jump to navigation

Jangan ketipu KTM, motor kencang pasti cantik Oktober 9, 2011

Posted by ilham in Balap, Motor Baru.
trackback

Gambar konsep di atas baru-baru ini merebak luas di dunia maya. Katanya sih desain pertama yang muncul untuk GP Moto3 dari pabrikan KTM. Kaget juga sih, kelihatan kurang proporsional dan agak aneh di beberapa tempat. Sedikit unortodox, gitu. Pokoknya kurang racy aja. Tapi apa benar akan begitu?

Lalu saya teringat salah satu ungkapan dalam dunia motorsport yang kira-kira kalo diterjemahkan artinya “oto/motor kencang pasti cantik”. So, saya pikir ga ada salahnya kita diskusi-diskusi sedikit soal ini sambil ber-exercise dengan gambar-gambar yang ada.

Pertama-tama, kalo kita lihat desain di atas, ada dua pertanyaan buat elo elo pade, kawan-kawan. Dijawab dan diskusikan ya!!!

  • Pertama, motor (konsep) di atas cantik ga?
  • Kedua, motor ini (kira-kira) kencang ga?

Nah, sekarang kita coba pake rumus di atas. Silahkan ajukan jawabannya 🙂

Tapi pertanyaan saya ini ingin saya hubungkan dengan pemahaman saya tentang KTM. Salah satu nama besar dalam lintasan balap enduro dan trail ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Selain pengalamannya membangun motor-motor kencang dan tahan banting, KTM menurut pandangan saya termasuk pabrikan yang efisien dalam mengembangkan motor.

Beberapa tahun sebelum isu Moto3 merebak, KTM ikut serta dalam balap GP250 dan 125. Bahkan sempat menjadi jawara konstruktor. So, mereka jelas paham cara bikin motor kencang, dan sesuai rumus di atas, pasti cantik.

Lalu bagaimana hubungannya dengan Moto3. Foto konsep Moto3 KTM di atas mungkin bisa dipercaya bisa juga tidak. Yang jelas, ada dua gambar lain yang lebih bisa berbicara lebih lengkap.

Pertama, gambar enjin yang baru saja disebar ke publik. Enjin ini memiliki konstruksi lumayan normal dengan dua outlet knalpot di depan.

Lalu gabungkan dengan bodi dan sasis KTM yang sedang ditest beberapa waktu lalu di bawah ini. Jangan lupa, hapus desain pada gambar pertama biar perasaan anda lebih bebas.

Nah sekarang bayangkan seperti apa tampilan dan performanya. Bisa tidak mengalahkan Honda NSF-1?

Catatan: Beberapa bersumber dari http://dewataspeedblog.files.wordpress.com

Iklan

Komentar»

1. cafebiker - Oktober 9, 2011

mantab

2. B M W ♣ - Oktober 9, 2011

Kentjang

3. alamresidence - Oktober 9, 2011

Cantik dan kencang…

4. win - Oktober 9, 2011

klo liat geometri(konstruksi mesin) kayaknya nsf nilai plus
tp ga tau prakteknya(catatan waktunya)
itu ktm gambar pertama sm yg lg dites koq beda?
lbh guanteng yg lg dites,klo performa ga usah diragukan lg

ilham - Oktober 11, 2011

beda sasis, beda filosofi… pasti ada rencana2 gila di sana
Honda, bisa aja ya 😀

5. si oom - Oktober 10, 2011

sama-sama KTM, yang ini beda :mrgreen:

titip ya 😎 :
http://varput.wordpress.com/2011/02/12/premio-sodaranya-vario-p/

6. absoluterevo - Oktober 10, 2011

Kaya bisa joss to KTM asal jangan KTM inul aja 😀

7. Lekdjie - Oktober 10, 2011

Soal desain,terkadang malah lucu kok um..semisal yzr250 th.96 yg dijoki tetsuya harada ini http://lekdjie.wordpress.com/2011/10/08/antara-yamaha-dan-indonesiadab/ ,lihat saja buntutnya..aneh kan?tapi soal kencang,ya jelas terbukti.

8. Luthfi Aziz - Oktober 10, 2011

motor gp itu udah di desain sedemikian rupa, apalagi gaya hambatan terhadad drag aerodinamis baik dari depan maupun samping, jadi desainnya kadang agak aneh…

ilham - Oktober 10, 2011

Betul, betu betul

9. pedal2themetal - Oktober 10, 2011

Bagi saya, motor yang kencang & fungsional itu tidak cantik. Kenapa? Soalnya definisi kecantikan kan selalu berubah menurut waktu dan tempat,sesuai penempatannya.

Sedangkan motor balap itu wajib kencang & fungsional, sedangkan 2 hal itu sudah pasti, tidak berganti-ganti dimanapun & kapanpun.

Kencang pasti kencang, fungsional pasti fungsional. Sedangkan cantik kan bisa berubah-ubah patokannya.

Itu opini saya.

ilham - Oktober 10, 2011

sedaaappppppp…. tp sy akan buat tulisan ttg ini biar soal cantik yg relatif punya konteks dan contoh yg lebih oke

pedal2themetal - Oktober 11, 2011

Saya jadi ingat ucapan Yoshihiro Hirayama, pemilik Garage HRS, builder dari mobil time attack Cyber Evo : “Fast cars are beautiful”

Kreasinya memang terlihat aneh & serem karena bodykit Voltex, tapi ketika dipakai di habitatnya, sirkuit….Menjadi terlihat indah & cantik ketika dipakai menyikat tikungan sirkuit 🙂

10. temonsoejadi - Oktober 10, 2011
11. Safety Rider - Oktober 10, 2011

Kalo lihat desain spesial engine (katanya moto 3 basisnya se) Honda memiliki power paling tinggi. crf 250 torsi 20,04 foot pound power 38.02 Hp 11200rpm , sedangkan KTM 250 sxf power 36.40 hp 10800rpm, torsi 19,96 foot pound. perkiraan ane keduanya bisa bersaing, tp kliatannya power lebih besar honda dikit.

kaget juga waktu honda ngomong cm 35,5 Kw (45hp) ane kira bisa tembus 50 hp deket2 60 hp. 12.000 euro (15.600dollar lebih) lumayan besar buat engine aja. sangsi bisa ngalahin 2 tak 125cc

pertanyaannya kenapa Dorna ga bikin 2 silinder dengan dana segitu bukanya lebih mudah bikin 2 silinder dari pada single silinder? apakah karena ongkos selama seri berlangsung? atau karena biar banyak manufacktur yg bisa ngikut? karena kl denger suaranya naggung banget kl dua silinder musti maknyos.

gmn kang Ilham ada bocoran/info analisa kenapa cm single silinder.

ilham - Oktober 10, 2011

ada hubungannya dengan open manufacture kayanya bro dan murah. sekaligus soal daya tahan+limit engine. ane ga bilang 2 silinder ga bisa tahan banting, tapi melimit 2 silinder diputaran yg rendah akan membuat motor tidak peak perform. so rasional membuat 1 silinder.

tp sy akan coba pikirkan scara lbh matang setelah riset kecil2an…

12. Pak Bambang Nunggang Byson - Oktober 10, 2011

kencang pasti sexy iya lha roknya naik

Busa_tio - Oktober 21, 2011

ngakak abis…… 😀

13. asmarantaka - Oktober 10, 2011
14. boerhunt - Oktober 10, 2011

kalau kata FBI (fans berat inul) mah, kalo cantik tp gk bisa goyang percuma…xixixi..

nitip masbro..
http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/10/menjual-rute-kereta-api-itukah-wujud-usaha-peningkatan-profesionalisme/

15. yahonsuwakanja - Oktober 10, 2011

KTM menjadi juara dunia FIM-Motocross 2011

salam ngabrett

16. inul - Oktober 10, 2011

kate siape,,,?ktm dong ahh…

17. #99 bro - Oktober 10, 2011

yang penting kenceng dan mudah di kendalikan..

18. extraordinaryperson - Oktober 10, 2011
19. xsal - Oktober 11, 2011

jelek…. sama kaya rc212v…. desainnya jelek…. i dont know why….

20. Big hitters – Button joins the 200-plus club | hothotblogs.info - 3 - November 14, 2011

[…] Social Media Elite Club: Wie verdiene ich Geld im Internet – 2/2Down memory lane : Honda RC 174One of the best family holiday destinations from all over the world is Country Club Oman Stoner Win at GP AustraliaFORMULA ONE WORLD NEWSPetrov gets five place penaltyCars.2.2011.DVDRip.XviD-ViP3RMotoGP: Yamaha festeggia i 50 anni di GP alla 200 miglia di ImolaJangan ketipu KTM, motor kencang pasti cantik […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: