jump to navigation

Kreatif, Ducati Monster Desmodue RR Agustus 27, 2011

Posted by ilham in Balap, PABRIKAN, Sportbike.
trackback

Soal kreativitas, bukan cuma dominasi bikers di negeri kita. Di Amrik sana, bikers juga punya modifikasi yang tidak kalah yahud. Sebut saja Ducati Monster yang dimodif menjadi motor balap. Pasang fairing, benahi kaki-kaki jadilah. Tapi modif di negeri Paman Sam bukan asal-asalan. Ini langsung dicoba di lintasan balap. So ada baiknya kita bahas sedikit.

Tersebutlah sebuah dealer yang bernama Ducati Bellevue merasa gatal untuk mencoba peruntungan di dunia balap. Lucunya, mereka memilih masuk dari kategori WMRRA 650 Super Sport Twins, bukan seri Superbike atau Supersport biasa yang menggunakan seri Evo 848 atau 1198. Mereka terusik dengan kenyataan bahwa selama ini balapan kategori mesin twin, cc menengah selalu didominasi  Suzuki SV650 dari tahun ke tahun.

So mereka mau bersusah-susah membangun motor balap dari seri Monster 796 sebagai pilihan. Seperti luas kita ketahui seri Monster merupakan penyumbang terbesar kelangsungan hidup pabrikan yang bermarkas di Bologna, Italy. Namun Monster dilahirkan sebagai motor streetbike atau streetfighter. Artinya mementingkan praktikalitas untuk digunakan. Baik di dalam kota, maupun untuk turing, motor ini memberi kenyamanan berkendara. Torsinya yang besar dan ergonomi pas untuk riding style yang mementingkan kenyamanan dan kemudahanpengendalian. Tapi, soal balap, lain padang lain belalang.

Singkat cerita, setelah setahun Monster diberi makanan bergizi lahirlah motor balap berlabel Ducati Desmodue RR. Artinya 2-katup Desmo, namun dengan tampilan Desmosedicci RR. So tidak asal dimirip-miripin dengan tunggangan Hayden dan Rossi.

Dengan bekal Monster 796 gress 2011, mereka tinggal pasang sejumlah parts racing Ducati yang udah bolt-on. Ada muffler slip-on merek Termignoni DP, buntut Woodcraft, ban balap Dunlop D211GP, dan tentu tidak lupa suspensi Ohlins (belakang doang, sebab depan ditune-in sendiri). Masih banyak lagi pernak-pernik Ducati Performance yang kalo diulas satu-satu bisa keteteran (wong datanya tidak dilansir :D).

Hebatnya, motor balap ini dipersiapkan hanya oleh staf Parts & Service Department. Kalo di bengkel resmi Suzuki atau Honda sini, kira-kira montir bengkel gitu. Toh untuk sektor mesin, regulasinya memang harus dibiarin standar. Jadi pastinya tidak ada korek-mengorek macem-macem.

Cuma untuk optimalisasi kinerja, tetap saja mereka dibantu ahli dibidang masing-masing. KFG Suspension untuk urusan setting ajrutan. Juga 2 Wheel Dyno Works untuk urusan performance.

Yang lumayan sulit justru memasang fairing. Untuk urusan ini mereka mempercayakan kepada Dick Washer (WASCO). Doi terkenal sebagai pembuat sasis dan body motor balap selama ini. Hasilnya Duncati Monster dengan perawakan Desmosedici RR. Kualitasnya, seperti yang kawan-kawan bisa lihat. Mutu pabrikan coy. Bukan KW-KW-an, apalagi abal-abal 😀

Setelah kilik sana-sini, pertanyaan selanjutnya bagaimana hasil di lintasan? Eittsss, balapan seri kedua, mereka sudah jadi jawara. Seri sebelumnya, juga udah bisa menggondol juara 3. So prestasinya benar-benar tidak mengecewakan.

Saya lalu teringat, seandainya motor kayak Tiger atau Scorpio dibuat kayak gini, apa bener-bener bisa balapan juga ya?

Sumber: http://eastsidemotosports.com

Iklan

Komentar»

1. xperia arc - Agustus 27, 2011

yang begini enak nya di pake buat mudik, manstabb, bikin ngeces yang lihat ….yang begini enak nya di pake buat mudik, manstabb, bikin ngeces yang lihat ….

2. Santay - Agustus 27, 2011

Buat balap sih pasti bisa… Menang enggaknya yg g tahu…. Hehe…

3. topa - Agustus 27, 2011

tiger & scorpio di pakai blapan sih bisa aja…,
Tapi mau meraih podium mungkin susah kali…..
Harus di pegang mekanik yg handal baru bs bersaing……

4. Tolak Bebek - Agustus 27, 2011

Apik.apik.apik

5. Tolak Bebek - Agustus 27, 2011

Tiger & scorpio dibuat balap……????
Di jadiin bentor aka becak montor aja.
pasti jozzz………

6. smartf41z - Agustus 29, 2011

tergantung kelasnya saja. klo dicampur sama motor overbore apalagi DOHC ya ga nglawan.

7. Rully Bersungguh-sungguh - Agustus 29, 2011

wah ini masuk aliran komunitas pengguna limbah moge nih…

8. ekowd - Agustus 30, 2011

Buat Monster seri lama ada ga ya?

ilham - September 9, 2011

Wah ada bro Eko 😀
Hahahaha, yg seri lama lbh cakep ga pake fairing

9. @aruman84 - September 9, 2011

Eaaa, kan tiger, megapro dulu pernah ada balapanyya di omr honda. “̮ ƗƗaƗƗaƗƗa “̮‎​

10. pbateman - September 12, 2011

nunduk di lintasan lurus apa nggak susah ya, (kondom) tangkinya Monster kan gede dan nonjol banget..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: