berganti tunggangan dan pemasok ban! Sayangnya, hanya ada tiga pemasok ban di MotoGP. Mungkin bila ada FDR dia mencetak rekor tersendiri, misalnya membela Suzuki FDR, (:P) he3x…Yang jelas di WSBK pemasok ban telah ditentukan Pirelli.
Kehadiran Checa akan menambah deret pembalap MotoGP yang turun pangkat menjadi pembalap WSBK. Sebut saja Regis Laconi, Garry McCoy, mendiang Norick Abe, Max Biaggi, Alex Barros, Andrew Pitt.

Iklan

Komentar»

1. Ahmad Yadi - Oktober 11, 2007

Mumpung pada mudik, Podium lagi euy 😀

2. Ahmad Yadi - Oktober 11, 2007

Borongan Ahhhh :))

3. Ahmad Yadi - Oktober 11, 2007

Hattrick… 😀
Met LEbaran dah

4. Aries - Oktober 11, 2007

ya lewat 3 besar..
baca dulu ah..

eh met lebaran ya…minal aidzin wal faidzin

5. CoTeng - Oktober 11, 2007

Yup 5 besar ,
baca dulu ah ..

6. CoTeng - Oktober 11, 2007

Muda2han aj WSBK hadir di Indonesia ,Met Lebaran ya buat bang Ilham ,Ducati n semua …Minal Aidzin Wal Faidzin .

7. yponk - Oktober 11, 2007

Masih dapat point.

Carlos Cheka merupakan pembalap kawakan yang pernah megang berbagai merek motor.
Masa keemasanya dulu sewaktu duet sama biaggi di yamaha marlboro team.

8. mbelgedez - Oktober 12, 2007

Heh…heh….heh….

Ketauan bangets, nyang biasa ngomen disini lagi pada mbetot kabel gas, pulang kampung….

Dari jam 8 malem sampek tengah malem ndak ada nyang komen….

http://mbelgedez.wordpress.com/2007/10/12/orang-orang-barat-sudah-pergi-ke-bulan-tetapi-kita-masih-bertengkar-tentang-cara-mengintip-bulan-hasyim-muzadi/

9. namco - Oktober 12, 2007

hahaha mayan finish ke 9 oi
checa da tua pensiun aja jadi coach

10. ucheman - Oktober 15, 2007

10 Besar… he..he…
kalo jadi kw WSBK .. sapa yg mo pake no 7 di MotoGP ya??

11. kupi'ng Gajah - Oktober 18, 2007

yaaahh…no 11…ga apalahh…ikutan finish
mending om checa jadi coach Doni aja, itung itung buat nggoblokin anak kecil…hehehehe….

12. girifumi - Oktober 19, 2007

@10
Bary Sheene…

13. rdayt - Oktober 20, 2007

kenapa siy 13 itu disebut angka sial…???

^_^

14. Nuvan™ - Oktober 22, 2007

Baru masuk ini hari……
Jadi baru OL hari ini juga…..
Minal Aidin Wal Faidzin yaa…..

(All Topik)…………

15. darsonosu - Oktober 22, 2007

carlos checa ke superbike, max biaggi balik ke motogp…

16. maling_dealer - Oktober 22, 2007

Wah jadi nih rencana WSBK hadir di sentul, kalo jadi kerennn bngt, bisa liat motor2x keren nan canggih beradu kenceng, mudah-mudahan lancar ya rencana WSBK ke sentul, amin

17. girifumi - Oktober 23, 2007

@16
doain aja ya bro..semoga sirkuit Sentul diramaikan even international.masih dalam tahap lobi…

18. japra - Oktober 25, 2007

“Untuk timnya sendiri, Checa bisa berharap banyak karena tim yang akan dihuninya adalah Ten Kate Honda, tim Honda factory di WSBK yang sukses menghantarkan James Toseland menjadi juara dunia musim ini. Bisa jadi ini karena faktor Spain Connection lagi. Who know’s?”

spain connection disini maksute opo toh? bukannya Ten Kate Honda itu team asal belanda dan James Toseland berkebangsaan Inggris??

19. girifumi - Oktober 25, 2007

@18
gak tahu persis siapa yang jadi sponsor.mungkin aja sponsor dari Spanyol.tahu gak kenapa Nicky Hayden dipilih Honda Repsol?padahal dilihat dari motor Jepang,sponsor Spanyol.itu dikarenakan manajemen Honda ingin lebih menanam image di Amrik sono…

20. japra - Oktober 26, 2007

@19

tetep gak mudeng….sponsor spanyolnya siapa? setau gue (pernah baca dimana lupa)..bos-nya tim ten kate honda (namanya siapa juga lupa) gak kenal sama sekali dgn Carlos Checa, malah ketemu aja belom pernah, tapi berhubung dia denger Carlos Checa bakal kehilangan kursi di motoGP dan dia nolak jadi test rider-nya ducati, makanya ni boss akhirnya telp ke managementnya Calos Checa..dan pada saat itu Carlos Checa juga kaget sbab dia juga gak kenal sama sekali dgn boss Ten kate honda…

jadi rasanya sih..gak ada spanish connection lah disini..

atu lagi:
“Carlos Checa sempat menjadi ikon pembalap Spanyol bersama dua rekan lainnya, Alex Criville dan Sete Gibernau. Uniknya masing-masing mewakili pabrikan Jepang. Criville (Honda), Checa (Yamaha), dan Sete (Suzuki). Untunglah, regenerasi pembalap Spanyol tidak mandek. Ada sederet pembalap berbakat seperti Daniel Pedrosa, Toni Elias, Andrea Doviozo sebagai pengganti seniornya”

rasanya ada yg salah juga dari alinea diatas…Dani Pedrosa, Toni Elias, Jorge Lorenzo, Alvaro Bautista, Hector Barbera … bener emang asalnya semua dari negara matador..tapi Andrea Dovizioso sih kelahiran negara pizza, boss…..

21. girifumi - Oktober 26, 2007

@20
Maksudnya Honda ingin lebih menanam image di Spanyol.lagipula 3 sirkuit dijadikan trek MotoGP.
Nah..yang Andrea Doviozo emang Italiano asli bos…dipersori aja..
thx atas koreksinya.gw juga mau ralat lamun lieur euy…

22. japra - Oktober 26, 2007

@21

ohh..maksudnya gitu…kalo itu sih mungkin juga….tadinya gue kirain yg dimaksud tuh model KKN kayak disini..huehehehe..sbab setau gue ten kate asal belanda, toseland asal inggris, gak ada bau2 matadornya…lha gimana mau ada spanish connection-nya…

gak kayak….hehe….maap nih bagi pendukung stoner….gak kayak stoner….dia terkenal deket sama chaz davies, makanya atas “connection” dia lah chaz sempet dapet nyobain beberapa kali balap di tim pramac d’antin ducati (yg notabene tim satelitnya ducati di moto GP) ngegantiin alex hoffman yg ngocol itu….nah kalo gini kan boleh dibilang namanya “stoner connection” gituww…………..tapi skr pramac udah teken kontrak dgn toni elias koq, bukan chaz..jd musim depan pramac jokinya elias dan guintoli…intermezzoo aja ini seh…

23. girifumi - Oktober 29, 2007

@22
gak heran kenapa Carlos Checa,Ste Gibernau kok bisa besut Ducati?gw pribadi lebih suka Troy Bayliss?
Spanyol emang kuat modal.meski bukan produsen motor,tapi kaya.

24. anju - Agustus 4, 2008

kontol

25. anju - Agustus 4, 2008

kontol anjing


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: