jump to navigation

The True Bebek Rasa Sportbike Agustus 21, 2011

Posted by ilham in Sharing, Test Ride.
trackback

Selama ngeblog, saya memang tidak banyak membahas motor bebek. Maklum saya tidak banyak mengendarai motor sejenis ini. Paling sekali dua tiga kali pinjam motor kawan, atau pakai motor kantor. Tapi kalo ada motor bebek yang bisa jadi favorit, saya akan pilih Kawasaki ZX130.

Saya tidak akan tanggung mengekspresikan kekaguman terhadap motor teman kantor yang beberapa kali saya besut di tengah kemacetan kota Jakarta. Apanya yang istimewa? Tentu banyak, namun saya akan ulas beberapa saja.

Tidak banyak motor bebek yang pengendaliannya terasa seperti motor sport. Kawasaki ZX130 mungkin salah satunya. Di setiap kelokan jalan, bisa dirasakan handlingnya yang presisi. Anda bisa berbelok sesuai lajur yang anda pilih, tanpa harus dikoreksi di sana sini.

Secara teori, sasis memegang peran penting dalam membuat handling yang baik. Jika melihat spesifikasi teknisnya sasis ZX130 tidak istimewa. Mengandalkan Pipe Backbone layaknya bebek pada umumnya. Jadi saya harus menduga-duga bahwa KMI telah menggandakan ketebalan logam yang dipake, atau setidaknya ada penambahan kekuatan dititik-titik tertentu. Saya harap ada yang bisa kasih info soal ini.

Kemungkinan lain, soal layout mesin dan sumbu roda. Dengan menempatkan posisi mesin di tempat yang proporsional, bisa membuat distribusi bobot menjadi lebih baik. Kita tahu bahwa motor bebek tidak sesensitif itu, tp jangan lupa pula bahwa saat diluncurkan beberapa tahun lalu, motor ini memiliki kapasitas paling besar di kelasnya. So wajar saja KMI memberi perhatian serius.

Bagaimana dengan pengaruh bobot ZX130 terhadap performa dan handlingnya? Sepintas tidak ada yang istimewa. Bobot 104 kg, lebih berat dari bebek bermesin bongsor seperti FU yg hanya 95 kg.

Lalu jika dibandingkan dengan rata-ratamotor bebek pabrikan ini, seperti Athlete atau Edge, maka beratnya sama. Keistimewaannya akan terlihat kala kita lihat torsi yang dihasilkan. Di angka 10,7 Nm / 5.500 RPM. Jauh lebih besar dari keduanya hingga lebih dari 2 Nm, pun dikitiran mesin lebih rendah . Artinya motor ini cukup buas, sehingga mengkompensasi bobotnya yang biasa-biasa saja. Saya hanya coba rasakan itu saat motor berada ditikungan. Memainkan gas saja dapat menjaga kecepatan sekaligus jalur lintasan dengan optimal.

Keistimewaan sasis motor ini bukan hanya di kelokan jalan. Sasis yang bagus juga memperbaiki pengendaraan di jalan lurus. Saya tidak pernah mencoba menggeber motor ini hingga redline. Tidak etis menjadikan motor pinjaman sebagai kelinci percobaan. Yang jelas, sumbu rodanya sama dengan Athlete, dan sedikit lebih panjang dari Edge. Artinya akan membantu stabilitas di jalur lurus.

Yang tidak kalah seriusnya adalah desain swing arm. Lengan ayun motor ini dijepit langsung ke sasis. Untuk itu konstruksinya berbentuk A, bukan H layaknya lazim di motor bebek. Sederhananya begini, bayangkan swingarm Scorpio yang sumbunya berbentuk A, langsung dijepit oleh sasis tengah. Lalu bayangkan arm model A di scorpio yang udah nempel di sasis tadi diperkuat lagi dengan dua sok belakang yang terpancang ke sasis belakang.  Maha kuat.

Rancang bangun sasis+swingarm ZX130 jadinya membentuk segitiga, yang secara teori sangat stiff (kaku alias ga geal-geol). Konstruksi ini jelas jauh lebih baik dari katakanlah motor laki seperti Honda Tiger lama yg mengandalkan dua sok belakang sebagai pengikat, tapi hanya dibekali swingarm model H. Saya tidak sempat mengecek motor-motor bebek lain, tp saya yakin mungkin hanya sangat sedikit yang menggunakan konstruksi sasis belakang sekaku ZX130.

Sekarang, kita baru terasa bahwa ZX130 hanyalah produk transisi. Kawak kembali bermain dengan motor bebek 125 dan 110cc. Mengejar kecepatan untuk 125, dan kelincahan di 110. Sangat disayangkan sebab Kawak tentu tidak sembarangan menyandangkan code ZX pada bebek bermesin 130 ini. Seperti lazimnya, ZX adalah seri yang digunakan untuk ninja sport, meskipun tidak sampai berembel ZX-R. Dapat dipahami jika ZX130 sebenarnya merupakan motor bebek dengan genetika sportbike di dalam tubuhnya.

Seperti biasa, Kawasaki tidak begitu ambil peduli soal berhasil tidaknya pemasaran ZX130. Tapi setidaknya KMI sudah pernah memberi kita motor bebek handal. Seperti layaknya motor-motor sport pabrikan ini. Kode badge ZX jelas bukan isapan jempol belaka.

Spesifikasi Teknik:

Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW ( 10,1 PS ) / 7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter ( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M / C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M / C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery ( B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs

Komentar»

1. Leksam - Agustus 21, 2011

Posisi stang terasa pendek…baby ninja?
Orng jawa bilangnya anteb, saat papasan sama bus dengan kecepatan tinggi gak limbung. Irit.

Yang aneh lagi konstruksi shock belakang antara kanan dan kiri beda…?

2. Leksam - Agustus 21, 2011

Dari bore x stroke yng over stroke kelihatan ngejar torsi di rpm rendah. Enak buat jalan jauh nich…

ilham - Agustus 21, 2011

Sedap, memang terasa anteng dan penak mainin gas… Mesin aristokrat :p

3. Nurk - Agustus 21, 2011

Wuih, sudah lama tidak ke luar pembahasan produk2 kawasaki… BTW dulu bebek yg Kaze R cukup diminati masyarakat kita…🙂

4. B M W ♣ - Agustus 21, 2011

Sip,kawasaki memang motor penak

5. sabdho guparman - Agustus 21, 2011

kawasaki memang stabil di kendarai

6. #99 bro - Agustus 21, 2011

lanjut…

7. Om Punsns - Agustus 21, 2011

setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……

8. Maxy - Agustus 21, 2011

Harga sekennya ini berapa y sekarang??ditempatku benar2 jarang yang punya ini…

9. hndy12 - Agustus 21, 2011

Pernah pake 1thn, suspensi depannya paling enak di kelas bebek.
tapi yg bikin pening klo servis, bautnya banyak + body bergetar kaya bebek honda.

ilham - Agustus 21, 2011

Oh soal suspensi depan mmg engaruh juga. Mestinya jgn tlalu epuk kalo mau lbh presisi pengendaliannya. Soal body geter ini ane ga tlalu paham. Tp sperti judul di atas, ini bebek tp kok rasanya kaya motor laki. Sedaaappp!

10. Juragan Warung - Agustus 21, 2011

wahhhhh,…. kang ilham emang jos gandosss roti bolu….

11. AFR - Agustus 22, 2011

pernah nyoba bebek kawasaki rata2 emg stabil n handling mantap ….
lo handling plg ga stabil bbk honda msh mending bbk yamaha, ga tau knp naik bbk honda rasanya berat bagian blkgnya, distribusi bobot krg yahud mungkin …

12. dweedar - Agustus 22, 2011

pabrikan laknat, ATPM bejat! hahaha..
ZX didiscontinyu < CMIIW ya

Edge sm Athlete dianggurin jualannya, laku sukur ngga juga ngga masalah. ha, kl ATPMnya macam ini, gimana konsumen mau beli? trus kl konsumen g mau beli, gimana dealer / beresnya mau jualan?
trus kl produknya jarang laku, gimana nasib pekerja2 di dealer / beresnya? gimana keluarga mereka, gimana mereka mau konsen kerja, trus gimana kualitas kerjaan mereka?

ATPM sesat. ATPM egois

*curhat pemilik bebek 125cc Kawak

13. hi hi hi - Agustus 22, 2011

Di web resmi kawak indonesia dah gak ada.

14. Lime Green - Agustus 23, 2011

Bang Ilham, ijin posting link ke facebook ya… Thx

ilham - Agustus 23, 2011

Sok atuh maenkan

15. nanared - Agustus 23, 2011

mantap ulasannya,klo ane bebek rasa sportbike pilihan adalah satria 120 r dan lscm/satria hiu
salam kenal mas

16. k'oto - Agustus 24, 2011

produk yg bagus .. jg produk2 kawasaki yg lain … tapi sayang promo & aftersalesnya kurang bagus .. mudah2an setelah ber-aliansi sama bajaj & ktm ada perubahan😀

17. karis - Agustus 26, 2011

Teknis banget bro…keren analisanya. Salam kenal yo

18. tri - November 17, 2011

mantab gan,.,.,ane baru nyimak karna ade ane punya motor itu,.,.,.walaupun segitiga udah kena pun,g terlalu melintir gan,.,.,.,emang paling mantab nh bebek buat sasisnya,.,.,.120kpj dengan bobot pengendara 44kilo aja anteng dijalan,.,.,ane udah pernah nyoba sampe 130kpj gan

19. santo - Juni 19, 2012

motor ini bagus, tolong dirawat, walaupun harga bekasnya andaikata jatuh, ngak ada ruginya untuk dipakai sehari-hari, aman dan mantap, jauh dibandingkan pesaingnya (produk bebek honda,yamaha,suzuki etc) atau bebek kawasaki sendiri, anda coba dan rasakan kematangan teknologi erogonomi serta keseimbangan saat dijalan, terasa naik honda gl100 tapi bebek dan irit, tolong jangan risih atau rendah hati teknologinya telah matang hanya lemah dipemasarannya saja (telah dijual di negara eropa dan amerika(latin) dan tentunya asia serta jepang, OKE thanks atas reviewnya

20. zxers - Desember 21, 2012

silahkan kunjungi grup fb di kawasaki zx130….

Jelajah - Oktober 14, 2013

sampe disini juga kang ?..xixixixi

21. Dulatif Tea - Desember 21, 2012

Bebek Kelas Dunia Nih gan…..dah hampir 7 tahun nih saya pake tetep OK…,

22. didik - Januari 11, 2013

ZX130 Mantab bro…

23. nhajeeb - Januari 15, 2013

motor yg gak laku tp gue beli, hheheheee, , , produk kawasaki gituu lohh, moal gagaaaall.

24. Jelajah - Oktober 14, 2013

itu mocin gw xixixi

25. yogieza - Oktober 20, 2013

gila kompresinya,tinggi bgt.jadi pengin jajal motor ini

26. romie - Desember 9, 2013

gw uda pake motor ini 8 thn, dr baru sampe skrg….. irit n mesinnya kuat bgt, blm pernah turun mesin…. sayang discontinue…. gmn neh KAWASAKI…..

27. ZxBiroe - Maret 6, 2014

Seng nduwe blog iseh urip po ra??

28. nggandenz - Maret 7, 2014

duwurku sekate-kate…:mrgreen:

29. Zxnganu - Maret 8, 2014

Kae..mesti zxblusokep😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: